9 Ways to Travel Cheap in Europe

Andorra la Vella

Andorra la Vella

Traveling di Eropa tidaklah murah. Apalagi di Eropa Barat, di mana kamu sudah menyiapkan budget jauh-jauh hari, eh sampai sana ternyata nggak cukup! Jadi, apakah worth it pergi ke Eropa? Yup, dengan keseniannya, budayanya, dan sejarahnya, traveling ke Eropa bisa sangat rewarding! Itu sebabnya, ada baiknya kamu tau trik-trik untuk menekan biaya traveling di eropa dari berbagai sisi. Jadi kamu bisa menekan biaya traveling semurah-murahnya. Kami sempat traveling berbulan-bulan di Eropa, dan ini adalah 10 cara favorit kami untuk menekan biaya traveling di sana.

9 Ways to Travel Cheap in Europe

Park Guell - Barcelona

Park Guell – Barcelona

1. Tinggal di hostel

Walaupun obvious banget, masih banyak aja yang maksain guesthouses. Hostel terbuka dengan suasana hangatnya untuk siapa saja, dan di Eropa mereka jauh lebih murah daripada guesthouse dan hotel. Setting hostel menyediakan peluang untuk berkenalan dan bercengkerama dengan pelancong-pelancong lainnya. Hostel biasanya menyediakan makan pagi gratis, serta memiliki dapur bersama yang bisa kamu pakai untuk memasak, sehingga menghemat biaya untuk makan siang atau malam pula.

2. Gunakan headphone splitter atau smartphone audio guide

Ketika kamu mengunjungi museum atau situs bersejarah, umumnya kamu akan ditawari untuk menggunakan audio guide yang menceritakan dengan terperinci apa yang kamu lihat. Namun audio guide ini bisa sangat mahal. Kadang bisa 10 Euro atau malah lebih, cuma untuk sewanya saja di hari itu! Nah, kamu bisa menghemat uang dengan cara mendownload dengan gratis informasi ini secara online, atau membawa headphone splitter dan extra headphone/earphone untuk membagi 1 audio guide untuk 2 orang.

3. Kartu pass museum

Museum bisa jadi sangat mahal. Tapi di kebanyakan negara, ada diskon yang cukup besar, kalau kamu sabar mencarinya. Di Belanda ada yang namanya Museumkaart yang memberikan kamu akses tak terbatas untuk hampir semua museum di Belanda, sepanjang tahun, dengan harga yang sangat murah! Di Paris, ada berbagai kartu pass yang memberikan kamu akses ke berbagai museum utama seperti Louvre, Musee d’Orsay, dan sebagainya, dengan harga yang jauh lebih murah daripada kalau kamu membelinya satu per satu. Banyak sekali kota yang menawarkan akses yang demikian, so do your homework!

Majorca

Majorca

4. Traveling saat bukan musim liburan

Travel off season! Traveling di Eropa itu sangat musiman. Destinasi pantai akan tahu-tahu penuh di saat liburan sekolah, dan harga melambung selangit. Namun di luar musim liburan, penginapan-penginapan ini banting harga menjadi sangat murah. Mirip dengan ini, area perkotaan bisa jadi malah kosong sewaktu musim liburan lokal, sehingga penginapan banting harga murah. Misalnya di musim panas, saat EU parliament yang berkantor di Brussels libur, hotel-hotel di Brussels banting harga menjad murah.

5. Makanlah local specialties dari toko-toko lokal

Restoran di Eropa bisa sangat mahal. Namun banyak makanan yang mahal di banyak tempat sebetulnya tersedia dalam harga yang sangat murah di tempat berbelanja. Di Prancis, kamu akan menemukan wine, keju, dan roti berkualitas sangat tinggi di toko-toko lokal, hanya dengan beberapa euro. Make a picnic of it!

6. Tinggal di luar pusat kota, namun masih terhubung dengan jalur kereta api

Penginapan di pusat kota seringkali mahal. Dengan tinggal di luar pusat kota, kamu bisa menghemat banyak. Pilihlah akomodasi yang dekat dengan jalur kereta api atau subway, agar murah bertransportasi ke dalam kota dan tempat-tempat lain. Dengan ini kamu bisa juga lebih menikmati atmosfer kehidupan sehari-hari warga lokal Eropa yang lebih otentik, jauh dari keramaian turis.

Sagrada Familia - Barcelona

Sagrada Familia – Barcelona

7. Kuliner lokal? Gunakan kesempatan lunch murah!

Tentu saja kita ingin mencicipi kuliner lokal hingga restoran-restoran terbaik di tempat tujuan, namun sebaiknya ini dilakukan pada saat makan siang daripada makan malam. Banyak restoran yang menawarkan diskon yang murah meriah untuk lunch, namun harganya kembali normal (baca: mahal) di malam hari. bahkan di resotran-restoran high end pun, seringkali mereka menawarkan lunch specials. Triknya adalah, nikmati restoran-restoran ini saat lunch time mereka, pilih lunch special-nya. Di malam hari, persiapkan makananmu sendiri di hostel.

8. Minta air di restaurant

Saat kamu makan di restoran, kemungkinan besar air minum tersedia secara gratis. Bukan air botolan yang mahal, namun air dari keran, namun di sini layak minum memang. Belum tentu langsung disediakan di meja, jadi kamu perlu memintanya. Tak usah malu-malu.

9. Manfaatkan free days

Banyak museum yang memiliki hari di mana kita bisa masuk tanpa membayar. Misalnya di mingu pertama atau terakhir di setiap bulannya. Jadi cek dulu, dan rencanakan kunjungan museummu, siapa tahu bisa ditepatkan dengan hari gratis ini.

Park Guell - Barcelona

Park Guell – Barcelona

Liburan gratis ke Eropa?

Nah terus, bagaimana dengan tiket kesananya? Bukannya mahal banget? Iya sih, namun jaman sekarang, ada berbagai kuis berhadiah jalan-jalan gratis lho. Untuk saat ini juga, ada activity dari KIT KAT. Namanya: KIT KAT BREAKAway (jangan sampai salah ya). Hadiahnya? Tiket gratis dan akomodasi di Eropa buat kamu dan seorang teman kamu! Culture Break di Barcelona, City Break di Vienna, atau Nature Break di Swis. Ingin pilih yang mana? Gampang banget sih, kamu harus ikut photo challenge dan beli KIT KAT seharga 20 ribu rupiah aja. Info selengkapnya di sini ya: bit.ly/KITKATBREAKAwayDR

Liburan gratis ke Eropa

Tips Cuci BajuTips Packing BajuTips Dana TravelTips Pilih BackpackTips Website Andalan BackpackersTips BahasaTips Colokan ListrikTips HostelTips Travel AppsTips 10 Travel Essentials

25 Responses to “9 Ways to Travel Cheap in Europe”