Toko travel gear

Mengapa beli travel gear khusus? Tidak bawa barang-barang sehari-hari saja?

  • Backpack dan peralatan camping: Kalau yang ini memang tidak ada di dalam kamus kehidupan biasa sehari-hari.
  • Pakaian: Ringan, menyerap keringat, mudah dicuci di wastafel, cepat kering walau hanya dengan dijemur di dalam kamar, tahan lama.
  • Sepatu dan sandal: Jadi backpacker banyak jalannya, jadi tentu saja alas kaki yang nyaman sangatlah penting. Selain do toko travel gear, banyak toko sepatu yang menjual sepatu-sepatu nyaman ini.
  • Peralatan backpack standar: spork (spoon + fork + knife combo), money belts, handuk ringan, pisau lipat, dan pernak-pernik lainnnya, yang tidak biasa ditemui sehari-hari tapi sangat membantu sewaktu traveling.

Di mana saya berbelanja travel gear saya?

Ontario, Canada: Adventure Guide

Saya beruntung bahwa saya sedang berdomisili di Ontario, Canada, pada bulan-bulan saya menyiapkan travel gear saya. Toko travel gear lengkap yang paling dekat dengan tempat tinggal saya adalah Aventure Guide di Waterloo, yang berslogankan “The Most Complete Outdoor Store in Southwestern Ontario”.

USA: REI

Namun sebagian besar barang-barang saya berasal dari berbagai cabang toko REI yang tersebar di berbagai negara bagian di Amerika Serikat. Kalau anda baca forum-forum travel gear internasional seperti di BootsnAll, mungkin anda sudah familiar dengan toko yang satu ini. Banyak yang mengangap toko ini toko travel gear favourit, termasuk saya sendiri. Paling lengkap! Kalau anda sempat berkunjung ke US, sempatkan untuk menengok cabang terdekat toko ini. You will love it!

Universal adapter

Universal adapter: colokan untuk alat listrik dari semua negara, untuk dipakai di semua negara

Internet

Ternyata meskipun saya tinggal di Canada, 2 jam dari US, ada saja barang-barang yang tidak saya dapatkan dari toko setempat, tapi dari internet. Misalnya:

DealXtreme, yang menjual banyak sekali gadget-gadget dari yang biasa hingga yang unik dengann harga sangat miringtermasuk traveling gadget (terutama kalau dibandingkan harga barang di Amerika Utara). Saya membeli universal adapter saya dari toko online ini dengan harga sekitar 5 USD.

Jagbag. Toko online yang satu ini khusus menjual silk sleeping sheet, alias seprei sutra. Mungkin anda bertanya-tanya, ngapain bawa-bawa seprei? Well, terkadang kasur yang disediakan oleh penginapa tidak begitu layak, kadang-kadang seprei tidak disediakan. karena itu banyak sekali backpacker manca negara yang membawa seprei sendiri. Kenapa kok bahannya pilih silk? Karena sangat-sangat ringan dan kecil kalau lipat, sehingga tak menambah beban, selain itu menurut kata orang, bedbugs alias kutu ranjang yang kadang-kadang dapat kalia temukan di kasur penginapan anda tidak bisa menembus bahan kain ini, walaupun bisa menembus bahan seprei biasa.

Paris: Au Vieux Campeur

Di Spanyol dan Portugis di mana saya terdampar selama beberapa bulan, saya tidak pernah menemukan toko travel yang memadai. Karena itu alangkah senangnya ketika saya berada di Paris, hanya beberapa blok ke selatan dari Notre Dame, saya menemukan beberapa blok jalanan yang penuh dengan toko-toko travel gear bernama Au Vieux Campeur ini. Dapat digolongkann sangat lengkap, walaupun agak menjengkelkan karena sangat tersebar di berbagai bangunan, dan anda harus menemukan toko yg tepat untuk barang tertentu. Tidak seperti REI yang semua barang terdapat dalam satu toko cabang.

Di mana anda belanja travel gear anda? Apakah kini sudah banyak toko travel gear di Indonesia?

Tags: , ,

7 Responses to “Toko travel gear”

  1. selebvi
    22 February 2011 at 12:08 am #

    Toko travel di Indonesia menurut aku sudah lumayan, mbak. Cuma aku belum tau pasti apakah lengkap atau ndak barangnya, tapi sudah cukup mudah ditemukan. Kalau aku suka beli travel gear di toko buku. Walaupun harganya lebih mahal sedikit dibanding di toko travel gear, tapi asoy rasanya belanja di toko buku, haha.

    • Dina
      17 February 2013 at 2:39 pm #

      salah satu alternatif tuh!

    • Dina
      20 August 2011 at 2:24 am #

      Thanks infonya!

  2. suzukimobil
    19 October 2011 at 6:27 pm #

    klo untuk perlengkapan travel sepertinya di acc hardware uda cukup lengkap deh….

  3. winkthink
    24 October 2013 at 3:09 pm #

    wah…baru tau kalo sutra gak bisa ditembus bedbugs. Oiya, jagbagnya ternyata sekarang udah dijual dan jadi http://www.terrevistatrails.com/ ya mbak..
    Baru nemu web ini hari ini dari urbanesia, informatif dan bagus banget isinya. Trims yaa..

  4. deffy
    1 November 2013 at 9:04 pm #

    sekarang produsen lokal eiger dan consina sudah lumayan banyak mengeluarkan varian hardware untuk backpacker, yang masih susah dicari itu handuk khusus dan sabun mutifungsi mbak Dina. Semoga produsen di Indonesia terus mengembangkan produk-produk travelingnya dan bersahabat harganya. 😀

Leave a Reply