Bangkok Mini Guide

Wat Arun, Bangkok

Pemuda pemudi Bangkok yang lagi kasmaran di pinggir Sungai Chao Phraya, imut ya ^^

Butuh ide mau ke mana saja di Bangkok beserta transportasi umumnya? Simak artikel ini deh ;)

Bangkok Sightseeing di sepanjang Sungai Chao Phraya 

Destinasi:

Sungai Chao Phraya – Wat Arun (Temple of the Dawn) – Wat Pho (Sleeping Buddha) – Grand Palace & Emerald Buddha – Khao San District (crazy backpacker area) – China Town (ga di pinggir sungai sih, tapi sekalian aja deh)

Chao Phraya River, Bangkok

Sungai Chao Phraya

Sungai Chao Phraya terkenal dengan dinner cruise-nya di mana para turis bisa menikmati arsitektur sepanjang sungai lebar ini selagi menikmati santapan malam. Namun Sungai Chao Phraya juga dinikmati dengan cara murah-meriah, yaitu dengan menaiki kapal-kapal transportasi yang digunakan orang lokal. Dan nggak itu aja, kapal-kapal ini adalah salah satu sarana transportasi yang efektif dan bebas macet di Bangkok! Wat Pho, Wat Arun, Grand Palace, dan Khao San district terletak di sepanjang Sungai Chao Phraya dan dapat dicapai dengan mudah dengan ferry ini.

Chao Phraya River, Bangkok

Di pinggir Sungai Chao Phraya

Tips: Ambil orange/yellow flagged boat. Kapal berbendera oranye atau kuning. Harga 15 Baht (sekitar Rp 5.000) jauh dekat. Ada juga kapal turis berbendera biru (blue flagged tourist boat). Yang ini harganya 40 Baht (sekitar Rp 13.000) tapinya :p

Orange flagged boat, Chao Phraya River, Bangkok

Kapal ferry berbendera oranye di Sungai Chao Phraya

Beberapa destinasi penting dari selatan ke utara di Sungai Chao Phraya beserta nama pier-nya (pelabuhannya)

1. Stasiun BTS Saphan Tak Sim (Sathorn Pier)

Transfer dari dan ke jaringan BTS dan MRT bisa dilakukan di sini. Stasiun BTS Saphan Tak Sim cuma sekitar 5 menit jalan kaki jaraknya.

BTS Skytrain, Bangkok

BTS Skytrain

2.  Wat Pho - Sleeping Buddha (Tha Tien Pier)

Di Temple Pho ini, patung raksasa Buddha yang lagi tiduran berada. Buat kamu yang ingin belajar teknik memijat ala Thai, Wat Pho ini juga tempatnya. Tiket masuk Wat Pho: 100 Baht.

Sleeping Buddha, Wat Pho, Bangkok

Patung Buddha tiduran berukuran raksasa di Wat Pho

 3. Wat Arun – Temple of the Dawn (Tha Tien Pier + crossing ferry)

Berhenti di Tha Tien Pier, naik ferry khusus untuk menyebrangi sungai (3 Baht), sampailah di Wat Arun. Landmark paling fotogenik di Bangkok menurutku. Detilnya cantik, arsitekturnya cantik. Jangan lupa naik ke atas. Tangganya asyik curam, hati-hati ya! Di atas, kalian disuguhkan pemandangan 360 derajat sekitar sungai Chao Phraya, termasuk Grand Palace. Wat Arun juga cantik dinikmati dari seberang Sungai Chao Phraya, terutama saat sunset. Sebetulnya Wat Arun berarti Kuil Fajar. Tapi jujur saja, aku belum pernah menyaksikan temple ini di kala fajar karena nggak bisa bangun pagi ^^.

Tiket masuk Wat Arun: 50 Baht.

Wat Arun and Chao Phraya River, Bangkok

Wat Arun setelah matahari terbenam

Wat Arun, Bangkok

Wat Arun dan tangganya yang curam

4. Grand Palace dan Emerald Buddha (Tha Chang Pier)

Grand Palace dan Wat Pho berlokasi sebelahan, antara keduanya mudah dicapai dengan jalan kaki, nggak perlu naik kapal ataupun tuktuk. Pintu utama baik untuk Grand Palace dan Wat Pho terletak di sisi utara masing-masing. Abaikan seruan orang baik-baik (baca: calo) bahwa Wat Pho atau Grand Palace tersebut tutup. Mereka cuma berniat untuk mengajak kalian tur naik tuktuk ke destinasi-destinasi lain atau ke berbagai toko yang mana mereka diberi komisi.

Tiket masuk Grand Palace: 500 Baht (Ouch!)

Wat Arun view, Bangkok

Pemandangan dari atas Wat Arun. Grand Palace terletak di sebelah kiri di seberang sungai Chao Phraya. Klik gambar untuk memperbesar.

5. Khao San District (Phra Athit Pier)

“Kampung”-nya para backpackers. Penuh dengan penginapan murah, restauran hingga street food murah meriah, dari snack termasuk kalajengking dan mango sticky rice, makanan berat seperti pad thai dan nasi bebek, hingga minuman beralkohol di bar-barnya. Penuh orang berjualan suvenir dan pakaian. Pembuat tatto, henna, serta rambut gimbal. Penyedia jasa tur hingga pembuat kartu identitas palsu. Ramainya kalau malam hari, dengan puncak jam 10 hingga tengah malam. Kalau pagi hingga sore hari sepi.

Jalan Khao San dan sekitarnya berjubel dengan penginapan murah, hostel, guesthouse, hingga hotel. Pilihan penginapan di daerah Khao San Road: Click here. Budgetnya sangat bervariasi, kualitasnya pun juga bervariasi. Saran kami sih, cek review score untuk memastikan hotel yang anda pilih bersih dan nyaman.

Khao San Road, Bangkok

Khao San Road

Thai massage di Khao San District

Salah satu tempat Thai massage di Khao San District: di taman!

Ide itinerari sehari di sepanjang Sungai Chao Phraya:

Menginap di daerah Sukhumvit?

  1. Naik BTS, pergilah ke Saphan Tak Sim di mana kamu bisa jalan ke Sathorn Pier untuk mengambil kapal ferry berbendera oranye/kuning ke arah utara.
  2. Turun di Tha Chang Pier untuk ke Grand Palace.
  3. Dari grand Palace, berjalan kaki ke Wat Pho.
  4. Dari Wat Pho, jalan kaki 5-10 menit ke Tha Tien Pier. Ambil ferry menyeberang sungai ke Wat Arun. Naik ke puncaknya (tangganya asyik curam) untuk melihat pemandangan kota.
  5. Kalau sudah selesai, menyeberang sungai lagi ke Tha Tien Pier untuk melihat sunset berlatar belakang Wat Arun.
  6. Dari sini bisa naik ferry, tuktuk, atau jalan kaki ke Khao San District.
  7. Sampai sana kemungkinan Khao San belum ramai sih, terlalu sore. Mungkin bisa diselingi ke China Town naik bus, tuktuk, atau taxi dulu untuk makan malam seafood pinggir jalan, baru ke Khao San Road naik bis, tuktuk atau taxi.
  8. Dari Khao San district, kan sudah malam nih, kapal ferry sudah nggak ada. Jadi balik ke penginapan kamu bisa naik bis, tuktuk, atau taxi.

Kalau kamu menginap di Khao San district, tinggal sesuaikan saja itinerari di atas. Nama pelabuhan dekat Khao San adalah Phra Athit. Sekitar 15 menit jalan kaki.

China Town Bangkok

China Town Bangkok

China Town Bangkok

Soccer time! Ini di sebuah gang sempit di China Town.

Tuktuk time! China Town Bangkok.

Tuktuk time! China Town Bangkok.

Bangkok Shopping

1. Siam Malls & MBK

Destinasi: Siam Paragon Mall (Ocean World), Siam Center Mall, Siam Discovery Mall (Madame Tussaud’s Wax Museum, dan MBK Mall (pusat belanja suvernir dan baju kesayangan banyak turis Indonesia)

How to get there? BTS skytrain! Turun di stasiun BTS “National Stadium” di sebelah MBK Mall. Dari sana bisa jalan di skybridge ke Siam Discovery. Siam Discovery mall nyambung ke Siam Center Mall, dan Siam Center Mall nyambung ke Siam Paragon Mall. Gampang kan. Stasiun BTS “Siam” terletak tepat di sebelah Siam Paragon, praktis untuk pulang. Rute sebaliknya juga oke.

Pilihan penginapan di Siam: Click here.

BTS skytrain, Bangkok

Lintasan kereta Skytrain BTS di atas, taxi-taxi berwarna pink ceria di bawah

2. Terminal 21 Mall

Terminal ini terkenal dengan dekorasinya yang berbeda-beda negara tiap lantai, bahkan kamar mandinya pun unik.

How to get there? BTS skytrain, berhenti di stasiun “Asok”

Pilihan penginapan di Asok: Click here.

