Cerita di Balik Beberapa Sunset Terindah di Dunia

Salah satu misi backpacking kami adalah untuk menikmati dan mengabadikan keindahan matahari terbit dan matahari tenggelam dari berbagai pelosok dunia. Tapi, kok jarang sekali ya, kami bisa bangun cukup pagi untuk nonton sunrise? Biasanya kami bangun pagi cuma kalau harus ngejar pesawat, bis, atau kereta api. Buatku sih, kayaknya lebih gampang melihat sunrise karena belum tidur, daripada karena bangun pagi. Alhasil, kami cuma punya 1 foto sunrise (Gunung Fuji) dan banyak foto sunset. Berikut ini adalah 5 dari sunset favorit kami. Diambil dari 3 negara yang berbeda: Australia,  Indonesia, dan Yunani. Yang dari Australia ada 3, ketiganya dari provinsi yang berbeda. Enjoy!

Sunset di Queensland, Australia

Sunset in Queensland somewhereDi tahun 2010 kemarin, kami menyetir motorhome sejauh 2600 km dari Sydney ke Cairns yang terletak di pantai timur Australia, jauh di utara, di dekat Great Barrier Reefs. Di dalam perjalanan 5 hari ini, kami melewati banyak hutan eukaliptus dan savana. Suatu sore ketika menyetir, dari jalan raya kami melihat bahwa sunsetnya tampak cantik sekali. Secara spontan kami memberhentikan mobil, bikin snack, dan menikmati keindahan sunset ini.

Btw, apakah kamu mengenali foto ini? Foto inilah yang kami jadikan lambang DuaRansel πŸ™‚

Sunset di Uluwatu, Bali

Sunset in Uluwatu, Bali, IndonesiaGa usah jauh-jauh, Indonesia menyimpan banyak sunset kelas dunia! Sewaktu masih kecil, saya beberapa kali mengunjungi Pulau Bali. Uluwatu menjadi tempat penuh kenangan karena sunsetnya yang indah, karena monyetnya yang nakal-nakal, dan karena salah satu monyet nakal tersebut menendang majalah bokap saya yang belum sempat dibaca, langsung ke laut nun jauh di bawah kami (kenangan manis, hehe). Jadi ketika hubby dan saya sempat berkunjung ke Bali lagi setahun yang lalu, saya ngotot untuk mengujungi Uluwatu. Terima kasih untuk tanteku, sahabatnya serta sepupuku yang berbaik hati mengantar kami ke sana. Benar-benar tidak mengecewakan, bahkan Uluwatu tampak lebih indah dari yang aku ingat! Meskipun seekor monyet raksasa yang bertengger di pembatas tebing tampak setiap saat seperti hendak melompak ke atas kepalaku, kami benar-benar puas dengan keindahan sunset ajaib ini. Merah tua, oranye, kuning, dan biru mendominasi angkasa. Siluet dari pura dan tebing tampak luar biasa. Jauh di bawah sana, ombak berdebur-debur menabrak dinding karang. Sempurna!

Sunset di balik Sydney Opera House, New South Wales, Australia

Sunset in Sydney Opera House, NSW, AustraliaBiasanya sulit untuk melihat sunset di tengah kota karena tertutup oleh gedung-gedung pencakar langitnya, namun lain halnya dengan Sydney. Di Sydney, kamu bisa melihat sunset indah dari pusat kota dengan begitu gampangnya. Sore itu, aku berada di Sydney Royal Botanical Garden, tempat favoritku di kota besar ini. Garden ini sendiri sangat luar biasa, bukan karena floranya saja, namun juga faunanya. Di garden di tengah kota ini, banyak kakaktua liar berjambul kuning sulfur tinggal. Tak ketinggalan juga Ò€œflying foxÒ€, yang boleh diterjemahkan sebagai Ò€œrubah terbangÒ€, namun sesungguhnya adalah sejenis kelelawar besar yang berwarna kemerahan (menurutku sih cantik sekali kelelawar ini). Anyway, dari garden ini pula, kamu bisa menikmati matahari tenggelam di balik 2 simbol utama kota Sydney dan Australia: Sydney Opera House dan Sydney Harbour Bridge.

