Top 10 Pemandangan Alam Spektakuler di Pulau Utara Selandia Baru

Kadang kami ditanya, negara mana yang paling saya suka so far? Selandia Baru! Itu jawaban saya. Secara garis besar, Selandia Baru terdiri dari 2 pulau utama, yang mereka namai secara praktis (atau malas?): North Island dan South Island. North Island alias Pulau Utara adalah yang berada di utara dan South Island alias Pulau Selatan di sebelah selatan tentunya. Gampang kan? Keindahan kedua pulau ini sangat spektakuler, tapi kali ini saya akan fokus ke Pulau Utara dahulu.

Pulau Utara dari Selandia Baru sangat kaya dengan berbagai macam pemandangan alam. Hanya dengan menyetir 1-2 jam antara satu tempat dengan yang lain, kita bisa disuguhi oleh pemandangan alam yang berbeda secara dramatis, namun semuanya luar biasa. Sewaktu di sana, kami sempat ber-road-trip-ria dari Wellington sang ibu kota yang terletak di ujung selatan, ke Auckland, kota teramai di negara ini, yang terletak di sebelah utara. Ini adalah salah satu jalur termudah dan terindah di negara ini.

Tempat-tempat manakah yang menjadi favorit kami? Berikut ini adalah Top 10 kami. Sudah diurutkan dari utara (Auckland) ke selatan (Wellington), siapa tau dari antara kalian ada yang mau mengikuti rute ini.

1. Waitomo Glowworm Caves

Waitomo glowworm caves di Selandia Baru

Waitomo glowworm caves di Selandia Baru (photo credit: waitomo.com)

Apa terjemahannya ya? Gua cacing-bersinar Waitomo? Anggap saja begitu deh. Ini gua, langit-langitnya banyak ditinggali olah cacing yang, umm… bersinar! Warnanya biru elektrik. Cantik sekali. Selain itu, tentu saja stalagtit dan stalagmitnya juga luar biasa. Ada banyak sekali gua di Waitomo, dan untuk aksesnya kalian perlu ikut tur. Ada tur jalan kaki, ada pula tur arung jeram! Kok arung jeram? Iya, di beberapa guanya, di dasar sungai terdapat aliran sungai. Asyik sekali!

2. Geyser Pohutu di kawasan geotermal Whakarewarewa

Geyser Pohutu dari balik pagar

Geyser Pohutu dari balik pagar

Di kawasan geotermal Whakarewarewa di Rotorua, banyak terdapat geyser, dan salah satunya yang paling terkenal adalah geyser Pohutu. Geyser ini menyemburkan air panas setiap jamnya, dengan ketinggian semburan menyampai 30 meter! Harga tiket masuk di kawasan ini cukup mahal, karena mencakup wisata budaya suku Maori. Kawasan ini dikelilingi oleh pagar, namun kalau kalian jeli dan ingin berhemat seperti kami, coba cari celah di pagar, dan nikmati semburan geyser tersebut dari kejauhan seperti yang kami lakukan!

3. Kawasan geotermal Orakei Korako atau Hidden Valley

Lembah tersembunyi Orakei Korako, panas dan berwarna-warni.

Lembah tersembunyi Orakei Korako, panas dan berwarna-warni.

Lembah tersembunyi Orakei Korako ini adalah lembah geotermal yang sangat aktif di antara Rotorua dan Taupo. Permukaan lembah ini tertutup oleh teras putih silika yang rapuh, dan di sana sini terdapat geyser aktif, kolam sejernih kristal yang mendidih, dan kolam lumpur bergolak. Di mana-mana semburan air dan uap panas terlihat dan terasa. Untuk melengkapi kecantikan daerah ini, di sana sini permukaan silika putih tertutup oleh alga geotermal yang berwarna-warni. Buku guide Lonely Planet mendeskripsikan tempat ini sebagai “mungkin kawasan termal yang terbaik yang masih tertinggal di Selandia Baru, dan salah satu yang terbaik di dunia”.

4. Air terjun Huka

Air terjun Huka

Air terjun Huka

Air terjun yang cantik ini terletak tidak jauh dari Danau Taupo. Di sepanjang jalan, ada beberapa tempat perhentian untuk menikmati indahnya air terjun ini dari berbagai sudut. Air terjun dengan aliran yang besar dan kuat ini dikelilingi oleh tebing yang hijau, yang menambah kecantikannya.