3. Borong baju di Pratunam

Bagi mereka yang suka borong baju murah, baik untuk dipakai sendiri maupun untuk dijual ulang di kampung halaman, area Pratunam ini jadi tempat favorit untuk berbelanja. Di sini bisa belanja di pasar-pasarnya di pinggir jalan dan di lorong-lorong sempit, atau juga di mall-mall tipe Mangga Dua-nya seperti Platinum dan Shibuya 21. Di daerah ini ada juga Pantip Plaza (ITC) dan Baiyoke Tower 2 (gedung tertinggi di Bangkok), juga Mall Central World.

How to get there? Dari stasiun BTS, jalan masih agak jauh, 15-20 menit. Alternatif lain adalah naik kapal di kali “khlong” (ya, kali, bukan sungai!) terutama kalau dari dan ke Khao San district. Seru lho, naik kapal ngebut di kali. Air kali sering nyiprat ke dalam kapal, haha. Selain itu banyak bis yang melewati daerah ini.

Pilihan penginapan di Pratunam: click here.

San Saeb boat, khlong, Bangkok

Kapal kali “San Saeb”

4. Weekend market Chatuchak

Pasar akhir pekan favorit warga Bangkok dan para turis juga. Di sini bisa nyoba makan serangga hingga borong suvenir.

How to get there? BTS, Stasiun Mo Chit.

Pilihan penginapan di Chatuchak: Click here.

Rangkuman transportasi umum Bangkok 

Bingung? Jangan bingung, Bangkok adalah salah satu kota asing yang paling mudah dan murah dijelajah, walaupun huruf mereka berbeda dengan kita. Di mana-mana terdapat huruf latin dan informasi di internet pun oke. Di bawah ini adalah panduan singkat saja, sarana-sarana transportasi yang sering aku pakai. Tentunya masih banyak yang lain ;)

Kenapa pakai transportasi umum? Murah, banyak pilihan yang bebas macet, dan kesempatan untuk membaur dengan masyarakat lokal :)

Taxi juga bisa jadi alternatif murah apalagi kalau kalian berdua atau lebih. Tentunya jika tidak kena scam harga borongan mahal atau diputar-putar sebelum sampai ke tempat tujuan. Tuktuk sebenarnya juga bisa murah kalau tau harga dan bisa menawar. Kalau supirnya nggak mau, tinggal saja cari yang lain. Banyak kok supir yang jujur. Tips: jangan ambil taxi atau tuktuk yang ngetem nungguin turis, tapi ambil yang lewat di pinggir jalan. Oh ya, ada juga ojek untuk jarak dekat :)

Konversi kasaran: 30 Baht ~ 10.000 Rupiah. (Ingatnya gini: Nilai Baht dibagi tiga, ditempeli “ribu”. Jadilah Rupiah – kurang lebih)

1. BTS dan MRT

Untuk lokasi-lokasi sentral, BTS dan MRT menjadi pilihan ideal karena gampang, praktis, dan bebas macet. Cuman kalah murah sama bis. Sekali jalan antara 15-40an Baht. Ini petanya:

Bangkok BTS MRT map

Peta jaringan BTS, MRT, BRT, dan Airport Rail Link Bangkok

2. Kapal ferry Sungai Chao Phraya berbendera oranye/kuning

Harga 15 Baht jauh dekat. Ingat, yang benderanya biru adalah untuk turis dan lebih mahal, 40 Baht. Ferry penyeberangan Wat Pho – Wat Arun 3 Baht.

3. Kapal kali San Saeb

Terutama untuk yang menginap di Khao San District atau yang ingnin pergi ke Pratunam dan destinasi2 lain di sepanjang kali “khlong”. Kalau dari Khao San Road, naiknya dari “Panfa Leelard” dekat Democracy Monument, sekitar 10-15 menit jalan kaki dari Khao San. Harga beberapa belas Baht ke Pratunam.

4. Bis

Terutama untuk mereka yang menginap di Khao San Road. Untuk nomor bus dan tempat menunggunya, silakan browse atau masukkan “dari dan ke” di website ini: transitbangkok.com

Dua tempat perhentian bis utama untuk Khao San District adalah di dekat Democracy Monument (setengah jalan dari Khao San Road ke Democray Monument) dan di jalan Phra Athit. Harga untuk ke tengah kota di bawah 10 Baht (untuk non-AC) dan di bawah 20 Baht (untuk AC)

Contoh beberapa rute praktis dari dan ke Democracy Monument:

  1. Siam Paragon Mall: 15, 79
  2. Thong Lo, Asok, Terminal 21 Mall: 2, 511
  3. MBK Mall, National Stadium: 15, 47
  4. Victory Monument: 59

Sedangkan yang dari jalan Phra Athit:

  • Yaowarat (China Town), Stasiun Hua Lamphong: 53

5. Minivan dalam kota

Pusatnya di Victory Monument yang dapat dicapai dengan BTS. Terdapat banyak sekali destinasi dari sini, tapi harap browse atau tanya-tanya orang setempat untuk detilnya.

Sedangkan untuk ke luar kota:

6. Stasiun kereta api Hua Lamphong

Dapat dicapai dengan MRT (stasiun MRT Hua Lamphong) dan berbagai bus. Hua Lamphong adalah stasiun kereta api utama Bangkok.

7. Terminal bis utama

Ada 3 terminal bis besar di Bangkok yang melayani destinasi yang berbeda-beda. Nothern Terminal “Mo Chit” melayani tujuan utara seperti Chiang Mai. Jaraknya masih cukup jauh dari stasiun BTS Mo Chit, silakan naik taxi dari situ. Southern Terminal “Sai Tai” melayani tujuan barat dan selatan seperti Damnoen Saduak, Krabi, Phuket, dan Kanchanaburi. Ke terminal ini bisa naik bis kota. Eastern Terminal “Ekkamai” untuk tujuan timur seperti Pattaya. Untuk ke terminal ini, silakan naik BTS, berhenti di stasiun BTS Ekkamai.

Transportasi Airport

1. Suvarnabhumi (BKK)

Airportnya penerbangan Tiger/Mandala.

Airport Suvarnabhumi terhubung ke BTS dan MRT melalui Airport Rail Link (max 45 Baht, atau max 90 untuk express). Untuk yang menginap di daerah Sukhumvit, sangat praktis. Untuk yang menginap di Khao San district, stop di Phaya Thai (45 Baht), kemudian naik taxi, tuktuk, atau bis 159 ke Khao San.

Untuk penginapan yang dekat dengan Bandara Subarnabhumi, rekomendasi kami adalah Nasa Vegas hotel. Letaknya tepat di sebelah Stasiun Ramkhamhaeng – Airport Rail Link, sehingga transportasi dari airport ke hotel sangat mudah dan tak perlu khawatir kena macet. Letaknya juga strategis karena dengan dengan kota. Misalnya, taxi ke Mall Terminal 21 hanya sekitar 80 Baht (tak sampai Rp 30.000). Hotelnya sendiri sedikit tua, tapi nyaman dan sangat murah! Bisa booking via hotelscombined.com di sini.

2. Don Muang (DMK)

Airportnya penerbangan Air Asia.

Don Muang terhubung ke BTS dan MRT via jalur kereta api (kereta api yang sama dengan yang ke Ayutthaya, Lopburi, dan Chiang Mai). Namun naik kereta api kurang praktis karena jadwal kurang sering. Lebih baik ambil bis ke Stasiun BTS Mo Chit, dan lanjutkan perjalanan via BTS. Untuk ke Khao San Road, bisa naik bis 59.

Kawasan penginapan di Bangkok

Kebanyakan backpackers dan budget travelers menginap di daerah Khao San, daerah Pratunam, atau di sepanjang jalan Sukhumvit.

1. Sukhumvit

Sukhumvit dilayani oleh jalur BTS Sukhumvit Line, misalnya di daerah Siam dan Asok. Sangat praktis dan mudah. Sukhumvit Banyak juga tersedia bis tuktuk, dan taxi.

Pilihan penginapan di Siam: Click here.

Pilihan penginapan di Asok: Click here.

2. Khao San

Khao San tidak tersambung ke BTS ataupun MRT. Dengan jalan sedikit, kalian bisa mencapai Phra Athit pier untuk naik kapal ferry di Sungai Chao Phraya, atau jalan ke Panfa Leelard untuk naik kapal di kali “khlong” kalau mau ke Pratunam, atau naik bis. Untuk nomor bis, silahkan browse di sini: transitbangkok.com atau tanya orang. Taxi dan tuktuk yang ngetem di Khao San Road biasanya minta harga 2-4 kali lebih mahal. Tapi kalau bisa pakai argo dan gak diputer-puter, atau tau harga borongan yang benar dan bisa nawar, taxi dan tuktuk sebenarnya murah.

Jalan Khao San dan sekitarnya berjubel dengan penginapan murah, hostel, guesthouse, hingga hotel. Pilihan penginapan di daerah Khao San Road: Click here. Budgetnya sangat bervariasi, kualitasnya pun juga bervariasi. Saran kami sih, cek review score untuk memastikan hotel yang anda pilih bersih dan nyaman

3. Pratunam

Pratunam dilayani oleh kapal kali khlong “San Saeb” dan berbagai bis. Ada juga stasiun BTS, tapi tidak terlalu dekat. Taxi dan tuktuk ada banyak, ketahuilah harga dan pandai menawar (atau pandai minta pakai argo).

