Kopi Joss – Kopi Arang Khas Yogyakarta [Interview Video]

Coba bayangkan, segelas kopi panas…. eh, ada arang mengapung di permukaannya! Eh, apaan nih?

Coba sentuh arangnya pakai jari ah…. Auww!! Panas!!

Ya! Inilah yang dinamakan KOPI JOSS! Kopi panas, kuat dan manis, dengan sebongkah arang membara mengapung di permukaannya.

Pertama kali dibuat oleh Lek Man (Pak Man) di Jogja pada tahun 60-70an, dan sekarang merupakan minuman terkenal dari kota keraton ini. Ketika kami berkunjung ke angkringan (kedai) Kopi Joss Lek Man untuk merayakan ulang tahunku, kami sempat berbincang-bincang dengan Pak Alex yang kini menggantikan Lek Man menjual kopi karena faktor usia.

Pak Alex baik banget deh. Beliau menceritakan bagaimana awal mulanya kopi joss diciptakan oleh Lek Man. Beliau juga menjelaskan khasiat kopi arang ini dalam meredakan berbagai gangguan perut, dan memperagakan cara membuatnya. Bagian favoritku adalah ketika arang dimasukkan ke dalam gelas kopi. Arang tersebut masih merah membara, langsung dari tumpukan arang menyala yang digunakan untuk menjerang air. Kemudian selagi merah-merahnya, arang ini dicemplungkan ke dalam segelas kopi. Kontan si arang marah memberontak, memprotes dengan desisan JOSSSSSSSSS-nya!! Hehehe…

Penasaran? Simak saja video interview kami dengan Kopi Joss Lek Man!

 PS: Ayos dan Bandeng, senang sekali kebetulan ketemu kalian di sana! Ayos, thanks untuk traktiran ultah dan majalan JalanJalan-nya!

 

Tags: , , , , , , ,

6 Responses to “Kopi Joss – Kopi Arang Khas Yogyakarta [Interview Video]”