Koleksi Makanan Indonesia di Aruba (Karibia)

Pemandangan laut dari Oranjestad, ibukota Aruba, Karibia

Pemandangan laut dari ibukota Aruba, Oranjestad.

Aruba adalah sebuah negara pulau di Karibia. Pulaunya kecil, hanya sepanjang 33 km. Aruba ini adalah salah satu negara konstituen dari Kerajaan Belanda seperti halnya Sint Maarten dan Curacao. Yang membikin saya takjub ketika browsing di supermarket setempat, ternyata koleksi bahan makanan Indonesianya lumayan! Nama bahan makanan ini ditulis dengan ejaan lama. Bukan artinya ini produk lama yang kini bisa-bisa telah kadaluwarsa, namun memang orang Belanda masih menggunakan ejaan Indonesia yang kuno untuk menuliskan kata-kata Indonesia. Kan sewaktu mereka meninggalkan Indonesia, Indonesia masih menggunakan ejaan kuno. Merk bahan makanan yang saya lihat kebetulan semuanya Conimex, yang merupakan perusahaan Belanda, jadi masalah rasa mungkin lebih disesuaikan dengan lidah orang Belanda yang NB gemar masakan Indonesia. Ada juga makanan Indonesia yang saya sendiri baru dengar namanya: Ajam Kerrie Madras, alias ayam pedas ala Indo dengan saus kare. Nah tuh. Serving tips? “Serve Ajam Kerrie Madras with fried white rice, kroepoek, salad and atjar tjampoer, sambal and ketjap.”

Gedung pink di Oranjestad, ibukota Aruba

Gedung pink di Oranjestad, ibukota Aruba

So, ada makanan Indonesia apa saja di Aruba? Cek foto-foto berikut:

Bumbu dapur Indonesia merk Conimex di Aruba, Karibia

Serehpoeder, Ve-Tsin, Ketoembar, Djahe, Djintan, Koenjit

Bumbu dasar:

  • Serehpoeder
  • Ve-Tsin
  • Ketoembar
  • Djahe
  • Djintan
  • Koenjit
Acar Indonesia merk Conimex di Aruba, Karibia: Atjar Tauge

Atjar Tauge

Acar:

  • Atjar Tauge
  • Atjar Tjampoer
Sambal Oelek Indonesia merk Conimex di Aruba, Karibia

Sambal Oelek

Sambal:

  • Sambal Oelek
Kecap Indonesia merk Conimex di Aruba, Karibia: Ketjap Manis, Ketjap Marinade

Ketjap Manis and Ketjap Marinade. Mana ketjap asinnya? Cari di lorong bahan makanan biasa saja, soy souce 🙂

Kecap:

  • Ketjap Manis
  • Ketjap Marinade
Bumbu instant Indonesia merk Conimex di Aruba, Karibia: Ajam Kerrie Madras, Foo Yong Hai, Pinda Satesaus

Ajam Kerrie Madras, Foo Yong Hai, Pinda Satesaus

Bumbu instan:

  • Pinda Satesaus
  • Kerrie Saus
  • Bahmi Speciaal
  • Foo Yong Hai
  • Ajam Kerrie Madras (ayan pedas saus kare)
  • Mihoen Speciaal
  • Babi Panggang
  • Babi Ketjap
Bumbu instant Indonesia merk Conimex di Aruba, Karibia: Mihoen Speciaal, Bahmi Speciaal, Babi Pangang, Babi Ketjap

Mihoen Speciaal, Bahmi Speciaal, Babi Pangang, Babi Ketjap

So, apakah kalian tahu makanan Aruba itu seperti apa? Yang di Aruba tahu lho, makanan ala Indonesia, hehehe 🙂

Aruba (pronounced /əˈruːbə/ ə-ROO-bə) is a 33 km-long island of the Lesser Antilles in the southern Caribbean Sea, located 27 km north of the coast of Venezuela. Together with Bonaire and Curaçao, it forms a group referred to as the ABC islands of the Leeward Antilles, the southern island chain of the Lesser Antilles.

Aruba, which has no administrative subdivisions, is one of the four constituent countries that form the Kingdom of the Netherlands, together with the Netherlands, Curaçao, and Sint Maarten. Aruban citizens hold Dutch passports. Unlike much of the Caribbean region, Aruba has a dry climate and an arid, cactus-strewn landscape. This climate has helped tourism as visitors to the island can reliably expect warm, sunny weather. It has a land area of 180 square kilometres (69 sq mi) and is densely populated with its estimated 103,000 people. It lies outside the hurricane belt.