Pilihan penginapan di Pratunam: click here.

Beberapa Rekomendasi Penginapan

3 hotel favorit kami di Bangkok adalah:

Nasa Vegas

Budget: rendahMengapa kami suka? Untuk kelas hotel, bukan hostel, harganya sangat murah. Kamar privat dengan ac dan hot shower yang nyaman dan bersih. Lokasinya strategis, tepat di sebelah Stasiun Ramkhamhaeng – Airport Rail Link, dan tak jauh dari Terminal 21 dengan taxi. Book here

Check Inn Phrom Phong

Budget: menengah

Hotel ini memiliki lokasi strategis: tepat di sebelah stasiun BTS Phrom Phong, berseberangan jalan dengan Emporium Mall. Hotel ini menyediakan internet WiFi yang gratis dan cepat, sedangkan kamarnya sendiri bersih dan apik. Book here

Siam Square Novotel

Budget: tinggi

Hotel ini memiliki lokasi yang sangat teramat strategis: 1 menit jalan kaki ke stasiun BTS Sian dan Siam Paragon Mall. Tak jauh dari MBK Mall, mall favorit untuk belanja baju dan suvenir, tinggal berjalan kaki. Buffet breakfastnya luar biasa: Sangat beragam pilihan termasuk counter halal, dan lezat pula. Cocok untuk short shopping weekend. Book here

 

Bangkok Daytrips

1. Ayutthaya – Ancient temples

Ayutthaya adalah salah satu ibukota kuno kerajaan, penuh dengan peninggalan candi baik yang sudah merupakan reruntuhan hingga yang masih berbentuk. Ayutthaya berjarak sekitar 2 jam dari Bangkok, dapat dicapai dengan mudah dan murah dengan kereta api dari stasiun utama Bangkok “Hua Lamphong”. Harganya nggak sampai Rp 10.000. Stasiun Hua Lamphong sendiri dapat dicapai dengan mudah dengan MRT dan BTS (via transfer ke MRT), tujuan stasiun MRT Hua Lamphong.

Wat Chaiwataranam, Ayutthaya

Wat Chaiwataranam, Ayutthaya

Kepala Buddha terbenam di akar pohon, Wat Mahathat, Ayutthaya

Kepala Buddha terbenam di akar pohon, Wat Mahathat, Ayutthaya

Ayutthaya train station

Stasiun kereta api Ayutthaya

Jika mau, sempatkan juga ke Bang Pa In, istana kerajaan yang letaknya sekitar 1-2 stasiun sebelum Ayutthaya.

2. Lopburi – Monkey temples and monkey city

Dengan kereta api yang sama dengan yang ke Ayutthaya, perjalanan dapat dilanjutkan ke Lopburi, jaraknya sekitar 1 jam dari Ayutthaya. Lopburi juga dulunya merupakan ibukota kerajaan. Warga Lopburi percaa bahwa monyet memberi keberuntungan, dan di sini monyet hidup sangat sejahtera karena diberi makan oleh para warga secara teratur. Jangan lewatkan candi Phrang Sam Yot dan Phra Kaan Shrine di sebelahnya yang dipenuhi dengan monyet. Tidak hanya di daerah candi saja, monyet juga tinggal di bagian kota tersebut. Pemandangan favoritku di sini termasuk menonton monyet bergelantungan di kabel listrik yang sangat semerawut dan putus di sana sini akibat dimonyetin setiap saat.

Kereta api yang sama dengan yang ke Ayutthaya dan Lopburi ini juga ke Chiang Mai di Thailand Utara. Jarak sekitar 13-15 jam dari Bangkok.

Sunrise Lopburi

Sunrise di Lopburi

Monkey Banquet Festival, Lopburi

Monkey Banquet Festival, Lopburi

Naughty monkey breaking in attempt, Lopburi

Monyet nakal lagi berusaha masuk ke kamarku melalui jendela

 

3. Damnoen Saduak – floating market

Pasar terapung Damnoen Saduak pernah masuk di salah satu film James Bond. Jaraknya sekitar 2 jam berkendaraan dari Bangkok. Jika ingin praktis dan hemat waktu, ikuti saja salah satu tur ke Damnoen Saduak dari kota Bangkok. Jika ingin pergi ala independent traveling ke sana, salah satu caranya adalah naik bis ke Bangkok’s Southern Bus Terminal “Sai Tai”, lanjut ambil bis atau minivan (sekitar 80 Baht) ke Damnoen Saduak. Tiba di Damnoen Saduak, naik tuktuk ke floating market (50 Baht maks). Hanya saja pasar ini aktif hanya di pagi hari. Jadi jika ingin ke sana secara independent, pastikan waktunya tepat. Jika tidak, terpaksa menginap malam sebelumnya di kota setempat.

Ada juga Amphawa floating market.

Damnoen Saduak Floating Market

Damnoen Saduak Floating Market

Damnoen Saduak Floating Market

Damnoen Saduak Floating Market

Teman-teman, sementara gitu dulu deh panduan dari kami. Jika ada kesalahan, maafkan dan mohon ralatnya di kolom komen ya ^^. Jika punya saran mengenai destinasi dan transportasi, atau request, atau pertanyaan, layangkan saja di bawah ini. Mari saling membantu sesama pelancong independent ;)

Oh ya, foto-foto di atas (kecuali foto bermonyet) diambil dengan kamera ringan mirrorless ber-WiFi Samsung NX300. Misi, mo numpang narsis ^^… Lokasi China Town Bangkok.

Samsung NX300

Samsung NX300

ENJOY BANGKOK!!

Tags: , , , , , ,

112 Responses to “Bangkok Mini Guide”

  1. Dini Setiyorini
    25 July 2013 at 9:13 pm #

    Ih mbak dina tau aja klo bulan depan aku mau ke bangkok, thanks berat yaa info transportasinya, berguna sangat #bighug

    • Dina
      5 August 2013 at 4:36 pm #

      bug hug juga ;)

  2. henny
    25 July 2013 at 9:19 pm #

    bener-bener brmnfaat ^^ mksih mba infonya, jd gk sbr pengen ke bangkok ^^

  3. The Emak
    26 July 2013 at 9:06 am #

    Thanks for sharing, Dina.
    Berguna banget utk yg rencana ke Bangkok pertama kali. Bookmark dulu :)

  4. Rheza Khabil
    26 July 2013 at 12:27 pm #

    mbak dina, klo ke bangkok ada minimal budget yg harus di bawa per harinya atau engga?

  5. Nia Sari Nastiti
    26 July 2013 at 12:58 pm #

    Makasih banyak Mbak infonya bermanfaat banget, kebetulan lagi ngumpulin info buat nyusun iteanerary ke bangkok beberapa bulan lagi :)

  6. bonekcasuals
    26 July 2013 at 2:42 pm #

    SUWON INFONE MBA….

  7. Padmawan
    26 July 2013 at 3:40 pm #

    Terima kasih informasinya. Sangat berguna :)

  8. Runi
    26 July 2013 at 3:54 pm #

    thanks for sharing mba Dina, sukaa sama foto2nya :)

  9. Alid Abdul
    26 July 2013 at 4:31 pm #

    bulan depan mau ke Bangkok dan saya mupeng kameranya hahahaha :p

  10. Shella Hudaya
    26 July 2013 at 7:39 pm #

    Gilak, keren! *langsung bookmark*

  11. nofri
    28 July 2013 at 7:16 am #

    Ingin pergi ber backpacker tapi pergi sendiri bahasa inggris seadanya beri tipsx yah,thank u

  12. Novriana
    28 July 2013 at 10:56 pm #

    Waaa, untung nemu link ini, berencana dadakan ke Bangkok bulan September dan masih blank sama sekali tempat yang mesti dikunjungi. Maka dengan kayaknya itinerary bakal bisa disusun dengan baik dan benar deh.
    Tengkyu mbaak Dinaaa..

