20 Tips Nyaman Berhostel-Ria

Kiat-kiat nyaman berhostel-ria, terutama bagi teman-teman yang ingin coba hostel, tapi masih takut. Enjoy!

1. Dorm room: Jangan kaget kalau satu kamar banyakan, dan cowok-cewek campur. Kalau ini masalah banget, tanya ada alternatifnya atau nggak sebelum booking.

  • Aku pernah berada di kamar untuk bersembilan. Ternyata aku cewek sendiri, yang lain cowok. Pagi-pagi bangun, ada delapan cowok pakai kolor doang berjalan-jalan di kamar. Aww!

2. Jangan heran kalau ada biaya extra buat handuk. Kadang gratis, kadang bayar. Kalau nggak rela bayar, bawa handuk sendiri aja.

  • Aku bawa travel towel, handuk khusus traveling, dengan bahan microfiber. Sangat kecil, sangat menyerap dan mudah kering. Cuman ya kurang nyaman di kulit, karena nggak empuk membungkus tubuh. Seperti melap badan dengan lap dapur :p, tapi nggak apa-apa demi travel-light.

3. Jangan heran kalau pas check-in diberi setumpuk seprei. Ya, pasang sendiri sepreinya. Nanti jangan lupa dikembalikan.

  • Dan ya, kain tebal yang lebar banget itu mungkin selimut, bukan handuk!! ~ lirik @sonew00 @mynametere @adithariadi
  • Dan kalau di kamar mandi ada handuk kecil tebal kaku, itu mungkin keset, bukan handuk!! (Ini kejadian di hotel mewah sih, bukan hostel, hehe) ~ Kalau yang ini @matriphe, hehe

4. Jangan cari guling

  • Termasuk backpacker imut di ranjang sebelah…
Cuddling in a hostel room in Istanbul, Turkey

Salah!!! Salah!!!

  • Omong-omong soal guling, sekarang kalau menemukan 1 bantal extra, aku & Ryan langsung berebutan untuk dipakai sebagai guling. Yup, bule bisa ketagihan guling juga!

5. Sedia alat penerangan kecil (HP/senter) kl butuh. Jangan nyalakan lampu di tengah malam ketika yang lain sudah tidur, ntar ditimpuk ransel!

6. Manfaatkan dapur. Tapi jangan makan belanjaannya orang lain di kulkas!

  • Nggak cuma itu nyolong namanya, tapi bisa-bisa itu makanan kadaluarsa yang sudah jamuran. Banyak yang lupa meninggalkan makanan di kulkas.
  • Juga kalau hendak menaruh makananmu di kulkas, masukkan ke kantung plastik, ikat, beri tanda kalau perlu. Pizza box, misalnya, jangan heran kalau raib.

7. Bawa sandal jepit. Kadang perlu buat ke kamar mandi.

8. Jadikan hostel ajang bikin teman mancanegara. Jangan mendekam di kamar saja, pergilah ke ruang umum, dan silakan kenalan dengan para pelancong lainnya.

  • Bahasa Inggris benar-benar membantu dalam membikin teman baru di hostel. Maklum, bahasa pemersatu dunia. Jadi mulai poles dari sekarang 🙂
  • Jangan malu-malu, mereka-mereka yang tampak telah akrab mungkin juga baru kenalan di hostel.
  • Kalimat-kalimat pencair suasana:

“Where are you from?”

“How long have you been traveling?”

“Have you been to Indonesia?”

And smile!!

  • Ingin cepat berteman, tawarkan snack-mu ke backpacker lain di hostel. Banyak yang kelaparan biasanya. Hehehe…

Kalau menemukan snack Indonesia di supermarket, beli sedikit, ntar tawarkan ke teman hostel. Misal crackers isi krim keju, langka itu! Karena orang barat menganggap keju sebagai bagian savory dish (makanan gurih), bukan dessert, cookie, atau sweet dish lainnya.

Australia - Sydney - A party in a hostel bar

Sebuah acara untuk para backpackers di bar milik sebuah hostel di Sydney

9. Kalau sudah enak bertemannya, kalian bisa jalan-jalan bareng menjelajah lokasi, atau bahkan ke next destination bersama!

  • Punya teman perjalanan dadakan, hasil ketemuan di hostel, sangat sering aku lihat. Bahkan sampai traveling berbulan-bulan bareng. Nggak cuma punya sahabat baru, tapi mereka juga bisa share cost =D

10. Pastikan backpackmu bisa dikunci atau bisa dimasukkan ke loker terkunci. Jangan tinggalkan barang berharga sembarangan.

  • Bawa gembok setiap saat, untuk backpack dan loker. Kadang-kadang loker yang disediakan hostel ga ada gemboknya, cuma loker aja! Hostel tanpa loker pun ada!!

11. Website-website yang berguna untuk cari hostel:

  • Dan ya, booking hostel online butuh kartu kredit. Kalau belum punya dan serius ingin jadi backpacker, mungkin bisa mulai apply!
  • Kalau kartu kredit benar-benar nggak punya, coba kontak hostel ybs melalui email, terkadang mereka bisa dibook dengan cara itu (sekalian tanya ada diskon nggak, hehe) ~ Thanks @nanasnape
  • Menginap di hostel nggak harus booking dulu. Go show juga bisa. Walau resiko fully booked di high season. Enaknya go show, bisa tinjau lokasi, dan bisa nawar.
Philippines - El Nido - Backpackers on the beach

Dua backpackers sedang go show mencari hostel di El Nido. High season lho 🙂

12. Bawa alat mandi sendiri ya!! Jangan ditinggal di kamar mandi, ntar dipakai orang lain. Dan sebaliknya, jangan nyomot punya orang lain Juga! :p

  • Sabunku pernah tertinggal di kamar mandi. Dua hari itu memang cuma ada aku dan Ryan saja di kamar bertempat tidur 8 ini, dengan kamar mandi di dalam. Tapi ternyata siang itu ada tamu baru, yang pas baru datang, jorok dan bau banget. Dia mandi. Dipakainya sabunku. Kemudian penuh bulu!

