El Nido Mini Guide

El Nido, Philippines

El Nido!

Anda berada di hamparan laut biru jernih, sejernih kristal. Langit pun berwarna biru sempurna, seperti biru langit dalam lukisan anak kecil. Dari dalam perahu bercadik yang sederhana ini, anda layangkan pandangan ke segala arah. Tebing batu kapur karst kokoh, yang berwarna abu-abu kehitaman, menjulang tinggi di depan mata, sangat megah. Membuat anda merasa begitu kecil, membuat anda berdecak takjub terpesona. Di sana-sini terdapat semburat hijau segar dari hutan-hutan yang menumbuhi retakan dan bidang miring tebing. Karang vertikal raksasa mencuat di sana-sini. Aluran vertikal tebing karang ini membuat anda bertanya-tanya, tenaga sedahsyat apakah yang mengangkatnya ke atas sana, ratusan juta tahun yang lampau?

Di dasar tebing, anda melihat pantai berpasir putih yang elok. Ah, begitu dramatisnya pemandangan ini. Tebing yang begitu tinggi dan kokoh, pantai yang yang begitu putih dan lembut, laut yang begitu biru dan segar. Mengundangmu untuk melompat dari perahu bercadikmu, dan berenang di air tenang, mencapai hamparan lembut pantai putih, di bawah naungan tebing raksasa.

Di balik dinding tebing nan kokoh itu, terdapat surga-surga dunia. Laguna-laguna tersembunyinya yang berwarna zamrud jernih. Pantai-pantai rahasianya yang berpasir putih halus dengan air dangkalnya sejernih kristal. Semuanya ternaungi tebing hitam yang menjulang tinggi ke angkasa. Kedamaian yang terisolasi dari hiruk pikuk dunia luar.

Di bawah permukaan air laut, terhampar terumbu karang mempesona di sana sini, yang menjadi rumah bagi banyak jenis ikan tropis berwarna-warni. Penyu, dugong, pari, dan hiu pun menganggap perairan ini sebagai rumah mereka.

Inilah Kepulauan Bacuit di El Nido, sepotong surga di bumi.

EL NIDO

Keindahan alam Bacuit begitu mempesona. El Nido merupakan surga bagi mereka yang suka laut. Nama El Nido sudah agak lama terkenal masyarakat Filipina, namun masih baru di telinga internasional. Alhasil, El Nido masih relatif sepi dan alamnya masih murni. Kepulauan Bacuit yang molek ini tak pernah tampak penuh sesak pengunjung seperti Boracay dan Bohol, dua lokasi wisata utama Filipina. Atau seperti Halong Bay di Vietnam, yang memiliki tebing-tebing serupa. Di sini hanya ada rombongan-rombongan kecil manusia yang tersebar di perairan luas. Terkadang, di sepanjang mata memandang, hanya ada perahu anda saja. Membuat anda merasakan sensasi, “dunia ini milikku”.

Matinloc Island, El Nido

Pulau Matinloc

Keindahan alam El Nido mengundang para produser dunia perfilman di seantero dunia. Serial televisi Survivor versi Swedia dan Prancis pernah difilmkan di sini, juga Amazing Race Amerika. Bahkan beberapa adegan di film layar lebar Bourne Legacy difilmkan di sini pula. Juga di sini lah, Alex Garland terinspirasi untuk menulis “The Beach”. Novel yang kemudian diadaptasikan sebagai film layar lebar dengan judul sama, yang dibintangi oleh Leonardo DiCaprio.

El Nido terletak di ujung utara Pulau Palawan. Kota utama El Nido sendiri sangat kecil, jalan dari ujung ke ujung hanya memakan waktu 20 menit. Sebelum para wisatawan berdatangan ke El Nido, perikanan dan pengumpulan sarang burung adalah penghasilan utama masyarakat setempat. Kini sektor pariwisata menjadi faktor ekonomi utama. Penginapan dan rumah makan bermunculan di mana-mana, terutama di sepanjang pantai berpasir putihnya di dalam sebuah teluk mungil.

Di salah satu sisinya, terdapat tebing karst marmer dan batu kapur yang menjulang tinggi, memagari kota yang hanya memiliki beberapa jalanan utama ini. Di seberang teluk, berdiri Pulau Cadlao yang indah dipandang. Air laut di teluk ini berwarna biru muda jernih, dan pantainya berpasir putih. Di tengah-tengah teluk ini belasan perahu bercadik ditambatkan. Perahu-perahu yang disebut bangka inilah yang nantinya akan mengantar anda ke Kepulauan Bacuit untuk mencari surga-surga tersembunyi El Nido.