  13. Dimas Bayu Suharno
    1 August 2013 at 2:41 pm #

    Ada rencana besok tanggal 10-17 september mau ke thailand (bangkok-pattaya). mau cari barengan nih. siapa tau yang baca artikel mbak dina ini ada juga yg mau kesana tgl segitu hehe
    btw, tulisan mbak dina ini sangat membantu saya yg ga tau dan ga ada bayangan ttg bangkok
    trimakasih ya mbak ^_^

    • budianto
      13 February 2014 at 9:36 am #

      Sy jg diajak tmn ke thailand sktr april tp rasanya pengen cari tmn jg biar tmbh ramai.. hehe salam kenal

      • Dina
        1 April 2014 at 6:36 pm #

        haloooo, have fun ya! kalo mau cari teman, bisa aku bantuin. pake twitter nggak? coba twit mention ke aku @duaransel bilang kalo mo cari teman jalan buat tanggal berapa gitu di bangkok. ntar aku retweetkan :D

  14. Bobby Ertanto
    6 August 2013 at 10:13 am #

    mini guide tapi sudah cukup complete untuk liburan 4-5 hari disana. Thank you kak dina :)

  15. Gogik
    20 August 2013 at 10:27 pm #

    Dear Mb Dina…lam knl y..mo mt advice utk Bangkok Daytrips nya bila qt ke Thailand selama 5 Hr dan menginap di Hotel Phoenix #Thx n Bighug#

    • Dina
      22 August 2013 at 10:13 am #

      Hotel Phoenix itu yang berada di dekat airport suvarnabhumi ya? Hotelnya terletak di dekat Lat Krabang Railway station. Jadi walau jauh banget dari kota, tapi transportasi bisa dibilang tergolong mudah, karena terhubung dengan sistem kereta (airport rail link system), nyambung ke BTS dan MRT. Ke bandara Suvarnabhumi gampang, ke kota juga gampang.

      Selebihnya tinggal baca di artikel dan disesuaikan ;)

  16. cathy
    16 September 2013 at 10:47 am #

    hi mbak dina… salam kenal ya…

    mo nanya donk dan sedikit informasi…
    kalo mau ke pratunam itu caranya gimana?

    “How to get there? Dari stasiun BTS, jalan masih agak jauh, 15-20 menit. Alternatif lain adalah naik kapal di kali “khlong” (ya, kali, bukan sungai!) terutama kalau dari dan ke Khao San district. Seru lho, naik kapal ngebut di kali. Air kali sering nyiprat ke dalam kapal, haha. Selain itu banyak bis yang melewati daerah ini.”
    — bisakah ini dibantu untuk penjelasan lebih detail?
    trims yaa…

  17. kartina ika sari
    9 October 2013 at 4:28 pm #

    Mba Dina, saya betah berlama2 di blog kamu…keren banget, dan sangat berguna bg yg mau jalan2..referensinya memuaskan…

    • Dina
      16 October 2013 at 11:34 pm #

      Hihi, makasih ya Mbak Kartika :D

  18. Anies
    18 October 2013 at 9:48 pm #

    Halo mba, mau tanya dong. Sy rencana januari 2014 ke Thailand nih sama temen pengen ke Bangkok-pattaya-Phuket. Nah kira2 kalo lewat jalur darat dari pattaya-Phuket gmn ya? Info ya hehe thank u :)

    • Diah Rosa
      26 December 2013 at 9:14 pm #

      Haloo Mba, rencana saya juga ke bangkok 24-27 Januari 2014..klo mba tanggal berapa..?kali bisa backpacker bareng hehe..tp masih travel warning ga ya akhir januari..thanks

      • Dina
        30 December 2013 at 2:11 pm #

        Halooo… belum tahu nih januari bakal di mana :)

        Travel warning nggak tahu juga ya, tapi meskipun yang kemarin itu, nggak ngaruh ke turis kok :)

        • Diah Rosa
          31 December 2013 at 2:09 pm #

          Makasih ya Mba Dina Uda Bales hehehe..OOh ga ngaruh ya alhamdulillah mudah2an aman amiin..

          Mba klo nginep di daerah yang jauh dari demonsrasi dimana ya baiknya..?tadinya pengen di Khao San,tapi demonya deket daerah itu ga ya mba..takutnya mau pulang ke penginapan ga bisa lagi..

          Kalo di sepanjang jalan Sukhumvit atau daerah Pratunam yang hotel murah 4 hari sejutaan ada ga ya ..

          makasih ya mba

          • Dina
            14 January 2014 at 2:53 am #

            cari di sepanjang sukhumvit yang ga terlalu jauh dari stasiun BTS aja mbak kalo gitu. Kalo Pratunam emang agak mahal. Kalo di sepanjang Sukhumvit ada aja kok. Ini ak usekarang di dekat On Nut BTS. Hehe

          • Diah Rosa
            19 January 2014 at 12:26 pm #

            Mba Dina yang baik hati dan tidak sombong hhehehe..masih di thailand ga..?kondisinya gmn mba setelah demonstrasi.klo tanggal 23 masih aman ga mba hehe..thanks

          • Dina
            1 April 2014 at 7:39 pm #

            mbak, aku mau balas, kayaknya udah telat ya? hehehhe… kalo masih butuh saran kasih tau ya :D sekarang kondisi bangkok udah bagus kok.

  19. Lisa
    14 November 2013 at 1:45 pm #

    Hi Mba Dina,

    Infonya lengkap dan fotonya juga keren-keren.
    hwehehe
    Mau tanya untuk di bangkok pakai kartu apa ya yg murah untuk paket internetan?
    dan ada yg tau untuk dinner cruise buffet yg murah beli dimana?

    Saya akan pergi tgl 14-18Des 13, mungkin kl ada yg pergi tgl itu juga, bisa bareng :p
    hehehhe

    Thank you

  20. BACKPACKTOR.COM
    7 December 2013 at 2:12 pm #

    Daritadi nungguin sejaman buat buka page ini, wuhuu akhirnya kebuka jugaaa :D catat catat buat reerensi ke bangkok :D
    Mbak dina, gak sekalian bikin penginapan-penginapan yg di rekomendasiin di Bangkok? Heheheh

  21. puput
    10 December 2013 at 10:59 am #

    mbak din nanya.Januari 2014 saya mau jalan sendirian ke chiang mai. Critanya saya sampai di bandara chiang mai skitar jam 11 malam. Apakah msh tersedia taksi yang aman jam segitu?trus penginapan yang recomended di chiang mai apa mbak?beberapa kali browse mentoknya klo gak backpack home atau living at chiang mai.
    Pertanyaan berikutnya kan baliknya mau naik kreta malam ke bangkok, trus mau stop by di ayuthaya di kasih tau kan mbak klo kt dah sampai ada announcement gitu?takut kelewat .
    Thans a lot ya mbak

  22. ashlee
    11 December 2013 at 8:36 pm #

    hi dua ransel ,
    what are the different among these places : Platinum,shibuya 21, Pantip Plaza (ITC), Baiyoke Tower 2, Mall Central World? which one is has cheap price but good quality? could we bargain at those places? is it safe to shop there?
    some sellers in china or hk like to cheat on foreigner,give us higher price than local people :(

    is bkk good place to shop souvenirs or clothes other than another cities in thai?

    or maybe you can recommend similar shop places in another cities in thai
    thanks for your answer.

    • Ryan
      12 December 2013 at 12:02 am #

      Hi Ashlee,

      The big malls (Central World/Terminal 21) will be mostly fixed price and expensive. They’re a lot of fun but you won’t really get a bargain.

      If you want low prices on clothes, accessories, etc. I would recommend Platinum or any of the nearby shops in Pratunam market. You will definitely want to bargain here to get the best price. You’ll also get much better deals if you buy more than one item. A lot of these shops mainly sell clothes wholesale.

      In my experience Thai people don’t actually bargain that hard. Negotiation is still important, but it’s easier than in many places. So you may even be able to get better prices than local people depending on how well you negotiate. Just remember to keep it friendly and always wear a smile. A happy face and a sense of humour are so important in Thailand.

      One place you’ll want to check out is the Chatuchak weekend market in north Bangkok. It’s crammed with souvenirs and clothes, prices are low, and you should bargain hard here.

      And don’t worry about safety. It’s a very safe country. Have fun and let us know how your trip goes.

  23. Name
    15 December 2013 at 1:42 am #

    Hallo mba dina, ini first flight aku ke bangkok dari jakarta – BKK (Suvarnabhumi) jam nya 08.15 sampai bangkok, bagaimana cara ke khaosan road pada malam hari ? apa kereta bisa sampai malam ? dan bus bandara kira2 apa masih oprasi kalo malam ? thanks :)

    • Dina
      15 December 2013 at 5:18 pm #

      Halo :)
      Dari Arrival, turun ke lantai paling bawah ke jalur subway “airport rail link”. Di situ ada 2. Yang kiri, express line (90 baht). Yang kanan, yang biasa (45 baht maks). Ambil yang ini aja.
      Beli koin subway di mesin, pilih yang Phaya Thai (45 baht). Itu destinasi paling jauh anyway.
      Dari Phaya Thai, bisa naik bis ke Democracy Monument. Bisnya nomor 159.
      http://www.transitbangkok.com/showBestRoute.php?from=Phaya+Thai&to=Khao+San+Road&originSelected=false&destinationSelected=false&lang=en
      Tanya orang di mana bus stop nya. Rada susah soalnya jam segitu bagian info dah tutup, yang nyisa ga terlalu bisa bhs inggris. Tapi nanya banyak orang random biasanya ada yang ngeh kok. Bilang ama kenek-nya berenti di Democracy Monument.
      Dari Democracy Monument, jalan kaki deket banget. Turun dari bis, jalan lurus dikit (searah ama jalan bis), lampu merah belok kanan. dari situ, khaosan road belok kiri. tapi dueket dan ruame banget, pasti keliatan.
      Bis ini adanya jarang karena udah malem. Tapi murah banget. Di bawah 10 baht non ac, atau di bawah 20 baht pake ac (aku lupa yg mana).
      Alternatif bis kota, naik taxi, tuktuk, atau ojek bisa. Taxi minta “meter” aja. paling sekitar 50-60 Baht. Kalo apes, diminta harga borongan. Taxi borongan, ojek, atau tuktuk, nah ini mesti pinter2 nawar. Pokoknya patokan harga taxi argo ya 50-60 baht itu. Biasanya kalo keliatan kayak turis banget ya kena mahal.

