Pulang Kampung Dadakan

Cobra in Jemaa el-Fna, Marrakesh, Morocco

Dipelototin ular kobra selagi berkalung 2 ekor ular di Jemaa el-Fna, Marrakesh, Maroko. Mana nih pawang ularnya?

Pulang kampung dadakan

Keputusan terburuk yang saya ambil di hari keberangkatan itu adalah mencuci baju di wastafel. Maklum, tidak menyangka akan pulang kampung saat itu. Alhasil, saya terpaksa memasukkan baju semi basah ini di kantung, dan menjemurnya kalau ada kesempatan di bandara sewaktu transit. Akhirnya kering juga sih, hehehe…

Pantai Agadir, Maroko

Pantai Agadir, Maroko

Proses beli tiket internasional Agadir (Maroko) – Jakarta (Indonesia) berjalan dengan cepat lewat internet, meskipun salah satu kartu kredit kami sempat terblokir karena belum lapor kalau kami berada di Maroko. Beberapa jam kemudian, kami sudah duduk rapi manis di pesawat terbang. Akhirnya, setelah mata terbuka selama kurang lebih 24 jam, kami bisa tidur. Perjalananan Agadir-Jakarta makan waktu 30 jam, dengan transit di berbagai negara yaitu di Maroko sendiri, Tunisia, dan Qatar. Di Jakarta sampainya sudah tengah malam, sempat tidur 3 jam, subuh-subuh langsung berangkat ke Surabaya. Dari Surabaya, masih naik mobil ke Ngunut (dekat Blitar) selama beberapa jam. Perjalanan panjang! Tapi saya benar-benar bersyukur atas keputusan pulang saya kali ini.

Pulang Kampung Dadakan

Di dekat Blitar, Jawa Timur

Ya, kami sudah hidup mengelana sebagai backpacker around the world dan digital nomad selama lebih dari 2 tahun lamanya. Bukan seperti kebanyakan traveler lain yang sering pulang-pergi ke hombasenya (aka kampung halaman), namun kami merambat dari 1 negara ke yang lain tanpa bolak-balik kampung halaman. Namun terkadang kami pulang kampung juga, bersifat sementara saja.

Termasuk yang sekarang, kami sudah sempat pulang kampung 3 kali. Akhir tahun 2009, kami balik ke Surabaya selama 2 minggu untuk temu kangen sama anggota keluarga, karena kami kebetulan berada di Australia yang tidak terlalu jauh. Awal tahun 2011, kami pulang ke kampungnya suami di Kanada selama 2 bulan. Selain temu kangen dengan keluarganya, suami sekaligus hendak memulai bisnis dengan saudaranya, sesuatu yang bisa dibina lewat internet sehingga kami bisa menjadi digital nomad berpenghasilan cukup (baca: 10 tips mendanai traveling jangka panjang). Dan sekarang ini kami pulang kampung ke Indonesia, mungkin selama 1-2 bulan lamanya, sebelum kami beranjak kaki lagi. Psst… mumpung kami lagi di Indonesia, ada yang mau berjumpa (meet and greet) nggak? Kalau iya, ikut obrolannya di Facebook ya!

Mengenai lokasi traveling kami, yang sudah kami pernah jelajah secara garis besarnya adalah Eropa Barat, Mediterania, Australia, Selandia Baru, Amerika Utara dan Tengah, Karibia, Afrika Utara, Turki, dan Jepang. 35 negara resmi, dan berbagai overseas territory seperti Gibraltar dan negara konstituen seperti Aruba dan Curacao.

Warung teh di pinggir sungai di Ngunut

Warung teh di pinggir sungai di Ngunut

Jadi, setelah pulang kampung ini, akan traveling di mana kah kami?

Bulan Agustus ini kamu harus menghadiri sebuah acara di Kanada, jadi sayangnya di Indonesia hanya bisa sampai Juli saja. Kurang luas waktunya untuk mengeksplor negara kita yang sangat kaya raya akan keindahan alam, flora dan fauna, serta kebudayaan yang eksotis. Namun setelah acara pernikahan usai, dunia terbentang di depan kami.