ISLAND HOPPING TOURS

Tak dapat disangkal, island hopping adalah kegiatan wajib di El Nido. Bangka akan membawamu melaju di perairan Bacuit yang sangat menawan. Para pemandu akan mengajakmu masuk ke laguna-laguna tersembunyi dan pantai-pantai rahasia. Menembus lubang di batu karang, menemukan alam lain di baliknya. Bersantai dan berpiknik di pantai berpasir putih yang lembut. Berenang di air jernihnya. Snorkeling di atas terumbu karang indah dengan penghuni-penghuninya yang berwarna-warni. Dan jika anda beruntung, mungkin anda akan berhadapan dengan sang penyu!

Bersiaplah untuk basah di tur island hopping ini, karena terdapat berbagai pantai, laguna, dan gua, yang harus dicapai dengan cara berenang! Jangan khawatir, jaket pelampung disediakan bagi semua yang memerlukannya.

Matinloc Island | El Nido

Pulau Matinloc

Paket tur island hopping El Nido terorganisir dengan baik. Paket tur ini dapat dibooking melalui berbagai penginapan, restoran, dan agen tur yang tersebar di penjuru kota. Ada 4 tur standar yang tersedia.

Tour A “The Lagoons of Miniloc” - Itinerari: Small Lagoon, Big Lagoon, Shimizu Island, Secret Lagoon. Seven Commando Beach. 700 PHP.

Tour B “The Caves and Snake Island” – Itinerari: Pangulasian Island, Snake Island, Cudugnon Cave, Cathedral Cave, Pinagbuyutan Island. 800 PHP.

Tour C “The Beaches of Matinloc” – Itinerari: Hidden Beach, Colasa Beach, Matinloc Shrine, Secret Beach, Helicopter Island. 900 PHP.

Tour D “Cadlao Island” – Itinerari: Cadlao Lagoon, Pasandigan Beach, Paradise Beach, Nat-Nat Beach. 700 PHP.

Harga yang tercantum di atas adalah kisaran harga perorangan pada awal tahun 2012. Sebagian besar penyedia tur mematok harga yang sama, walaupun ada juga yang sedikit berbeda. Anda akan digabungkan dengan para turis lainnya membentuk satu rombongan berjumlah orang 4 hingga 20. Tur ini juga dapat diambil secara privat, dengan harga perorangan yang tentunya lebih mahal. Beberapa operator tur juga menawarkan tur-tur lainnya. Selain harga tur, ada pula environment fee sebesar 200 PHP, yang berlaku untuk 10 hari.

Rekomendasi kami? Jika waktu terbatas, lakukan Tour A saja. Kalau ada waktu, barulah ambil Tour C, kemudian barulah Tour B. Tour D hanya setengah hari, dan kami tidak mencobanya.

HIGHLIGHT PULAU-PULAU DI EL NIDO

Pulau Miniloc sering dikatakan sebagai pulau terindah di Kepulauan Bacuit. Di sini lah terletak Big Lagoon dan Small Lagoon yang sangat dramatis menawan. Big Lagoon adalah salah satu swimming hole terindah di dunia. Bagaimana tidak, laguna tenang berair hijau turquoise ini didindingi oleh tebing batu kapur abu-abu kehitaman yang menjulang tinggi ke angkasa. Di sana sini terdapat gugus karang vertikal dengan rupa-rupa bentuk. Hijau hutan menyembul di sana sini. Jalan masuknya lagunanya pun sangat dramatis. Bayangkan sebuah ngarai panjang yang diapit oleh tebing di kanan kirinya. Dasar ngarai ini adalah pasir putih yang tertutup oleh air dangkal sangat jernih. Sesekali ombak yang sangat lembut mengalun di sepanjang channel itu. Di akhir perjalananmu menyusuri channel indah ini, Big Lagoon menunggumu. Dan di Big Lagoon inilah, serial televisi Survivor versi Swedia pernah difilmkan.