      Oh ya, kalau demonstrasi masih berlangsung, kemungkinan Democracy Monument macet dan jalanan sekitarnya pada ditutup. In that case, bus belum tentu ada, dan taxi, tuktuk, ojek, cuma mau harga borongan mahal. Tawaran paling rendah yg aku dapet 200 baht taxi atau 120 baht ojek.

      Summary:
      1. Airport to Phaya Thai by Airport Rail Link (45 baht)
      2. Phaya Thai to Khaosan Road by:
      a. Bus 159 to Democracy Monument (7-20 baht), then walk.
      b. Taxi, tuktuk, or ojek (harga argo 50-60 baht, atau harga tawar-menawar)

      Hope helps :)

  24. nurul
    17 December 2013 at 7:56 pm #

    Ini aku yang pernah tanya mahal ato engaknya tiket dari phuket-jkt mba.hehe…

    Artikel ini beneran jadi bekal yang aku butuhin buat ke Thailand thn depan.
    Rencananya pengen marathon dari Bangkok trus ke phuket(pingin mampir ke krabi juga kalo sempet).

    Kebetulan aku udah mulai koleksi post card dari pertama kali ke LN thn kmrn.
    Belum pernah dapet post card dari mba Dina sama mas Ryan ni. hehee..
    mau dong buat nambahin koleksi…

    @nurulucuu

  25. Kristia
    17 December 2013 at 8:25 pm #

    aduuuuh aku guling guling baca post kak Dina & kak Ryan yang ini..langsung pusing ingin sekali ke Bangkok tapi masih blm cukup tabungan heu -_-

    Rencana backpack ke LN pertamaku dan kostmate mau ke Bangkok tapi kita masih nabung sambil nunggu temenku lulusan taun depan dan post ini sangat amat kita bookmark karena kita sangat butuh pencerahan dari sang master jalan jalan–> Dua Ransel. karena ini akan jadi perjalanan pertama kita.

    dan kebetulan kemarin aku habis dapet tugas sejarah seni rupa timur mengenai Angkor Wat, ya walaupun Angkor Wat itu di Kamboja..setidaknya kalo dapet postcardnya akan menambah semangat nabung buat ke Bangkok tahun depan hehe..Thankyou kak Din & kak Ry..postnya oks..

    @kristiArt

  26. Anda
    18 December 2013 at 6:44 pm #

    Mba Dina, minta rekomendasi dong wisata buat Satu Hari Dua Malem di Bangkok??bulan Februari mau kesana soalnya… abis itu lanjut via darat ke kamboja :D

    Masih rusuh gak ya mba tahun depan Bangkok?? :S

    Oh iya, di siem reap cukup sehari gak ya mba??

    @quietrack

    • Dina
      30 December 2013 at 7:48 pm #

      Aloo

      1 hari di Bangkok bisa gini:
      Ambil kamar di Khao San area. Naik kapal / jalan ke ke 3 tempat utama: Grand Palace, Wat Pho lihat Buddha selonjor ukuran raksasa, Wat Arun. Wat Arun ini bagus buat setting sunset. Lihatnya dari seberangnya aja paling sip. Menyusuri Sungai Chao Praya murmer naik kapal transportasi umum. Kalo ingin ke mall, setelah sunset bisa ke daerah Siam malls / MBK sampe malam. Setelahnya balik Khao San road untuk menikmati suasana kampung backpacker ini ampe lewat tengah malam. Kalo cape, kembali ke penginapan dan bobo :)

      Cara-caranya ada di artikel di atas, hehhe.

      Siem Reap bisa-bisa aja sehari. sewa tuktuk untuk nganter ke Angkor Wat seharian (sekitar 6-8 jam) harga sekitar $12-15 (USD) – coba ditawar). Kalo sebentar aja (misal cuma mo liat sunset terus balik), kapannya aku nawar $5 orangnya mau. Tiket masuk ke Angkor Wat $20 untuk sehari. Minta pak tuktuk mini tur aja. Standar kok. Mini tur bisa liat angkor wat, root temple, dan landmark2 keren lainnya. Kalo di sana dari malam sebelumnya, artinya bisa mengawali journey ini pagi2 banget. berangkat jam 5 dari penginapan, sempet kok buat nonton sunrise terkenalnya angkor wat. Kalo jam 5 berangkat, mini tur paling selesai jam 1-2 siang :) Tapi kalo ke angkor wat-nya ga bisa pagi, atur2 aja supaya dapet sunsetnya ;)

      Hope helps

  27. Raymond
    12 January 2014 at 4:04 am #

    Hi Dina…saya raymond…salam kenal ya. Dina, aku ada rencana mau main ke bangkok tgl 12 april 2014 ini, mau minta info kalo aku tiba di Suvarnabhumi pkl 19.25 kalo mau naik airport rail link utk tujuan ke sukhumvit bgm caranya ya? di sukhumvit nya turun di Asoke terminal 21 gak din? tlg info nya ya…trima kasih.

    • Dina
      14 January 2014 at 2:48 am #

      Hal Mas Raymond.
      Gampang banget kok! Naik Airport Rail Link yang ke Phaya Thai (45 baht) – jangan yang ekspress mas, mahal, 90 baht hehe. Di Phaya Thai, oper ke jaringan BTS (satu stasiun). Dari situ naik BTS Sukhumvit Line yang ke arah Bearing, turun di Asoke. Ga usah dihafalin, ada petanya kok di dinding BTS. Asoke BTS itu udah sebelahnya Terminal 21.

      Jangan lupa nyamber peta Bangkok (dan BTS/MRT nya) di masuk2annya airport rail link :)
      Oh ya, Airport Rail Link ini di Airport Suvarnabhumi letaknya di basement. Yang kiri ekspress (mahal), yang kanan city link (murah).

      Good luck!

      • Raymond
        26 January 2014 at 1:56 am #

        Thanks mba Dina untuk info dari airport ke Sukhumvit nya….aku mau nanya lagi boleh ya… Jika dari terminal 21 mau ke Pratunam dan china town nya bangkok bagaimana cara nya mba Dina kalo kita mau coba tranportasi perahu? aku baca di artikel mini guide bangkok bisa naik perahu tapi harus naik dari kali apa gitu…mohon informasinya ya mbak dina.

        terus kalo aku mau ke Pattaya tapi mau mampir di rayong (supatra land ) dan Nong noch village harus sewa mobil ya mbak Dina? Kami rencana pergi ber 8 an….kalo sewa mobil kira kira biaya nya berapa ya mbak? kalo dari pattaya ke bangkoknya sih rencana mau naik bis…tp kalo lebih murah sewa mobil ya lbh baik sewwa mobil aja kali ya pp. mohon info dan sarannya ya mbak Dina…terima kasih sebelumnya

        • Raymond
          26 January 2014 at 2:18 am #

          ooo iya ada yg lupa mbak Dina….di Pattaya kami mau nonton Tiffany show …nah sebaiknya kami menginap di hotel apa ya mbak Dina, hotelnya yg tdk jauh dari tempat pertunjukan Tiffany Show tsb…Aku minta info hotelnya yg gak usah mahal mbak Dina asal ada ac dan ga kotor….minta info juga kalo tiket tiffany show itu brp ya mbak harganya? spy ada gambaran. Tahun lalu aku sempat sdh sampai di pattaya mau nonton tiffany show telat dan tanya tanya ke calo dikasih harga 900 bath..tp aku ga ambil….aku curiga mereka gak bener…akhirnya aku jalan jalan aja malamnya balik ke bangkok..Mohon infonya ya mbak Dina… trs katanya ada tempat makan all u can eat seafood di perjalanan ke pattaya itu dimana ya mbak Dina? Kalo supatra land kan tempat makan buah buahan all u can eat juga ya mbak?

          • Raymond
            8 February 2014 at 12:56 am #

            Hai Dina….apa kabar??? bagaimana perjalanan ke bali nya? o iya saya ada pertanyaan yg dikirim ke email Dina tgl 26 january 2014…mohon informasinya ya Dina….thanx sebelumnya… maaf jika merepotkan….Raymond

  28. robiatul
    12 January 2014 at 11:07 am #

    halo mba dina. aku mau tanya dong
    aku kan sampe bkk 22 april malam trus lanjut penginapan di khaosan distric
    besoknya aku keliling grand palace, wat po, dan wat arun. nah abis keliling itu aku mau langsung ke southern station untuk lanjut ke phuket gimana ya caranya? makasih banyak ya :)

    • Dina
      14 January 2014 at 2:30 am #

      Halooo :)

      Airport Suvarnabhumi terhubung ke BTS dan MRT melalui Airport Rail Link (max 45 Baht, atau max 90 untuk express). Untuk yang menginap di daerah Sukhumvit, sangat praktis. Untuk yang menginap di Khao San district, stop di Phaya Thai (45 Baht), kemudian naik taxi, tuktuk, atau bis 159 ke Khao San. Bis murah banget, tapi kalo malam jarang. Taxi (argo) sekitar 60 baht. Tuktuk harus tawar.

