Merayakan Australia Day di Sydney

Hari begini setahun yang lalu, kami kebetulan berada di Sydney tepat pada saat Australia Day, hari kebangsaan negara Australia. Sama halnya dengan hari kebangsaan Indonesia, 17 Augustusan, yang heboh di negara kita, di Australia pun, hari ini dirayakan secara besar-besaran. Hanya saja saya tidak berhasil menemukan perlombaan makan kerupuk. Seandainya ada pasti saya langsung daftar jadi peserta, apalagi kalau kerupuknya boleh dituangi kecap manis dulu!

Ingin tahu bagaimana rupa kota Sydney pada hari kebangsaan? Ayo ikuti foto-foto berikut ini!

Di malam sebelumnya, kami sempat jalan-jalan ke Darling Harbour yang merupakan salah satu pusat hiburan utama di pusat kota Sydney. Panggung hiburan di atas air sedang dipersiapkan untuk acara keesokan hari.

Panggung gembira di Darling Harbour, Sydney

Persiapan panggung gembira untuk hari kebangsaan, di Darling Harbour, Sydney

Beberapa gedung pencakar langit di sekita pelabuhan disinari spotlight warna pink di malam itu. Sori, gambarnya buram. Tapi ini salah satu foto favoritku di Australia Day’s eve. I think they were really cute!

Gedung Rabobank disinari lampu merah muda

The pinky buildings!

Akhirnya pagi pun tiba. Katedral St. Mary adalah gereja di Sydney yang menurutku paling cantik. Di samping gereja ini, terletak Hyde Park yang penuh sesak dengan warga setempat dan para turis. Banyak yang bersenang-senang, tapi ada yang sudah mabuk di siang hari, karena memang pada jam segitu, bir telah dijual.

St. Mary Cathedral in Australia Day, Hyde Park, Sydney

Katedral St. Mary dan Hyde Park yang penuh ramai oleh orang-orang yang merayakan Australia Day

Berikutnya adalah Archibald Fountain di Hyde Park, salah satu air mancur tercantik di Sydney karena banyak patung-patung dari mitos Yunani/Romawinya plus berlatar belakang Katedral St. Mary. Di hari kebangsaan, baju bertema bendera Australia lumayan ngetren. Ada celana pendek, kaos, dan topi bertema bendera, bahkan celana renang pria dan bikini! Di foto terlihat ada 2 anak muda yang mengenakan jubah bendera. Apakah kalian penasaran dari manakah bendera besar dan baju bendera begini didapat? Sepertinya di Indonesia, jarang sekali saya melihat benda-benda bertema bendera kebangsaan begini dijual di pertokoan. Namun di Sydney sini, di toko-toko suvenir ternyata banyak sekali!

Air mancur Archibald di Hyde Park

Air mancur Archibald di Hyde Park, dengan dua cewek berjubah bendera Australia. (Eh, yang kiri tuh cewek atau cowok ya...)

Pameran mobil kuno pun tak ketinggalan. Para mobil yang dipamerkan adalah koleksi pribadi dari para anggota klub-klub pencinta mobil vintage. Saya suka yang ini. Pasti keren rasanya kalau boleh ikut naik!

Car show: mobil kuno

Show mobil kuno vintage

Dan akhirnya yang telah ditunggu-tunggu datang juga, the Australia Day Fireworks! Acara kembang api dibuka dengan parade kapal layar berlampu, cantik sekali. Coba dilihat di foto di bawah ini. Tampak banyak sail cantik berwarna biru dan pink keunguan di pelabuhan.

Parade kapal layar berlampu hias di Darling Harbour, Sydney

Parade kapal layar berlampu hias di Darling Harbour, Sydney

Pertunjukan kembang api di Sydney ini termasuk yang paling menakjubkan yang pernah saya lihat. Skalanya benar-benar luar biasa. Di pusat hiburan Darling Harbour, yang kebetulan dekat dengan penginapan saya, kembang api diadakan kurang lebih 1-2 kali per bulan. Namun kembang api di hari nasional ini jauh lebih spektakuler dibanding dengan kembang api perayaan-perayaan kecil.

Kembang api Australia Day di Darling Harbour, Sydney

Kembang api Australia Day di Darling Harbour, Sydney

Bagi yang kurang terkesan dengan foto kembang api di atas, ingin saya tekankan di sini kalau kembang api ini besar dan tinggi sekali, dan berlangsung selama sekitar 10 menit penuh! Sebagai bandingan, gedung Hotel Novotel yang berada di sebelah kiri, yang tampak lebar dengan lipit lampu keemasan, adalah gedung dengan kurang lebih 16 lantai!

Hotel Novotel di Darling Harbour, Sydney

Hotel Novotel, kurang lebih 16 lantai!

Bisa bayangkan skalanya sekarang?

Yang paling hebat adalah pada saat penutupan kembang api. Berbagai kembang api dinyalakan berentetan, sangat meriah. Kembang api dari pelabuhan saja tidak cukup rupanya, harus ditambah dengan kembang api dari atap gedung-gedung pencakar langit di sekitarnya. Luar biasa!

Kembang api Australia Day di Darling Harbour, Sydney.

Kembang api Australia Day di Darling Harbour, Sydney. Perhatikan kembang apinya ada yang dinyalakan dari puncak gedung-gedung pencakar langit!

Bisa dibayangkan mulut saya menganga sepanjang waktu!

Dengan berakhirnya pesta kembang api, perayaan Australia Day telah usai! Semoga kalian dapat turut menikmati apa yang kami liat dengan foto-foto di atas!

What do you think? Lempar pendapat dan kesan anda di kolom komen di bawah ini!

Tags: , , , , ,

5 Responses to “Merayakan Australia Day di Sydney”