5. Bendungan dan jeram Aratiatia

Bendungan Aratiatia selagi surut

Bendungan Aratiatia selagi surut

Beberapa kali tiap harinya, pintu bendungan pembangkit tenaga listrik Aratiatia dibuka untuk melepaskan masa air ke hilir sungai. Pada saat air surut, pemandangan sungai yang nyaris kosong ini sangat indah, menampilkan bebatuan raksasa, tebing sungai dan hijau hutan, dilengkapi dnegan air memercik di sana sini. Ketika pintu bendungan dibuka, seketika aliran deras air meluap ke badan sungai yang tadinya kosong bagaikan air bah. Air sungai menggerung, melaju lepas kendali dengan kecepatan dan kekuatan tinggi, mengisi anak sungai. Fenomena yang menakjubkan!

6. Kawah Bulan

Craters of the Moon

Craters of the Moon

Itu diterjemahkan dari “Craters of the Moon”. Daerah geotermal ini memang tampak seperti kawah bulan, sungguh. Tanahnya gundul, dengan kawah yang agak kemerah-merahan dengan kedalaman mencapai 20 meter yang terbentuk dari letusan hidrotermal. Dari fumarol-fumarol yang tersebar di mana-mana, awan uap air panas terlepaskan. Ditambah dengan bau sulfur yang tajam, tempat ini serasa bukan di bumi. (Meskipun mungkin permukaan bulan tidak beruap sulfur dan kemerah-merahan, ya… Yang sudah pernah pergi ke bulan pasti protes ini!)

7. Danau Taupo

Sunset di Danau Taupo

Sunset di Danau Taupo

Danau Taupo adalah danau terbesar di Selandia Baru. Danau ini sebenarnya adalah kaldera yang terbentuk 26 milenium yang lalu oleh letusan supervulkanik yang maha dasyat.  Ada banyak kegiatan air yang bisa dilakukan di sini, termasuk memancing ikan forel dan naik kapal, namun kegiatan favorit kami di situ adalah menonton matahari tenggelam. Dari foto ini kamu bisa lihat alasannya, sunset di sini sangat indah! Btw, yang ada di foto itu si Ryan yang sedang lagi bermain air, aku jadikan model sekalian!

8. Taman Nasional Tongariro

Gunung Ruapehu alias Mordor

Gunung Ruapehu alias Mordor

Taman nasional ini ditandai dengan 3 gunung berapi yang aktif: Ruapehu, Ngauruhoe, dan Tongariro. Di musim dingin, kawasan ini digunakan sebagai tempat ski, namun pada musim panas, ketika salju tidak lagi berada di atas sana, kita bisa melakukan hiking dan trekking. Pemandangan dari jalan raya ke arah gunung di seberang gurun memang sudah cukup cantik dan unik, tapi kalau kamu punya waktu, sempatkan untuk mengujungi gungung berapi tersebut dari dekat. Luangkan waktu untuk hiking di sana. Oh, btw, gunung Ruapehu dan Ngaurohe ini dipakai di film Lord of the Ring sebagai tempat shooting Gunung Mordor, di mana Sauron berada. Gunung Ruapehu yang sempat kami naiki, permukaannya dipenuhi dengan bebatuan vulkanik yang kemerahan, berukuran raksasa hingga kecil seperti kerikil. Gunung tersebut baru meletus ketika kami di sana. Hampir tidak ada vegetasi sama sekali di dekat puncak, kecuali beberapa bunga rumput yang sangat jarang. Benar-benar layak untuk dijadikan lokasi shooting Mordor. Seketika ilmu norak saya keluar, saya pura-pura jadi Gollum merangkak memanjat bebatuan merah itu, asyiknya, hehe. Untung tidak ada orang lain. Foto akting Gollum menyusul!

9. Sungai Rangitikei

Arung jeram di Sungai Rangitikei

Arung jeram di Sungai Rangitikei

Salah satu sungai paling fotogenik di Selandia Baru! Saking indahnya, Peter Jackson memfilmkan Sungai Anduin dari kisah Lord of the Rings di sini. Di sini kami sempat berarung jeram. Baik level kalian tinggi maupun rendah, pilihan arung jeram tersedia di sini. Selain itu ada pula jet boat dan kayak. Kurang menantang? Cobalah bungee jumping atau flying foxes di Gravity Canyon, jauh di atas sungai ini!

10. Otaki Forks

Otaki Forks

Otaki Forks

Ini adalah salah satu tempat piknik favorit saya! Dari jalan utama Highway 1, ambil Otaki Gorge Road. Ikuti jalan sepanjang sungai Waiotauru yang indah, dan berhentilah di area piknik Boielle Flat. Cari tempat favoritmu di pinggir sungai. Pemandangannya? Lembah sungai yang sangat cantik dan hijau di sekelilingmu! Amati pohon pakis raksasa peninggalan jaman dinosaurus. Setelah makanan turun, sempatkan jalan-jalan di hutan. Melalui jembatan gantung, sebrangi sungai dan ikuti berbagai track yang tersedia. Pemandangan dari ketinggian ke arah garpu sungai sangatlah indah.