      Antara Khao San Road dan Wat Arun, Wat Pho, dan Grand Palace, naik kapal bendera oranye aja. Jauh dekat 15 baht. Kapal ke Wat Arun 3 baht dari piernya Wat Pho. Nama pier dekat Khao San Road adalah Phra Athit.

      Detilnya ada di artikel di atas :)

      Ke Southern Station bisa naik bis aja. Banyak pilihan. Coba cek di transitbangkok.com untuk alternatifnya.

      Semoga membantu!

  29. tya
    14 January 2014 at 2:33 pm #

    Mbak dina..
    mohon bantuannya
    1. kalo saya menginap di deket BTS Phaya tai mau ke grand palace naik apa?
    2. Setelah DI BTS mochit sebaiknya klo mo ke pratunam market&platinum saya naik BTS ke rachathevi atau BTS cit lom?
    3. klo dr hostel saya menginap ke dusit palace naik apa ya?

    makasih mbak dina

    • Dina
      1 April 2014 at 7:37 pm #

      Halo tya :D
      1. kalo mau yang seru: naik bts ke saphan taksim, jalan dikit ke sathorn pier, naik kapal murmer (bendera oranye/kuning, bukan biru turis ya), ke grand palace.
      2. baik ratchatewi maupun cit lom oke. cit lom mungkin sedikit lebih dekat dan lebih menarik buat jalan kaki.
      3. hostelnya di mana mbak? :D

  30. larissa
    14 January 2014 at 3:05 pm #

    Halo mbak Dina :) rencananya saya ke bangkok Oktober nanti tp saya mau ngabisin waktu buat nikmatin pantai & belanja,ada artikel tentang pantai-pantai oke sama rutenya gak mbak? Makasih :)

    • Dina
      1 April 2014 at 7:29 pm #

      Di atas kayaknya nggak banyak nyebut soal pantai deh. Maunya pantai yang dekat bangkok atau yang jauh gpp juga? yang lebih jauh lebih oke sih, soalnya bukan cuma sekedar pantai berpasir putih halus, tapi juga punya formasi batuan / landscape yang luar biasa. Misalnya Phuket dan Krabi.

      Untuk yang dekat dengan Bangkok, bisa coba Hua Hin atau Pattaya. Hua Hin lebih family oriented, Pattaya night lifenya kenceng. Kendaraan, bisa ambil van dari Victory Monument. kalo barang bawaannya banyak, pake bis aja. dari khao san road juga ada van. dari airport juga ada bis. banyak kok kendaraannya.

      buat belanja dalam bangkok, bisa ke chatuchak weekend market, MBK mall, atau pratunam untuk baju. khao san road juga banyak kok suvenirnya. rutenya ada di atas.

      semmoga bisa membantu :)

  31. robiatul
    16 January 2014 at 10:43 am #

    okee. makasih banyk mba dinaaa :*

  32. fira
    19 January 2014 at 7:57 pm #

    Mba dinaaa makasih infonyaaaa
    Aku rencana tgl 14-16 mau ke bangkok, backpackeran gt.
    Tp aku blm ada temen huhuhu
    Klo misal aku brgkt sendiri gitu aman nggak sih??
    Berti penginapan yg enak di daerah shukmuvit ya? aku lg cari temen cewek buat trip bareng gt hehe. Anyone?? Aku brgkt dr surabaya ^^

    • Dina
      1 April 2014 at 7:15 pm #

      maaf mbak aku telat baca msg ini :’( kalo belum telat, bisa aku bantuin cari teman jalan di bangkok via twitter. tapi udah balik lagi ya? gimana, seru nggak? :D

  33. fira
    19 January 2014 at 8:53 pm #

    Makasih banyak infonya mba ^^
    Kalo misal aku pergi ke bangkok sendiri aman ga sih??
    Trs aku jg msh bingung transport disananya, tkt nyasar huhuhu

    • Dina
      1 April 2014 at 7:14 pm #

      aman kok :D
      kapan pergi?
      bangkok cukup mudah dan bersahabat ;)

  34. miera
    21 January 2014 at 10:06 am #

    Mbk dina mau tanya kita da trip bkk-pattaya 12-15feb 2014 12-13 pattaya,koh larn 14-15bkk,nah kita sampe bkk sore tgl 14,bs tlg bntu iten ga mbk? yg rekomen sore d bkk kmn aj+tgl 14 kita mau k madame thussaud+grand palace wat pho wat arun+ pratunam+MBK kira2 sempet d dtngi smua ga? Trs chatuchak ktny jumat jg ad bnr ga mbk? Maap borongan tanya nyaa thxb4 mbk: )

    • Dina
      1 April 2014 at 7:13 pm #

      mba, beneran maaf aku telat baca komennya :’( untuk planning ke depan, semoga aku bisa bantu :D

  35. miera
    21 January 2014 at 10:09 am #

    Oh iya mbk kita nginep di VX the fifty subkhumvit line on nut station, daerh itu aman dri demo ga mbk? Klo d pattaya kita nginep d asia backpackers pattaya central

    • Dina
      1 April 2014 at 7:12 pm #

      aku pernah nginep di situ (VX), aman banget kok :)
      yang di pattaya aku kurang tau sih, tapi thailand cenderung aman :)

  36. Taya
    22 January 2014 at 12:31 pm #

    Hi mba truly travelers hehehe… Mau tanya dong rencana aku ada di bangkok pertengahan feb ini,, mba kalau dynasty hotel dan century pattaya recomended ga hotel nya ? Big thanks for your info :)

    • Dina
      1 April 2014 at 7:11 pm #

      aduh, maaf banget aku telat baca komennya :’( semoga kemarin udah dapat infonya yaa…

  37. Wedley
    4 February 2014 at 9:45 am #

    Halo Mba’ Dina,

    Salam kenal ya :)
    Saya ada rencana ke Bangkok tgl 27 Feb – 1 Mar, sudah book hotel di Residence Rajtaevee daerah siam.
    Dari Bandara tgl 27 itu kalo mau ke aras siam naik kereta yang mana ya?

    Terus paginya mau ke grand palace, wat arun, wat pho, minta infonya naik apa kesana yang hemat.

    terus hari ke dua rencana dari hotel mau ke madam tussaud dan catuchak.
    minta info juga naik transportasi apa ya yang hemat.

    Terima kasih banyak mba’ sebelumnya. :)

    • Dina
      1 April 2014 at 6:50 pm #

      aloooo… maaf ya saya baca messagenya terlambat :’(
      semoga kemarin nggak nyasar! semoga udah ada semua di artikel di atas!

  38. Wedley
    4 February 2014 at 9:46 am #

    O iya Mba’ Dina,

    Situasi Bangkok apa sudah aman ya untuk jalan2?
    Mohon info nya, terima kasih :)

    • Dina
      1 April 2014 at 7:03 pm #

      udah kok :)

  39. Adha
    6 February 2014 at 2:52 pm #

    halo mbak dina ,,, aku mau tanya , kalau dari DMK mau ke ratchathewi naik apa aja ya mbak yg paling tepat n cepat ,,, makasih :)

    • Dina
      1 April 2014 at 6:41 pm #

      bisa naik taxi
      bisa naik bis (browse untuk rutenya)
      kalo takut kena macet, naik taxi/bus ke stasiun bts mo chit, sambung bts.

  40. winda
    11 February 2014 at 4:04 pm #

    hai mba dina…salam kenal….aq n keluarga (suami + 2 anak) rencana ke bangkok akhir maret nanti…qta rencana pengen booking hotel di daerah Ratchathewi, yaitu Asia Hotel Bangkok… Mau tanya, cukup strategiskah daerah itu? Trus usulan tempat wisata utk anak2 apa yaa…denger2 dreamworld ok ya mba? tp liat letaknya kyknya agak di luar bangkok…kendaraan kesana apa ya?
    Trus dpt info dr temen yg tinggal di bangkok, skrg chatuchak weekend market buka dari jumat pagi jam 10, benar kah mba? Mhn infonya ya mba…makasih mbaaa

    • Dina
      1 April 2014 at 6:40 pm #

      mbaaaa, maaf aku baru baca msgnya :’(
      semoga lagi having fun di sana… ratchathewi itu deket stasiun bts kok. stasiun bts ratchathewi. jadi kemana-mana yang di jalur bts gampang. kalo mau yang seru tapi mungkin rada mahal, ke sea world ama wax museum di siam discovery ama siam paragon. kendaraannya, tinggal naik bts ke siam station.
      dreamworld, aku belum pernah ke sana sih, bisa naik van ke sana kata ryan :D

  41. nanien
    13 February 2014 at 9:03 am #

    Setelah kartu pos akhirnya mampir lagi kesini, makasih loh mbak Dina. Ngebantu banget buat ancer-ancer liburanku bulan depan xD

    • Dina
      1 April 2014 at 6:37 pm #

      huehehehhehe, seneng kalo aku bisa berguna dikit-dikit, hehehe

  42. Nina
    13 February 2014 at 8:23 pm #

    Halo Dina,

    Mo nanya ne, saya plan ke Bangkok tanggal 8 April 2014 ini, dari Jakarta turun di bandara Dong Mueang, any suggestion kah transportasi termudah dari Dong Mueang ke City? Oya, saya balik lagi dari Dong Mueang juga naik pesawat jam 7 pagi, ada suggestion kah untuk ke Bandara jam segitu kira-kira better naik apa ya?

