Barang Wajib: Universal Adapter

Pertama kalinya saya tinggal di luar negeri adalah di Jepang. Waktu itu saya mengikuti program pertukaran pelajar di sebuah universitas di Tokyo. Karena sudah diperingati bahwa harga di Jepang umumnya lebih mahal daripada di Indonesia, maka saya berusaha membawa benda-benda wajib saya dari Indonesia. Karena saya seorang cewek, salah satunya adalah hair dryer.

Sayangnya saya tidak diperingatkan tentang perbedaan jenis soket listrik dan voltase antar negara. Alat listrik di Indonesia umumnya membutuhkan tegangan sekitar 220 V, sedangkan di Jepang hanya 110 V. Untung saja hair dryer saya berlabel “dual voltage”, yang artinya bisa digunakan di kedua voltase. Hanya saja, ketika akan saya colokkan pada soket listrik di dinding, ternyata plugnya tidak bisa masuk! Bentuk plug (ujung kabel) Indonesia tidak sesuai untuk lubang soket Jepang. Dan untuk itu saya membutuhkan sebuah adapter. Ternyata adapter khusus Indonesia -> Jepang tersebut sulit dicari dan mahal harganya. Akhirnya saya membeli pengering rambut bekas di sebuah flea market di Tokyo yang harganya jauh lebih murah daripada adapter tersebut. Jadilah pengering rambut asal Indonesia saya menganggur di koper selama 1 tahun, padahal baru dibeli sebelum berangkat (duh).

Universal adapter

Universal adapter

Adapter adalah sebuah barang yang cukup wajib sifatnya untuk seorang traveler mancanegara. Jika anda hanya pergi ke satu negara, maka sebuah adapter spesifik dapat digunakan. Namun kalau anda berencana akan pergi ke berbagai negara, yang soketnya berbeda-beda, atau alat listrik anda plugnya berbeda-beda, maka anda membutuhkan universal adapter.

Universal adapter ini memiliki dua sisi. Di satu sisi terdapat lubang soket multi-fungsi yang dapat menerima berbagai macam plug, dan di sisi belakangnya terdapat plug yang dapat disesuaikan dengan jenis soket di dinding. Ada universal adapter yang hanya terdiri 1 potong saja (soket multi-fungsi dan beragam plug tersusun di satu badan), ada pula terdiri bari beberapa potongan (plug-plugnya terpisah, dapat dirangkai dengan soket multi-fungsi sesuai kebutuhan). Pilihan saya adalah universal adapter 1 badan, karena ringkas dan tidak perlu khawatir kehilangan potongan-potongan kecil plug.

Ini universal adapter saya, dapat digunakan di lebih dari 150 negara di dunia.

Universal adapter

Universal adapter. Kiri: tampak depan (soket multi-fungsi). Kanan: tampak belakang (plug, dalam keadaan semua masuk dan semua keluar).

Berbagai plug:

Universal adapter - berbagai plug

5 macam plug

Contoh negara di mana plug-plug di atas dapat digunakan (dari kiri ke kanan):

  1. Inggris, Siprus, Hong Kong, Irlandia, Malta, Malaysia, Singapura, dan berbagai negara bekas koloni Inggris lainnya
  2. Eropa (kecuali yang telah disebut di #1 di atas) dan Indonesia
  3. USA, Canada, Mexico, Amerika Tengah dan Amerika Selatan (utara dan timur), Karibia, Jepang, Taiwan, dan Arab Saudi.
  4. Australia, Selandia Baru, Fiji, Argentina dan Papua Nugini
  5. Cina. Namun perhatikan bahwa #4 dan #5 sebenarnya sama hanya terbalik atas-bawahnya, jadi dapat dipilih sesuai dengan keterbatasan tempat.
Penggunaan universal adapter

Kiri: Duh, ga bisa masuk! Tengah: Kalau gini baru benar. Kanan: Siap pakai.

Di mana universal adapter dapat dibeli? Toko traveling dan toko-toko di bandara, dan sebagian toko alat elektronik biasanya menjual benda ini. Di negara barat, harga murahnya berkisar antara 10-20 USD. Kalau 30 USD terlalu mahal. Saya kebetulan order dari website DealExtreme seharga 5,2 USD (kurang dari 50 ribu rupiah), free shipping everywhere in the world, lho.

Jenis adapter apa yang kalian bawa selama traveling?

Tags: , ,

47 Responses to “Barang Wajib: Universal Adapter”