Sabun yang penuh rambut tadi, jadinya aku kerokin sisi luarnya, karena rada-rada jijik. Bulu mana? Dan apalagi yang nempel di sabunku selain rambut? Hiiii…

  • Memang terkadang ada pelancong yang menghibahkan shampo dan sabunnya saat meninggalkan hostel, karena nggak ingin repot bawa-bawa di ransel. Namun kalau kalian nggak tau pasti, mendingan jangan menyalahin milik orang deh 🙂

Seorang teman pengalaman meninggalkan botol sabun cairnya di kamar mandi hostel, supaya praktis buat mandi berikutnya. Pagi ditaruh di sana masih hampir penuh, malamnya hampir kosong, duh! ~ Thanks @Harry_Mdj

  • Hati-hati dengan jam tangan yang sering ketinggalan di kamar mandi bersama. Kalau apes, langsung raib. ~ @khlasht sudah pernah mengalaminya 2 kali.

13. Jangan salah pake handuknya orang lain, hohoho – atau salah sikat gigi lebih ngeri lagi, hiiiii

14. Jaga bau badan. Kalau terlalu bau, jangan heran sulit punya teman baru ^^

15. Karena kamar mandinya ramean. Kalau perlu, bangun pagian. Jaga-jaga kalau perlu antri. Kalau nggak, bisa-bisa kalian pergi tanpa mandi hari itu!

  • Jangan nyerobot antrian ya. Kalau nggak tau, tanya. Jangan clueless. Mari kita memperharum nama Indonesia 🙂

16. Jangan shock kalau kamarmu di lantai 4, dan nggak ada lift: Naik tangga bawa barangmu sendiri lho! (Ini salah 1 alasan aku pilih ransel, bukan koper)

17. Sekedar share, aku suka bawa tas/kantung kecil ke tempat tidur. Isinya misal HP untuk alarm, kunci loker, things I don’t want to get stolen. Meletakkan barang-barang di bawah tempat tidur beresiko raib. Sedangkan kalau diletakkan di tempat tidur, nggak nyaman kalau ketindihan. Jadi aku masukkan barang-barang tersebut ke dalam tas kecil, yang aku letakkan di bawah selimut, atau antara bantal dan tembok. Hati-hati penyet!

18. Pilih hostel yang lokasinya strategis. misal, dekat sarana transportasi, kawasan backpacker, atau dekat tempat wisata. Memudahkan 🙂

Hostel roof top and Hagia Sophia, Istanbul, Turkey

Tempat makan roof top di sebuah hostel di Istanbul, dengan latar belakang Hagia Sophia. (Ada yang salah fokus?)

  • Tentunya kalau anda tipe pelancong yang suka menghindari keramaian, cari lah yang jauh-jauh dari keramaian 🙂

19. Tergantung lokasi, ada hostel yang memiliki private room. Kalau kalian menghendaki privasi dengan harga miring, ini salah satu alternatifnya. Tetap bisa bersosialisasi di ruang umum kok!

  • Semakin privat kamarnya, semakin mahal harga per-orangnya. Kamar isi 18 lebih murah daripada isi 8, isi 8 lebih murah dari isi 2 (biaya perorang). Tapi ada kalanya perbedaan ini nggak jauh.
  • Kamar mandi bisa di dalam, bisa di luar (campur ama yang lain).
  • Kadang kita booking kamar privat berdua, diberi kamar besar yang bisa muat orang 4, tapi cuma kita berdua yang pakai. Horee!!! *langsung berantakan kamarnya*
Panama - Panama City - private room in a hostel

Private room tanpa kamar mandi kami di sebuah hostel di Panama City. Gak berani ngintip ada apa di balik kain penutup dinding, jangan2 dindingnya jamuran atau lebih seram lagi.

20. (Masukkan #TipsHostel -mu di sini!)

And last: Feel the world with your heart – Rasakan dunia dengan hatimu, tidak hanya dengan penglihatanmu 🙂

Makasih untuk mengikuti #TipsHostel, semoga bisa berguna!

~ #TipsHotel ini telah dimuat di twitter.com/DuaRansel, 1 hari sebelum muncul di blog. Pk 10 pagi, dan siaran ulang pukul 8 malam. Diskusinya ramai banget lho, dan beberapa point di atas adalah sumbangan teman-teman. Kalau nggak ingin ketinggalan diskusi seru seperti kemarin, yuk follow twitter @DuaRansel 🙂

DuaRansel at twitter

Punya #TipsHostel juga? Atau pengalaman hostel unik? Share aja di kolom komen berikut 🙂

Tips Cuci BajuTips Packing BajuTips Dana TravelTips Pilih BackpackTips Website Andalan BackpackersTips BahasaTips Colokan Listrik

Tags: , , , ,

41 Responses to “20 Tips Nyaman Berhostel-Ria”