    Lalu kalo dari Bangkok ke Pattaya, kira-kira transportasinya apa ya? Yang harganya ramah dengan kantong tapi nyaman hehehe… saya plan satu hari di Pattaya lalu langsung balik ke Bangkok sore/malam harinya, boleh minta saran itinerari di Pattayanya kah?

    Thanks a lot sebelumnya yah :)

    • Dina
      1 April 2014 at 6:34 pm #

      kalo yang paling gampang, taxi aja deh. taxi di sana murah kok. asal pake argo ya! Kalo jam macet sih, dan kalo destinasinya di dekat stasiun mrt/bts, mending taxinya sampe stasiun Mo Chit aja, oper bts/mrt. Selain itu ada bis ke berbagai arah. cuman takutnya kalo ga biasa ama website jalur bis, dan belum tau peta kira2 bangkok, susah nentuinnya, hehehe…

      untuk kembalinya ke don mueang, mbak nginepnya di mana sih? kalo nginep di khaosan road, ikut transportasi van-nya aja, murah kok. pesan sehari sebelumnya.

      bangkok ke pattaya bisa naik bis/van. dari bandara suvarnabhumi ada, dari khaosan ada, dari victory monument ada, dll. ga mahal kok.

      pattaya kecil jadi gampang banget. siang bisa habiskan waktu di pantai, malam bisa liat dunia malamnya. ikuti aja aliran turis :D tapi kalo kabaret show aku kurang tau sih, soalnya aku nggak pernah ikutan liat.

      semoga membantu :D

  43. Andre Handoyo
    19 February 2014 at 9:36 pm #

    Mba hasil kamera NX300 nya bagus… :) btw endorse atau beli sendiri mba?

    • Dina
      1 April 2014 at 6:22 pm #

      makasih ya :”)

  44. aris
    23 February 2014 at 7:32 am #

    Halooo mbak dina, salam kenal, infonya berguna bgt nih….rancana mau k bangkok tgl 25 feb sampe 1 maret ini…
    Untuk wisata 1 hari di bangkok referensi diatas udah cukup bgt.. Mau tanya Mba, saya rencana mau lanjut k phuket via darat, nah angkutan dari kawasan grand palace ke terminal southern “sai tai” gimana ya enaknya??? (Diatas baru dijelasin pake bus kota) Tris sebelumnya

    • Dina
      1 April 2014 at 6:21 pm #

      waduh, maaf saya baru baca msgnya x) Semoga kemarin nggak nyasar, hehehhe

  45. ryo
    1 April 2014 at 12:05 pm #

    Mba dina,kira-kira berapa budget (uang) yang harus disiapkan kalo mau ke thailand selama 5 hari? mohon infonya…..terimakasih

    • Dina
      1 April 2014 at 7:45 pm #

      ranjang di hostel 50-100 ribu dapet. makanan street food sekitar 10-30 ribu. kendaraan bisa pilih yang murah. bts/mrt/kapal/bis antara bbrp ribu hingga bbrp puluh ribu. kereta api ekonomi juga segitu untuk keluar kota. good luck :D

  46. reres
    2 April 2014 at 3:16 pm #

    Tgl 8 – 14 april 2014 saya ke thailand tp 3 orng temen batalin karena akhirnya mereka berhalangan.
    Untuk kesana sendiri saya belum berani. kira2 ada yg mau plan kesana ditanggal itu juga kah?

  47. azmi
    17 April 2014 at 5:02 pm #

    Mau nambah….

    Tiket masuk ke grand palace juga segala wat di bangkok adalah gratis sewaktu sambutan ulang tahun king bhumipol …yaitu pada penghujung disember

    • Dina
      23 April 2014 at 10:32 pm #

      wah, good info nih!! thanks ya

  48. vhya
    22 April 2014 at 1:38 pm #

    Hi Dina, aku ada rencana ke BKK sekitar agustus dan rencananta nginep di area pratunam, di tempat itu deket bgt sama statsiun ratchaprarop. Nah yg jadi pertanyaan stasiun ini kan dilewatin city line, nah untuk transfer ke skytrain musti ke phaya thai kalo liat mapnya. Pertanyaanya city line ini convenient ga ya? Frekuensinya gimana? Trus kalo naik bus pake pake panduan transitbangkok.com reliable ga? Bus2 dibangkok berhenti di pemberhentian yg sesuai ga? Atay seperti jakarta suka2 busnya? Thanks sebelumnyaa..

    • Dina
      23 April 2014 at 10:27 pm #

      city line, lumayan convenient kok mbak kalo udah nyampe di stasiunnya. paling jalan dikit. frekuensinya lumayan gede. Aku ga pernah perhatiin jadwal, langsung datang dan nunggu kereta lewat. ga pernah merasa terlalu lama.
      transitbangkok.com reliable kok, kecuali kalo jalan ditutup misal pas demo dulu, sehingga jalur disesuaikan. Frekuensi tertera di sana, hati2 kalo malam kadang2 bis udah habis. mending kalo udah di bus stop, liat tanda di halte, apa bis nomor demikian lewat atau nggak. tanya orang juga bisa. Lumayan reliable kok. cuman kalo frekuensinya kecil, jadi ga dateng2 gitu. mending catat semua nomor buat alternatif, jangan picky ama ac – non-ac. Murah ini :) Mungkin ada 1-2 kejadian ga sesuai perkiraan, tapi overall bagus kok.

  49. eveline
    23 April 2014 at 10:48 am #

    Mba dina….
    Aku suka banget sama blognya…
    Nanya dong, kalau ke Ayutthaya naik kreta, sesampainya di stasiun Ayutthaya ke lokasi wisatanya gimana caranya ya?

    thank you!

    • Dina
      23 April 2014 at 10:20 pm #

      makasih ya :)
      kalo aku sih, jalan dikit ke sungai, naik ferry, sampe seberang naik tuktuk/ojek. Atau jalan, tergantung penginapan. Atau kalo nggak nginap, mau keliling ayutthaya naik sepeda, sepeda motor, atau sewa tuktuk?

  50. nita
    23 April 2014 at 4:55 pm #

    mba dina..mau tanya apakah airport DMK buka 24 jam ya? karena sy mau ke Bangkok kira2 tiba di DMK jam 23.45 dan rencananya mau nunggu di airport aja sampe subuh..gimana..hehe..
    Thanks infonya..and good luck

  51. Tiffany
    25 April 2014 at 3:57 pm #

    hi mbak dina. boleh kasih rekomendasi ga hostel di daerah khao san yang nyaman, murah, dan aman? Aku pergi bareng teman2 perempuanku jadi mau cari yang aman hehe thanks bgt ya websitenya sangat membantu para backpacker ^^

  52. SM
    8 May 2014 at 12:03 pm #

    Hai mba dina, sy mau tny kalo
    Dari airport don mueang ke
    Southern terminal kira2 brp lama
    Ya?
    Tq…

  53. Mimi
    12 May 2014 at 4:46 pm #

    Mba Dinaa barusan liat ulasan ttg duaransel di Femina. hehe langsung cus ke websitenya..lengkap bangeeeeet…

    Mba Agustus bsk ak mau ke Thailand, mau nginep di Khao San Road, aku pingin banget wisata belanjaa… yg deket ke chatucak atau mana enaknya mba? mengingat waktu jalan di Thailand cuma 1 1/2 hari :(

  54. ozz
    18 May 2014 at 8:48 am #

    pagi mbak…
    senang baca artikel ini :)

    saya & keluarga akan kmbali berpergian ke bangkok,
    rencana saya menginap di gateway hotel pratunam.
    mohon info, kalau dari hotel ingin ke grandpalace, dkk di sekitarnya naik perahu/kapal ada rute/infonya g?

    terima kasih :)

    • Dina
      5 August 2014 at 6:06 pm #

      Halo, maaf baru sempat liat pertanyaan ini sekarang, jangan-jangan udah telat ya? kapan ke BKK?