Sunset di Santorini, Yunani

Sunset in Santorini, GreeceKecantikan sunset yang satu ini benar-benar membius kami. Misterius! Lihat perpaduan sinar matahari pada awan berarak di langit dan siluet dari anak pulaunya yang luar biasa. Sudah pernah mendengar tentang Santorini? Santorini adalah sebuah kepulauan di Laut Mediterania, Yunani, yang merupakan kawah volkano dengan anak pulau kecil ditengahnya. Bingung? Bayangkan saja Pulau Krakatau. Santorini ini sangat termahsyur dengan rumah-rumahnya yang berdinding putih, gereja ortodoksnya yang berkubah biru, yang membentuk kota bertingkat berwarna putih-biru menghadap ke kaldera luas yang terisi air laut. Pantainya fantastik dan sunsetnya ajaib. Tidak heran sunsetnya begitu terkenal, memang sangat mencengangkan. Tapi melihat sunset yang satu ini ada pengorbanannya juga lho, bagiku. Kami harus turun ke kapal setelah matahari tenggelam. Ratusan anak tangga yang licin harus kami lalui dalam keremangan senja. Licin? Licin akan kotoran puluhan keledai yang setiap hari mengangkut turis naik turun tangga ini. Dan sialnya, aku jatuh di tangga tersebut! Dengan pantat mendarat pada kotoran keledai! Ah… sial!!! (Hubby, bantuin daku dong, jangan ketawa aja!)

Sunset di dekat Murray-Sunset National Park, Victoria, Australia

Sunset near Murray Sunset National Park, Victoria, AustraliaKalau kalian juga suka yang satu ini, bisa download gratis fotonya sebagai wallpaper lho! Klik di sini.

Sunset di Australia memang luar biasa indahnya. Di atas saya sudah tunjukkan sunset dari provinsi Queensland dan NSW, yang ini adalah sunset dari provinsi Victoria (itu lho, yang ibukotanya adalah Melbourne). Waktu itu kami sedang ber-roadtrip-ria mengendarai campervan kami dari Sydney ke Ò€œMurray-Sunset National ParkÒ€, sebuah desert national park yang banyak danau-danau asin merah-mudanya yang aneh nan menakjubkan. Belum pernah dengar tentang tempat ini? Bahkan kawan-kawan dari Sydney dan Melbourne pun tidak tahu keberadaan national park ini, atau danau-danau pinknya itu. Tapi dasar saya, selalu inginnya ke tempat yang aneh-aneh secara geologis (dan juga dari segi pemandangannya), jadi saya ngotot sekali ke sana. Tadinya saya ingin melihat sunset di dalam national park tersebut, namun sebelum sampai di dalam, matahari sudah keburu turun. Sudah di sampingnya sih, cantik deh sunsetnya. Spontan kami berhenti di pinggir jalan dan menikmati pemandangannya dulu.

Ayo voting yuk! Tulis pilihanmu di kolom comment:

  1. Dari sunset di atas, mana yang paling kamu suka?
  2. Dari pengalamanmu, di mana sunset favoritmu? (boleh lebih dari 1)

Tags: , , , , , , , , ,

41 Responses to “Cerita di Balik Beberapa Sunset Terindah di Dunia”

  1. ansella males login
    9 February 2011 at 3:59 pm #

    aku suka yang Yunani mba πŸ˜€ kirim dong kirim sunsetnyaaaa…
    ‘dikeplak ransel’

    • Dina
      9 February 2011 at 4:25 pm #

      ntar gosong semua di situ, mataharinya rada panas nih!
      ‘dikeplak matahari’

    • Rizky Griffitkidz
      4 October 2013 at 10:35 am #

      semuanya gan i love … kapan” ajak gw yah gan… hehehe πŸ˜€

  2. ansella males login
    9 February 2011 at 4:37 pm #

    di sini mataharinya kropos, keseringan diskon ;p ‘dikeplak yang punya matahari’

    • Dina
      9 February 2011 at 4:51 pm #

      emang tulang, bisa kropos…, harusnya sinar matahari membantu pembentukan vitamin D yang berguna untuk mencegah tulang keropos, bener gitu ndak?
      ‘dikeplak tulang’ -> yang ini bener2 sakit

  3. nonofans
    9 February 2011 at 5:08 pm #

    Aku suka yang terakhir! πŸ˜€
    Bagus, siluet pohonnya cantik.
    .
    Rasanya ga pernah memfoto sunsite atau sunrise, paling sering ngelihatinnya aja, hehe.
    .
    Oiya, ini pakai jenis kamera apa mbak?