Salah satu cita-cita saya adalah pergi ke Antartika. Namun ekspedisi ke sana sangatlah mahal, itu kami simpan buat masa tua kami saja, nanti kalau sudah lebih berduit :)

Yang saya paling penasaran saat ini justrulah Asia termasuk Indonesia! Karena saya berasal dari sini, namun belum sempat ke mana-mana kecuali Jepang, Turki, Singapore, dan Uni Emirat Arab. Bahkan Indonesia saja, saya masih belum ke banyak tempat. Paling hanya putar-putar Jawa, Bali, dan Manado. Kawan saya asal Australia saja, Adam, justru sudah mengenal pelosok pedalaman nusantara, sampai bicara bahasa Indonesia saja sudah cukup fasih! Memang dia seorang traveler Australia yang memfokuskan diri pada Indonesia.

Begitulah kawan-kawan, kalau ada ide mengenai lokasi yang wajib dikunjungi, harap berbagi di kolom comment di bawah ini ya. Juga kalau ada yang berminat Meet And Greet!

Ohya, jangan lupa follow kami lewat Twitter (@DuaRansel) dan Facebook (Dua Ransel), supaya tidak ketinggalan kalau ada update baru :). Langganan lewat RSS atau email juga bisa, gratis kok! (Masukan alamat emailmu di bawah ini)

Tags: , , , , , ,

21 Responses to “Pulang Kampung Dadakan”

  1. dyudo
    16 June 2011 at 2:04 pm #

    Welcome home guys,
    Sugeng rawuh ….selamat menginjakkan kaki di Indonesia. Eh ternyata kamu itu kampung halamannya di Blitar toh?! hehehe.
    Btw din, ini sudah masuk musim pendakian yang bagus ke Gunung Semeru. Kalian bisa trekking melintasi taman nasional Bromo Tengger Semeru, ada lautan pasir, danau, savana, edelweiss dan tentunya puncak tertinggi di jawa. Lewat Malang aja, kalo mau diracun sedikit bisa sekaliann ke pesisir selatan. Nyeberang ke Cagar Alam Pulau Sempu, ada laguna dan pantai pasir putih kecil disana…sepi! berdua aja kalian disana. hehehe.

  2. jadhep
    16 June 2011 at 3:30 pm #

    Raja Ampat mbak! :D

  3. harry
    22 June 2011 at 2:19 pm #

    bener kata Dyudo Din, ke lagunanya pulau sempu, been there and great place – kalo masih seperti dulu yah (aku ke sana th 2003-an deh). btw sama neh di Indo cuman Jawa Bali aja hiks secara traveling ke luar negeri lebih murah daripada di Indo-nya sendiri hiks (terutama harga tiketnya tuh).

  4. ansella too lazy to login
    24 June 2011 at 7:12 pm #

    Woalah, tonggone pakde kantorku ne ngono jeng :)

    hayo sinih cepat ke bogor, aku arep ndelok the famous crab style :D

  5. umi
    28 June 2011 at 12:57 am #

    taman nasional komodo
    raja ampat
    takabonerate
    wakatobi
    toraja
    togean island
    ternate tidore
    Sabang dan Merauke
    taman nasional baluran

    itu baru sedikit, hehehe…. gak cukup ya waktunya…

  6. eddie
    27 September 2012 at 6:28 pm #

    Coba ke Danau Triwarna Kelimutu, Taman Laut Riung, Kampung Adat Bena, Kampung Adat Waerebo, Mangarai, dan Pulau Komodo serta Pink Beach-nya…

  7. Bobby
    16 October 2012 at 11:45 pm #

    Telat saya bacanya. Tapi keren..
    Menurut saya, jarang traveler spt kalian berdua, jarang balik-balik ke homebasenya.. hehe
    Usul nih, cita-citanya jgn antartika doang, tapi jelajah nusantara juga kakak. Ga mahal koq hehe

    • Dina
      20 October 2012 at 7:02 pm #

      Hihi, thank you Mas Bobby :)
      Jelajah nusantara itu lebih terjangkau mas, dan memang “akan dilaksanakan” (semoga) dengan segera. Kalau Antarktika itu beda, itu semacam impian. Yang sulit sekali diraih. Belum tentu kesampaian seumur hidup X)
      Kalo mimpi harus yang tinggi-tinggi kan ? :D
      Mas Bobby juga suka traveling?

  8. lindu aji
    21 October 2012 at 12:53 am #

    ealah…aslinya ngunut to mbak??