  55. Indra Nata
    20 June 2014 at 2:06 pm #

    Halo mbak, salam kenal.
    Aq ama sodara, totalnya bertiga rencananya mau backpack di thailand 9-15 juli bln depan.
    Mo tanya kalo dari DMK airport ke Southern terminal klo mau naik bis jurusan yang no berapa ya? ato klo perlu transit dimana ya?
    Kita rencananya langsung pergi ke Krabi-Phi2.

    • Dina
      4 August 2014 at 4:21 pm #

      maaf baru baca sekarang pertanyaannya :’(
      Gimana kemarin liburannya? semua lancar?

  56. cristi
    22 July 2014 at 8:56 am #

    Hi dina…thx bgd ni bwt info2 ny….helpfull…
    Tp mau tanya nih…aq masih bingung krn ini first time aq ga pake tour agent
    Aq skitar january mau ke bangkok…aq lebih suka kuliner n blanja…kira2 better nginep di nasa vegas atau khao san road yha?
    And Mna yg lebih dekat dari bandara don muang?

    • Dina
      4 August 2014 at 4:09 pm #

      Kalo aku sih lebih suka nginep di khao san mbak. kalo nasa vegas agak jauh dari mana-mana, kurang suport untuk kebutuhan turis, sehingga menurutku lebih cocok buat orang yang sebelumnya udah pernah ke sana. Kalo khao san road fasilitas turisnya banyak. belanja langsung di situ dan kulineran juga oke. kayak kapung backpacker gitu mbak :)
      Kalo soal jarak dari don mueang, sama aja jauhnya sih.

  57. hadi
    12 August 2014 at 6:34 am #

    Saya rencana mau ke bangkok, lagi cari temen yang ngerti dan biar gak ke sasar. Sblom nya saya blom pernah ke bangkok. Thx

    • Dina
      12 August 2014 at 5:07 pm #

      Sendirian ya mas? Kalo mas punya twitter, bisa twit saya di @DuaRansel kalo sedang cari teman jalan di Bangkok, nanti saya sebarkan ke teman2 lain di twitter, siapa tau ada yang sedang ke sana juga di waktu yang sama :)

    • Phillips
      17 August 2014 at 4:23 pm #

      Ke Bangkok tanggal berapa?
      saya juga mau ke Bangkok tanggal 8-13 September 2014. Akan jadi pengalaman saya pertama. Siapa tau tanggalnya bersamaan.

  58. Ratna
    13 August 2014 at 11:58 am #

    Hai Mba Dina.. informatif sekali webnya. Saya dulu sempet ragu, pas temen saya yg pernah ke Bangkok nyaranin pake tur saja krn kendala bahasa.
    Stlh baca blog mba, dan ada temen yg backpacker ke sana bilang transportasinya ada tulisan inggrisnya, saya lega banget.
    Terus terang saya gak suka pake tur soalnya biasanya lokasi hotel yg gak strategis ataupun tua.Pdhal tur2 murah, suka ada keterangan satu hari bebas yg wasalam dilepas sendiri.

    • Dina
      13 August 2014 at 8:02 pm #

      Halo Ratna :D
      Iya, aku juga kurang suka pake tur. Lebih suka sendiri, jadi bisa berlama-lama saat suka, merambat ke mana-mana sesuai selera, dan ga harus berdiam lama di tempat yang nggak kita sukai, hehhee. Ternyata Bangkok gampang ya? :)

  59. Phillips
    17 August 2014 at 4:22 pm #

    Hai Diana,

    Wah makasih banget atas pengalamannya yang sudah dituangkan di web ini. Sangat berguna bagi saya. Saya juga ingin sekali backpackeran..tapi karena kesulitan cari waktu jadi baru beberapa tempat saja yang sudah saya kunjungi.

    Rencananya tgl 8 Sep 2014 saya akan backpackeran sendiri ke Bangkok dan Pattaya. Ini akan jadi pengalaman pertama saya. Tadinya mau ngajak temen, tapi dia belum bisa memastikan. Info dari Diana sangat membantu saya untuk berani ke Bangkok sendiri, walaupun saya belum mengerti betul suasana, terutama transportasi di sana. Namun, ulasan Diana sungguh sangat membantu saya.

    Oiya, kalau ada kenalan dari Diana yang pas tgl 8-13 Sep di Bangkok mungkin bisa dikenalkan ke saya supaya saya bisa ada teman utk backpackeran di Bangkok dan Pattaya.

    Rencana saya:
    Senin 8 Sep:
    Tiba dng Air Asia siang hari di DMK
    Ke daerah khao san road (grand palace, dll).
    Chack in di Swasdee Welcome inn Hotel (cari yg paling murah: Rp. 60an ribu)

    Selasa 9 Sep:
    ke pagoda2, wisata sejarah, menyusuri sungai. Kalau ada kesempatan ke Ayutthaya
    Check in di …… (blm booking)

    Rabu 10 Sep:
    Ke Pattaya
    Check in di Tune Hotel Pattaya (250.000an/malam) 2 malam
    Menikmati pantai.(belum tau mau ke mana aja; ada usulan?)

    Kamis 11 Sep:
    Menikmati Pattaya (juga blm tau ke mana aja, masih cari2 informasi)

    Jumat 12 Sep:
    Kembali ke Bangkok
    Rencana mau nginap di dekat MBK Mall. Mungkin di Lub d Bangkok Siam Square Hostel (juga blm booking).
    Jalan2 di mall dan sekitarnya (ke madame tussauds?)

    Sabtu 13 Sep:
    jalan2 di sekitar Hotel. Sore ke Bandara dan kembali dng Air Asia jam 20.55.

    Ada usulan untuk saya? Ada teman2 yang ingin bergabung?

    Makasih,

    twitter saya: PSD_deva

    • Dina
      19 August 2014 at 2:39 pm #

      Semoga ada yang bisa bergabung ya mas :D. Ntar aku twit juga.

  60. tidie
    21 August 2014 at 2:14 pm #

    Mba dina mau tanya kalo dr don muong airport ke hotel ibis siam naik apa yg cepat?

    • Dina
      22 August 2014 at 3:54 pm #

      Ini beberapa pilihannya ya kak, silakan dilihat mana yang kakak suka :)
      1. Naik taxi all the way to Siam.
      2. Naik taxi ke Mo Chit BTS station, sambung BTS ke Siam.
      3. Naik bis ke Mo Chit BTS station (ada bbrp pilihan, tanya orang aja), sambung BTS ke Siam
      4. Naik bis langsung ke Siam >> oke yang ini aku belum pernah coba, jadi belum tentu ada yang langsungan.

      Tergantung kakak berapa orang dan bawaannya banyak atau nggak. Kalo 2-4 orang, taxi murah kok, asal ga kena yang scamming ya.
      Aku ga tau hotel Ibis di mana, tapi daerah Siam dilayani oleh BTS station Siam. Coba cek masih jauh lagi nggak jalannya.
      Kalo lagi ga macet, naik taxi cepet. Kalo takut kena macet, ya mending dari Don Mueang ke Mo Chit station, terus naik BTS ke Siam :)

      Good luck!

  61. ria aprilayani s
    21 August 2014 at 10:38 pm #

    Salam kenal mba dina, serching cari jadwal bus dr pattaya ke phuket eh terdampar di blog mba yg super oke, mohon pencerahanya mba , utk jadwal bus yg sore-mlm dari pattaya ke phuket jam berapa aja ya mba?mau

    • Dina
      22 August 2014 at 4:00 pm #

      Salam kenal mba Ria :)

      Ada bus Pattaya ke Phuket jam 6 sore.

      Cara lain, ambil bis ke Mo Chit (Bangkok), terus dari Mo Chit ambil bus ke Phuket. Keduanya ada banyak keberangkatan per hari.

      Good luck!

  62. happilionaire
    24 August 2014 at 1:36 am #

    fotonya bagus2 bgt. suka deh..

    • Dina
      2 September 2014 at 10:52 pm #

      Makasih :)

  63. Aniv
    2 September 2014 at 7:51 am #

    Mba mau tanya, kalau dari pattaya ke khaosan road lebih dekat ke eastern bus terminal atau northern bus terminal ya?

    Terus klo dari Pratunam ke Dong Mueang Airport naik apa?

    Thanks..

    • Dina
      2 September 2014 at 10:46 pm #

      pattaya-khaosan road: eastern dan northern dua-duanya lumayan jauhnya sih… kalo menurut ryan, sedikit lebih praktis lewat eastern soalnya lebih gampang ke BTS-nya. tapi khao san road juga ga terhubung ke bts. kalo belum matahari tenggelam, dari bts (baik ekkamai – eastern st. maupun mo chit dekat north st.) bisa turun di sathorn pier / saphan taksim, dari situ naik kapal bendera oranye/kuning ke khaosan road. Atau kalo mo browsing, mungkin ada bisnya (cari yang ke democracy monument, itu dekat khao san road. jalan 15 menit dari situ. atau mungkin bisnya lewat deket2 situ. udah pernah ke khaosan road sebelumnya?)

      pratunam-donmueang: pratunam jalan kaki ke bts terdekat (chitlom, siam, etc), terus naik bts ke mo chit. dari situ naik bus ke airport don mueang

Leave a Reply