    • Dina
      9 February 2011 at 5:25 pm #

      Pohonnya cantik ya! pohon2 di Australia cantik2 emang πŸ˜€
      Pake kamera biasa banget lho, kamera saku. Olympus 850SW. Yang kami beli pada dasarnya karena waterproof, shockproof, dan kecil.
      Iya, aku ya baru setahun-dua tahun ini aja motret sunset. tadinya aku pikir harus pake camera SLR.

      • nonofans
        9 February 2011 at 7:18 pm #

        Ih, yang benar mbak?
        Oh, begitu ya. Makasih infonya ya mbak, saya punya rencana beli camera digital tapi nyari info dulu, hehe πŸ˜€

        • Dina
          9 February 2011 at 11:19 pm #

          Yup, asli, warna biru cerah lagi, kamerannya πŸ™‚

  4. finda
    10 February 2011 at 8:17 pm #

    fave sunsetnya sih uluwatu! hehehe..
    i’m agree that uluwatu has the best spot to watch sunset πŸ™‚
    masih inget duduk di tebing trus sepanjang mata memandang cuma ada laut sama pantai. keren banget! πŸ™‚
    but my most desired place to go is santorini! πŸ˜€

    • Dina
      11 February 2011 at 2:21 pm #

      Betul, bahkan monyet2nya nambah asyik aja, jadi tantangan gitu.
      I hope someday you will go to Santorini, very lovely place πŸ™‚

  5. syafiuddin
    29 March 2011 at 4:46 pm #

    salam kenal
    hoki bgt tuh dpt sunset di yunani dgn efek awan yg ajib bgt

    • Dina
      30 March 2011 at 10:43 am #

      Iya, bener2 beruntung, komposisi awannya pas banget!

  6. zam
    9 April 2011 at 11:42 pm #

    woh.. soal sunset, emang relatif mudah diambil gambarnya, karena memang warna langitnya begitu cantik..

    pengalaman saya yang berkesan pas adalah motret anak krakatau dari tengah laut.. πŸ˜€

  7. greeny
    31 May 2011 at 5:29 pm #

    woooww..amazing view.. πŸ˜€
    itu motret sendiri mbak?
    hebat.. πŸ˜†

  8. nathalia
    31 January 2012 at 10:50 am #

    saya suka yang santorini Mba πŸ™‚

  9. fiberia
    20 March 2012 at 6:59 pm #

    Blogwalking dan ketemu blog ini…Keren, deh. Nanti kalau senggang dibuka2 lagi ceritanya satu2. Santorini yang biru kalau pagi bisa merah juga ya? Ok, deh, salam kenal ya.

    • Dina
      8 April 2012 at 8:03 pm #

      Salam kenal, semoga enjoy baca blog ini ^^
      Iya, merahnya kalau sunset, merah keemasan πŸ™‚

  10. Kanjeng Dewi
    24 March 2012 at 8:20 am #

    tetap yang saya suka yg di Uluwatu itu. Tetapi saya pernah sampai betul2 terpana ketika menyaksikan sunset di Pantai Rateng Garo, Sumba Barat Daya, Ntt. That’s amazing place in the world!

    • Dina
      8 April 2012 at 7:58 pm #

      Semoga one day kami bisa ngunjungi Pantai Rateng Garo juga πŸ˜€

  11. Alfira
    29 March 2012 at 9:16 pm #

    a) sepertinya saya lebih suka yang di bali. panasnya bisa ditebak walaupun saya bukan tinggal di bali. love indonesia deh hehe
    b) dulu saya sering ber-sunset di balkon rumah. sekarang sudah jarang, sudah sibuk, terus malas. tapi melihat foto-foto sunset di atas, saya jadi kangen.. balkon rumah is the best place~ oya selain itu saya pernah menyaksikan sunset di pantai anyer. cukup keren! πŸ™‚

    • Dina
      8 April 2012 at 7:53 pm #

      Asyik banget kalo bisa lihat sunset dari balkon rumah! Pas di Yunani dan Australia dulu, kebetulan kamar menghadap ke arah sunset. Semoga mata ini ga menjadi rusak karena terlalu sering dipakai begitu ^^.
      Iya, sunsetnya yang di Uluwatu Bali cantik banget ya, seluruh langit jadi berwarna pink dan oranye dan biru (sementara monyet2 berusaha mencuri kacamata saya)