Big Lagoon, Pulau Miniloc

Big Lagoon, Pulau Miniloc

Small Lagoon, lain lagi ceritanya. Menuju ke sana dengan perahu, anda dihadapkan pada sebuah dinding karang terjal. Seperti tembok. Di manakah lagunanya? Ternyata di balik tembok tersebut! Pintu masuknya? Celah kecil di dasar tebing, yang baru akan terlihat dari dekat! Untuk masuk ke sana, anda harus berenang menembus dinding karang! Di baliknya? Alam rahasia yang sangat memukau, yang lain daripada yang lain. Laguna hijau zamrud yang ternaungi oleh tebing tinggi. Dan berenang lah ke seberang laguna, anda akan menemukan potongan laguna lainnya. Indahnya tak terkira!

Di pulau cantik Miniloc ini terletak salah satu luxury resort El Nido.

Pulau Matinloc adalah sebuah pulau di Bacuit Bay yang bentuknya paling sempit memanjang. Di dasar tebing terjal ini, terapit oleh sang dinding megah dan laut yang biru jernih, terdapat banyak kantung-kantung pantai berpasir putih. Tiap-tiapnya sangat cocok untuk dijadikan pantai pribadi, karena terisolasi oleh tebing dari pantai-pantai berikutnya. Mintalah untuk berhenti di sana. Sekedar untuk menikmati pantai pasir putihnya, atau snorkeling di sekitarnya. Dunia serasa seperti menjadi milik anda. Dan jika waktunya tepat, anda bisa piknik makan siang di sana!

Matinloc Island, El Nido

Pulau Matinloc

Di pulau ini pulalah, berdiri Matinloc Shrine yang putih bersih. Sebuah kuil putih mungil dengan salib di tengahnya dan beberapa malaikat di pilar-pilarnya. Semuanya berwarna putih, sangat cantik berada di tengah-tengah dinding karang yang mengitarinya.

Di Pulau Matinloc tersembunyi Secret Beach. Pintu masuknya yang hanya berupa celah kecil di dinding tebing nyaris tak terlihat bagi mata awam. Setelah anda akan berenang memasuki celah kecil di dasar tebing, anda akan berada di dalam sebuah kolam alamiah yang dikepung oleh dinding tebing tinggi yang mengitarinya. Berenanglah ke tepian di seberang, di sana anda akan menemukan pantai berpasir putih. Berebahlah di air yang dangkal, rasakan pasir putih di kulitmu, puaskan pandangan anda ke atas sana, cerah bundar biru langit yang dikelilingi oleh tebing karang yang menjulang memagari pantai rahasia anda.

Dan oh ya, Matinloc tak hanya memiliki Secret Beach, namun juga Hidden Beach! Kali ini anda tak perlu berenang untuk mencapainya, karena pintu masuknya yang tersembunyi ini cukup lebar untuk dimasuki kapal.

Snake Island memiliki nama asli Pulau Vigan. Dijuluki sebagai Snake Island bukan karena banyak ularnya, namun karena memiliki sandbar yang mencuat dari pulau, sempit panjang meliuk-liuk, sehingga tampak seperti ular putih keluar dari pulau tersebut. Setelah puas berenang di kedua sisi ular pasir ini, naik lah ke puncak bukit, di mana anda dapat menikmati pemandangan sandbar Snake Island dari ketinggian.

Snake Island, El Nido

Snake Island

Pulau Cadlao adalah pulau yang terbesar di Bacuit Bay, dan yang terdekat ke kota El Nido. Pulau ini lah yang menjadi pemandangan cantik bagi kota El Nido di seberangnya. Gunung tebing batu kapurnya yang ketinggiannya melebihi 600 meter ini adalah yang paling tinggi di Bacuit Bay. Pulau ini terkenal akan pantai-pantainya yang berpasir putih, laguna-lagunanya yang tersembunyi, alam bawah lautnya yang cocok buat snorkeling, serta hutan suburnya yang bisa dirambah.

Helicopter Island dinamakan demikian karena bentuk tebingnya yang menyerupai sebuah helikopter jika dilihat dari sisi tertentu. Pantai pasir putihnya membuat pulau yang bernama asli Dilumacad ini menjadi salah satu pulau favorit wisatawan.

Dilumacad / Helicopter Island, El Nido

Pulau Helikopter

Pulau Pangalusian bagus untuk snorkeling.

Pulau Lagen adalah pulau di mana salah satu resort eksklusif El Nido terletak. Pulau Lagen memiliki keragaman fauna burung yang tinggi, sehingga menjadi lokasi terbaik untuk mengamati burung. Pulau ini kaya akan spesies-spesies burung endemik Palawan. Gua Leta-Leta yang merupakan tempat pemakaman penting pada jaman Neolitik silam juga terdapat di pulau ini.

