Tips untuk travel light

Mengapa travel light, alias travel ringan? Supaya bisa jalan jauh dengan backpack dengan nyaman, dan supaya backpack berukuran kecil/sedang saja sudah cukup besar untuk memuat semua barang, dan bisa dibawa sebagai carry-on di penerbangan. Ingat bahwa pada berbagai penerbangan kini, check-in luggage sudah tidak gratis lagi.

  1. Bawa barang seperlunya
    • Sepatu: cukup bawa sepasang sepatu yang nyaman untuk berjalan dan sepasang sandal jepit setidaknya untuk ke kamar mandi. Sepasang sepatu sandal jenis Teva dan kawan-kawan boleh ditambahkan di sini kalau itu selera anda.
    • Pakaian: prinsip saya adalah 1 dipakai, 1 dicuci. Dua celana panjang, 1 celana pendek, 3 tank top, 1 kemeja lengan pendek yang suka saya padukan dengan tank top, 1 kaos lengan pendek, 1 windbreaker alias jaket yang tipis, 1 pakaian renang, 3 pasang kaos kaki dan beberapa potong pakaian dalam, sebenarnya sudah sangat memadai. (Walaupun gara-gara dorongan shopping, kadang-kadang saya sendiri tidak seideal ini!)
  2. Pilih barang yang ringan, kecil, serta multi guna
    • Handuk: Jangan bawa handuk biasa yang tebal, berat, dan sangat makan tempat. Alternatif yang bagus adalah handuk tangan atau wajah dari bahan tipis, atau travel towel yang berukuran sangat mini terbuat dari bahan ringan dengan daya serap tinggi dan mudah kering, misalnya microfiber.
    • Celana panjang: Banyak sekali penggemar celana jeans di dunia, saya salah satunya. Tapi kalau anda mau backpacking jangka panjang, celana jeans dapat berubah menjadi horor. Mengapa? Celana jeans berat dan menghabiskan tempat di dala backpack, dan tidak bisa dicuci di wastafel dan dikeringkan di dalam kamar. Sangat tergantung oleh menemukan mesin cuci koin atau jasa layanan cucian. Saya pilih celana cargo dari toko travel gear yang ringan dan cepat kering, karena saya memang hobi cuci pakaian di wastafel untuk menekan biaya.
    Universal adapter

    Universal adapter: colokan untuk alat listrik dari semua negara, untuk dipakai di semua negara

    • Universal adapter: Karena berbagai negara menggunakan colokan listrik yang berbeda-beda, bawalah adapter. Dan dari pada membawa beragam potongan-potongan adapter, pilihlah universal adapter. Hanya satu potong, bisa digunakan untuk alat listrik dari semua negara, di semua negara. Hanya ingatlah untuk mencocokkan voltase terlebih dahulu.
    • Baju hangat: Untuk daerah summer yang kadang terdapat hari-hari sejuk, dari pada bawa baju tebal seperti sweater, lebih ringan untuk membawa baju-baju yang lebih tipis, namun dipakai berlapis-lapis. Tentu saja silahkan anda sesuaikan dengan cuaca di mana anda berada. Jangan sampai anda kedinginan sewaktu salju turun!
  3. Hindari alat-alat elektronik yang tidak dual voltage
    • Dari pada repot-repot bawa berbagai macam alat elektronik tersebut plus travonya, mendingan barang-barang tersebut ditinggal saja. Sebagai alternatif, carilah barang elektronik yang travel friendly: kecil dan dual voltage.
  4. Barang-barang di bawah ini tidak perlu
    • Hair dryer: makan tempat, dan voltase belum tentu cocok. Kecuali kalo anda bisa menemukan yang berukuran sangat kecil dan dual voltage seperti punya saya, hehe (ukuran terlipat 10x15x3 cm, merk MUJI)
    • Catokan rambut baik pelurus maupun mengeriting. Oke, para cewek, yang ini harus benar-benar dikorbankan.
    • Bantal: Aduh, di penginapan ada kok!
  5. Buku travel guide: apakah perlu?
    • Ini terserah anda, tapi saya menyesal bawa-bawa travel guide book Spanyol dari Lonely Planet setebal 3 cm selama beberapa bulan kami di Spanyol, tapi terlalu sayang duit untuk menyingkirkannya. Ini karena saya sudah membawa laptop, sehingga apa pun yang saya butuhkan bisa saya temukan di internet. Travel book ini serasa menjadi beban. Sejak kami meninggalkan Spanyol, kami tak pernah mebawa travel guide lagi. Guide kami adalah internet (Wiki travel, travel blog, travel forum), brosur-brosur gratis lokal, dan hasil tanya-menanya dengan penduduk lokal yang memberi masukan yang lebih autentik daripada guide book.
  6. Stay tuned untuk Tips travel light #2!

Tags: , ,

16 Responses to “Tips untuk travel light”