Bagaimana menurutmu? Semoga ini menjadi inspirasi untuk berbackpack di Selandia Baru. Tuliskan kesan dan pesan anda di bagian Comment!

Catatan: Semua foto di atas adalah hasil jepretan sendiri, kecuali foto Waitomo Cave, yang kami ambil dari CD yang kami beli dari penyelenggaran tur dan Waitomo.com, berhubung fotografi tidak diijinkan selama tur arung jeram.

Tags: , , , , , ,

10 Responses to “Top 10 Pemandangan Alam Spektakuler di Pulau Utara Selandia Baru”

  1. Jill - Jack and Jill Travel The World
    29 January 2011 at 3:39 am #

    Eeeeek, that’s a very pretty sunset…

    • admin
      29 January 2011 at 5:07 am #

      Jill, so happy you come here!
      Iya, and Ryan pinter ya jadi model!

  2. lusia
    30 January 2011 at 2:34 pm #

    wowowowww…! Cantiknyaaa… Suka banget liat gambar air terjun huka n ‘mordor’nya
    Jgn lupa, kunanti foto gollum mu lol

    • admin
      30 January 2011 at 4:06 pm #

      huka fallsnya cantik, and serem kalo ngebayangin jatuh di situ!

      ini belum pede nampilin foto mordor, norak banget, hahahah

  3. Indrawati
    3 January 2012 at 10:34 am #

    Terima Kasih atas sharing foto2 dan kisah perjalanannya. Sangat bagus. Kami memang berencana tahun ini jalan by road rent a car from Wellington to Auckland kira2 butuh waktu berapa jam dan sebaiknya berapa hari , thanks banget dan kami tunggu advisenya. kalo boleh sekalian tanya kami harus menginap dimana saja. kami pergi bertiga. Salam

    • Dina
      26 January 2012 at 11:33 am #

      Wah, ikutan excited nih!!! Sebenernya Auckland ke Wellington ga jauh, mungkin sehari juga nyampai. Itu kalau ngga berhenti, tapi ga berhenti ga mungkin, haha. Seminggu kayaknya cukup mantap, walaupun kalau mau lengkap, seminggu sih nggak cukup. Bakal ke South Island juga ngga?

      Kalau bertiga, aku sarankan road trip naik campervan. bisa kok satu arah. Ambil mobil di Auckland, kembalikan di Wellington. untuk tidurnya, bisa tidur di campervannya situ (kalau untuk 3 orang, biasanya dikasih tenda kecil. 2 orang cukup di dalam mobil, sisanya bisa di luar. atau kadang tendanya bisa dipasang di atap. naik campervan bisa ke mana saja dan piknik di mana saja. Aku dulu North Island pake mobil biasa (ga dapet campervan), jadi terpaksa nginep di motel, dan ga tau situasi toilet umumnya. Kalau di South Island, banyak toilet umum dan toiet alam. Mandinya di pemandian air panas umum (baik south dan north island ada). Campervan ada kompornya, jadi bisa masak.

      kalo nyewa campervan dan ingin pake fasilitas kamar mandi dll yang lumayan (tapi tetap tidur di mobil dan tenda), ke campground aja. bertebaran di mana-mana di NZ. lebih murah dari motel. Bisa parkir, kosongkan isi limbah kamar mandi, masak2, mandi2, colokin listrik (jadi misal bisa pake laptop semalaman tanpa takut cadangan listrik habis).

      Rotorua paling terkenal untuk para turis, otomatis semua mahal. akomodasi mahal, tempat wisata mahal (ga tanggung2, karcis masuk bisa 40 dolar, gila bgt). Jadi kami ngehindarin tempat itu. Taupo ga jauh dari Rotorua, kami pilih nginap di situ.

      Salam hangat dari Filipina!

  4. Ardha Prasetya
    5 February 2013 at 9:53 am #

    ini tempat yang saya kagumi setelah nonton Lord of The Ring,,,
    Mauuu bangeeetttt kesanaaaaaa

  5. Sofia
    15 February 2013 at 1:08 pm #

    Mbak, salah satu nama gunungnya Ngauruhoe..
    Dan Huka Falls emang top banged..!!!
    Salam kenal :)

    • Dina
      16 February 2013 at 10:11 am #

      makasih koreksinya, langsung dibetulin :)

  6. Zanni
    26 January 2014 at 3:46 pm #

    Mbak Dina , dg bepergian terus menerus dg suami adakah keinginan utk menulis ttg pengalaman dan masalah hubungan suami istri, masalahnya khan jalan terus bersama tentunya ada persoalan atau malah tambah solid? Mungkin ditulis di majalh femina dll.

Leave a Reply