Kopi Joss – Kopi Arang Khas Yogyakarta [Interview Video]

Coba bayangkan, segelas kopi panas…. eh, ada arang mengapung di permukaannya! Eh, apaan nih?

Coba sentuh arangnya pakai jari ah…. Auww!! Panas!!

Ya! Inilah yang dinamakan KOPI JOSS! Kopi panas, kuat dan manis, dengan sebongkah arang membara mengapung di permukaannya.

Pertama kali dibuat oleh Lek Man (Pak Man) di Jogja pada tahun 60-70an, dan sekarang merupakan minuman terkenal dari kota keraton ini. Ketika kami berkunjung ke angkringan (kedai) Kopi Joss Lek Man untuk merayakan ulang tahunku, kami sempat berbincang-bincang dengan Pak Alex yang kini menggantikan Lek Man menjual kopi karena faktor usia.

Pak Alex baik banget deh. Beliau menceritakan bagaimana awal mulanya kopi joss diciptakan oleh Lek Man. Beliau juga menjelaskan khasiat kopi arang ini dalam meredakan berbagai gangguan perut, dan memperagakan cara membuatnya. Bagian favoritku adalah ketika arang dimasukkan ke dalam gelas kopi. Arang tersebut masih merah membara, langsung dari tumpukan arang menyala yang digunakan untuk menjerang air. Kemudian selagi merah-merahnya, arang ini dicemplungkan ke dalam segelas kopi. Kontan si arang marah memberontak, memprotes dengan desisan JOSSSSSSSSS-nya!! Hehehe…

Penasaran? Simak saja video interview kami dengan Kopi Joss Lek Man!

ƂĀ PS: Ayos dan Bandeng, senang sekali kebetulan ketemu kalian di sana! Ayos, thanks untuk traktiran ultah dan majalan JalanJalan-nya!

 

Tags: , , , , , , ,

6 Responses to “Kopi Joss – Kopi Arang Khas Yogyakarta [Interview Video]”

  1. kantong plastik
    18 October 2011 at 6:02 pm #

    temenku pernah nih, waktu lagi ngopi-ngopi disini, dia dengan lugunya nanya “ini minumnya gimana?”
    ada satu orang temen yang iseng malah bilang, “digigit, ta!”
    eh, beneran digigit sama dia. trus pake acara ngomong “enak juga yaa..”
    ahahah.. kita yang ngebohongin malah jadi bengong. padahal kan cuma bohong.
    kopi joss ini memang salah satu yang unik mbak di jogja. malah ada lagi yang terbaru buatan temenku, arabasta namanya, kopi sumatera yang divariasikan dengan tahu. lucu deh, šŸ™‚

  2. Syafiuddin
    19 October 2011 at 2:50 am #

    kayakny waktu itu lek man sakit perut dan kehabisan obat norit tuh, karena warna arang sama dgn norit trus dicoba eh sembuh sakit perutnya…dan pada kenyataannya memang norit dan arang adalah karbon aktif penetral racun….*itu ceritaku mana ceritamu hehehe…

    btw warna arangnya pink keputihan ya?sepertinya bukan arang kayu apa arang briket mba?

  3. suzukimobil
    19 October 2011 at 6:40 pm #

    hmm….pastinya abis minum kopi arang gigi rada item yah mbaa……

  4. Nila Lazuardi
    30 March 2012 at 10:38 am #

    melek donk kalo dikasih arang panas gt šŸ˜€

    • Dina
      8 April 2012 at 7:50 pm #

      apalagi kalo arangnya keminum pas masih membara. Eh!

  5. Mandira Baruga (Purawisata)
    31 October 2014 at 3:23 pm #

    Kopi joss memang salah satu kuliner unik di Jogja…artikelnya keren šŸ™‚

    oh iya..kalau ke Jogja jangan lupa menyaksikan sendratari Ramayana Ballet di Mandira Baruga (Purawisata)..pentas setiap malam jam 20.00-21.30
    visit : http://www.amazingramayanaballet.com

Leave a Reply