    • Dina
      21 October 2012 at 3:21 pm #

      Bapak :)

  9. Fahmi
    16 November 2012 at 8:07 am #

    orang ngunut mbak? deket sama rumah saya :D

  10. afan rida
    11 December 2012 at 3:00 pm #

    Banyak banget singgah nya, gak bakaln ada yang ngalahin nih

  11. sief
    3 January 2013 at 2:46 pm #

    travel di indonesia mbak, banyak banget tempat” yang indah di nusantara. saya tunggu artikel selanjutnya tentang perjalanan travel di Indonesia mbak :D

  12. Thre_Tampilang
    26 February 2013 at 12:38 pm #

    di tempat saya (Jember dan sekitarnya) banyak tempat2 indah lo mbak :-) Pantai Papuma, gunung Bromo, gunung Ijen…kalau mau mampir, monggo :-)

  13. M Zainul M
    27 February 2013 at 4:40 am #

    hahaha,, ternyata orang NGUNUT TULUNGAGUNG toh,,, terkenal kopi ijone iku.. hahaha

  14. kasripineri
    23 March 2013 at 11:03 pm #

    hi..ryan & dina salam kenal ya…

    aku kasripineri dari kota pekanbaru-riau
    klo ada waktu singgahlah kekota sangat panas kami ini dan di propinsi tetangga kami juga ada tempat2 eksotis yg wajib kalian kunjungi yaitu propinsi sumatera barat

    aku boleh nanya ngak ????
    selama kalian berada diluar sana pasti banyak melihat wirausaha2 yang lagi populer dinegeri mereka
    aku minta di info in donk….please ya….
    karna saat ini aku lagi dah mulai galau dengan aktifitas dan rutinitas serta target slalu mengikatku,aku pengen bebas seperti kalian…

    jadi aku ingin mandiri terbebas dari aktifitas kantor yang menjenuhkah….kasi tahu ya please… apa sih yg usaha2mandiri orang luar sana yang paling populer,biar aku terinspirasi untuk segera terbebas dari status karyawan sebuah perusahaan

    bantu aku ya
    terima kasih ya atas perhatian serta waktu untuk mau pesan ku ini

  15. Ninoths
    14 April 2013 at 10:40 pm #

    Salam kenaal mba din.. Very inspiring stories u’d ben thruuu… Belum mantep kalo explore indonesia ga lwt sabang n papua… Marii k papua mba…@least jayapura n wamena… Kita escort dee… Hhahaha…. Enaknyaa jd truly travellers, klo blum nenteng buntut nijjj… I hope i could follow ur lead … Fullfill my dreams bout RTW…meski kudu nunggu 2 kiddoz rada gedean dulu…fiuuuhhh

  16. denishaso
    21 October 2013 at 11:08 am #

    ya ampuuun mbak dinaaaa orang ngunut??????? oh my god saya baca keseluruhan blog mbak dina dan ngefans sama perjalanannaya, ternyata tetangga to, saya orang sumbergempol, ya ampun orang tulungagung to,, wah inspire banget ni jadi semangat ternyata dr kampung halaman saya ada orang hebat dan keren kayak mbak dina,,, wah kereeeen menginspirasi banget jadi semanagt ni, mbak dina aja bisa kenapa saya g bisa,,,!!

  17. Muh. Akbar (@indonesianholic)
    17 December 2013 at 10:56 pm #

    Oh baru tau kalo aslinya mba Dina dari Ngunut, Blitar.
    Indonesia memang Indah.
    tak ada yang meragukan keindaha Indonesia.
    Saran Tempat:
    Pulau Weh
    Danau Toba
    Mentawai
    Teluk Kiluan
    Karakatau

    Pangandaran
    karimun Jawa
    Bandung
    Bromo
    Jogja

    Bali
    Lombok
    Flores

    Makassar
    Takabonerate
    Rammang-Rammang
    Tanjung Bira
    Toraja

    Kakaban
    Derawan
    Pasar Terapung Banjarmasin

    Mollucas
    Ora
    Jaiololo

    Raja AMpat
    Teluk Sentani
    Puncak Tertinggi Indonesia Cartenz

    INDONESIA,

    #kartuposDuaRanselAngkorWat

    @indonesianholic

  18. Caderabdulpacker.com
    18 December 2013 at 10:37 pm #

    AYo Ke Lombok mbak,..disini banyak pantai-pantai eksotis. ngak bakal rugi. penasaran tuh liat foto-fotonya di blog sya

    • Dina
      30 December 2013 at 7:11 pm #

      ayoooo, kapan ya ? :))

Leave a Reply