  12. Baktiar
    1 April 2012 at 12:28 pm #

    Aku suka sunset yang di Murray-Sunset National Park… hutannya terasa banget

    • Dina
      8 April 2012 at 7:49 pm #

      Makasih ^^

  13. ati
    20 June 2012 at 12:55 am #

    uluwatu cantik, suka gradasi warnanya.
    sunset terindah yang pernah kusaksikan di promthep cape phuket…

  14. vyni
    11 July 2012 at 7:07 pm #

    baru gabung neh n salam knal yaa,, bagus bgt ni blog’x aq suka n langsung ku bookmark.. πŸ˜‰ kbetulan suka jg ma traveling.. foto” sunset’x jg bagus.. kl aq suka yg uluwatu n sydney opera house.. ngalamin liat sunset @pantai Lombang, Sumenep-Madura… ^__^ skr Dina lg ada dimana..??

    • Dina
      18 July 2012 at 3:39 pm #

      Salam kenal! Makasih pujiannya, aku suka banget sunset, semoga mata ga terbakar ^^
      Sekarang lagi berada di tepi Danau Okanagan, BC Canada πŸ™‚ Cantik di sini, dan sedang musim ceri! Tiap hari makan ceri segar nih, hehe

  15. Nini
    7 August 2012 at 1:21 pm #

    srg blogwalking tapi baru kali ini nemu travelblog ini, langsung aku blogroll deh *emang selama ini kemana aja?? *ditoyor mba dina -__-
    sama mba, aku jg suka bgt sunset & sunrise.. tp males ngejar sunrise (ogah2an bangun paginya), terakhir dpt sunrise di lembah sikunir, dieng *blm diposting sih tapi πŸ™
    klo suruh milih, aku lebih suka yg Uluwatu, adem liatnya. tapi, btw aku jg pnh dibuat tertakjub-takjub sama sunsetnya Kupang. Langitnya indah bangeeett *meleleh*

  16. Ferry
    13 August 2012 at 8:32 pm #

    Baru tau juga nih ada blog kaya gni,mantep deh… Kak Dina tips2 travellingnya mntep banget…
    Kbtulan juga lgi brniat backpaker an sambil hunting view ke tmpt2 yg bgs…
    Klo lgi di indo bisa ke Pantai Parai di Bangka kak,recomended bgt tuh pantai… :))

  17. lisa
    13 February 2013 at 12:49 am #

    Kak aku suka sanset punya bAli

    • Dina
      16 February 2013 at 10:12 am #

      aku juga X)

  18. ayugusty
    4 July 2013 at 6:46 pm #

    gila mbaaaa sunset di victoria keren abisss πŸ˜€

  19. Dea
    17 December 2013 at 9:49 pm #

    Aku suka yang di Uluwatu kak! Kalo dari pengalamanku, aku suka sunset pas lagi di Karimun Jawa πŸ˜€
    @dearahmatia

  20. andina rahayu
    18 December 2013 at 7:49 am #

    Santorini aku (sangat) sukaaaa! Dan I wish to go there. Entah kenapa itu kepulauan dan negaranya juga berkesan mistis banget :3 sunset favoritku sejauh ini, bukit Sikunir,yg terletak di desa tertinggi pulau jawa (saya lupa namanya) daerah Dieng πŸ˜€

    @andinarahayu

  21. Anggi
    6 November 2014 at 8:15 pm #

    keren….sumpah keren, sunset dan sunrise memang selalu menjadi moment yg ditunggu-tunggu.. πŸ™‚

    • Dina
      25 February 2015 at 8:15 am #

      sama deh, hehehe πŸ™‚

  22. sefry
    7 November 2014 at 12:54 pm #

    aku suka yg di yunani.

    • Dina
      25 February 2015 at 8:14 am #

      πŸ™‚

  23. kaktus
    17 December 2014 at 1:15 pm #

    romantisme itu bernama senja…edisi kangen k dina bingitzzz

  24. jufrih
    25 January 2015 at 12:38 am #

    mbak…. saya punya foto2 pas sunset di gunung panderman …. menurut teman2ku si katanya bagus. tapi aku ingin bagaimana pendapat mbak tentang fotoku itu. mbak kan fotografer hebat jadi bisa menilainya. kalau bisa saya minta email mbak dina. ntar saya kirim lewat emain. bolehkan mbak ?

  25. jufrih
    25 January 2015 at 12:39 am #

    ini alamat email saya mbak [email protected]

Leave a Reply