 

Aruba (pronounced /əˈruːbə/ ə-ROO-bə) is a 33 km-long island of the Lesser Antilles in the southern Caribbean Sea, located 27 km north of the coast of Venezuela. Together with Bonaire and Curaçao, it forms a group referred to as the ABC islands of the Leeward Antilles, the southern island chain of the Lesser Antilles.

Aruba, which has no administrative subdivisions, is one of the four constituent countries that form the Kingdom of the Netherlands, together with the Netherlands, Curaçao, and Sint Maarten. Aruban citizens hold Dutch passports. Unlike much of the Caribbean region, Aruba has a dry climate and an arid, cactus-strewn landscape. This climate has helped tourism as visitors to the island can reliably expect warm, sunny weather. It has a land area of 180 square kilometres (69 sq mi) and is densely populated with its estimated 103,000 people. It lies outside the hurricane belt.

Tags: , , , , ,

11 Responses to “Koleksi Makanan Indonesia di Aruba (Karibia)”

  1. achiedz
    30 March 2011 at 1:52 pm #

    Wow Aruba! pernah denger namanya tapi gak pernah terbayang kayak apa. ;))
    Ini Conimex oke juga ya, masi produksi barang dengan ejaan Indonesia lama. Kira2 sodaraan jauh ama Konimex – yg produksi obat batuk ga ya? *maksa* ;p

    Baru pertama kali nengok websitenya euy.
    Buat sayah yg fakir-liburan banget, website ini bikin mata seger, hati senang dan ‘napsu’ kerja keras! ;D

    happy staying at Honduras! ^_^

  2. selebvi
    4 April 2011 at 1:19 am #

    wah saya baru tau mbak ternyata makanan indonesia bisa nyampe sana hehe

  3. rista
    5 April 2011 at 4:45 pm #

    wush.. keren nih mbak… hebat bener, bisa tembus sampai jauh di mato sana.. (applause) tapi lucu (ngakak juga) kok tulisan merknya ejaan lama, hhaha.. #gokil nih 😀

  4. fira
    7 June 2012 at 7:54 pm #

    Ayam kare pedas gitu masakan aceh banget mbak…hehehe
    Keren bangetlah, indonesia saja mungkin banyak ng tau tuh ejaan
    😀

  5. neng nikky
    29 July 2012 at 3:23 pm #

    di belanda juga sama mba bumbu made in conimex juga.. ada sambel uleg dl.. rasa ? masih enak rasa sambel uleg made in cap cobek (cowek)

    • Dina
      30 July 2012 at 3:58 pm #

      Lol, setuju banget pol!

  6. anotherorion
    23 September 2012 at 10:26 am #

    wah mantap jadi penasaran rasanya

  7. blinux
    7 November 2012 at 11:57 pm #

    Saya sudah 2x ke Aruba dan kebetulan nemu rumah makan yang jual makanan indonesia seperti sate ayam, soto, bakmi, pisang goreng dan lain2. Sampai ada juga peyek kacang. Kebetulan besok siang kapal bakal sandar lagi di aruba…

    • Dina
      8 November 2012 at 12:06 am #

      Asyik banget sering ke Aruba! Naik kapal kah? Gimana, autentik nggak rasa masakan Indonesianya? Ingin coba nih, kalo berkesempatan ke sana lagi! Nama restonya mau ya kalo inget 😀

      • blinux
        26 November 2012 at 12:12 am #

        Iya betul mbak. Saya naik kapal laut. Asyik kalau sandar di Aruba pas bukan hari minggu karena rata2 pada tutup, termasuk restoran yg jual makanan indonesia. Nama resto nya Fusion Deli. Kalau masalah rasa sih gak bisa dibohongin ya krn yang masak pun bukan orang indonesia. Hehe 😀

        Oh ya, untuk bumbu masakan buatan conimex bisa dibeli di supermarket Kong Hin dibelakang Plaza Aruba.

  8. miko
    28 February 2013 at 10:11 am #

    waktu tinggal di Belanda, akrab dengan produk2 Conimek ini. Tapi rasanya kacaw hehehe, masi mendingan bumbu2an impor produk indo asli

Leave a Reply