Pulau Shimizu populer untuk dua hal: menikmati piknik di pantai berpasir putihnya, dan snorkeling di perairan di sekitarnya. Konon pulau ini mendapatkan namanya dari seorang penyelam yang tersesat ketika menjelajah gua-gua bawah air di sekitar pulau ini.

KEGIATAN LAIN

Diving

Alam bawah laut El Nido kaya akan terumbu karang beserta ikan-ikan tropisnya yang berwarna-warni. Teluk Bacuit ini juga merupakan tempat tinggal dugong, lumba-lumba, penyu, pari, dan hiu. Medannya pun beragam dari slope hingga dinding, juga gua dan terowongan. El Nido memiliki beberapa dive operators, misalnya El Nido Marine Club, Palawan Divers, dan Sea Dog Diving. Ada lebih dari 30 diving sites menarik tersebar di Kepulauan Bacuit. Tunggu apa lagi?

Pulau Matinloc memiliki beberapa dive spot favorit, di antaranya Banayan Point untuk melihat terumbu karang dan formasi bebatuan, juga ikan-ikan pelagis seperti ikan kembung dan tuna. Di Inbogal Point, tak hanya pesona terumbu karang dan ikan-ikan pelagisnya yang menunggumu, namun juga spesies unik angelfish Pomacanthus annularis yang hanya terdapat di El Nido! Tak jauh dari sana, terdapat Bikanayos Rock. Di sini anda berkesempatan untuk bertemu dengan hiu karang!

Pulau Miniloc memiliki Twin Rocks yang tidak cuma kaya akan terumbu karang, sea whip dan sea sponge, namun juga memiliki stingray dan angelfish. Biet Point memiliki koleksi barakuda, cumi, sotong, dan angelfish. Selain itu terdapat juga Tres Marias, 3 gugus terumbu karang cantik di mana painted crayfish tinggal. Tres Marias memiliki bagian taman laut yang dangkal, sehingga cocok pula untuk snorkeling.

Ingin cave diving? Menujulah ke Pulau Dilumacad!

Kayaking

Tebing-tebing megah dan formasi batu karang El Nido menyediakan pemandangan yang dramatis menakjubkan untuk berkayak. Berbagai hotel, restoran, dan operator tur menyediakan kayak untuk disewakan.

Cliff climbing

Kota mungil El Nido dipagari oleh sebuah gunung tebing marmer dan batu kapur yang menjulang tinggi di salah satu sisinya, menjadikan pemandangan kota ini sendiri sangat istimewa. Orang setempat menyebutnya Taraw, yang berarti tebing batu kapur yang menjulang tinggi. Tebing Taraw yang mentereng tinggi itu membuat kita merasa begitu kecil berdiri di dekatnya.

Taraw Cliff, El Nido | View: Cadlao Island

Pemandangan dari Tebing Taraw: Cadlao Island, menakjubkan!

View from Taraw Cliff Top: Cadlao Island | El Nido

View from Taraw Cliff Top: Cadlao Island | El Nido

Ingin menaklukkannya? Beberapa operator tur di kota ini, misalnya El Nido Boutique & Artcafe, menawarkan paket panjat tebing “tanpa alat”. Silakan memanjat sang Taraw ini dengan panduan mereka.

Orang lokal menganggap bahwa pemanjatan tebing ini mudah. Di tebing-tebing seperti inilah mereka mengumpulkan sarang burung untuk dijual. Naik turun tebing hanya dengan sandal jepit adalah biasa bagi mereka. Namun bagi yang tak berpengalaman memanjat tebing, petualangan ini bisa dibilang cukup berat dan bahkan berbahaya.

Taraw Cliff, El Nido

Itu Dina. Mendaki Tebing Taraw. 90 derajat, tanpa tali, tanpa pengaman. Mengerikan.

Orang lokal mungkin hanya memerlukan waktu 1 jam untuk mencapai puncaknya, namun alokasi waktu yang lebih realistis bagi para pelancong adalah 2-3 jam. Jangan membawa barang terlalu banyak dan berat. Pakailah sepatu yang nyaman dan cocok untuk mendaki. Bawa air minum yang banyak, serta sedikit snack penambah tenaga. Sunscreen lotion dan lotion anti nyamuk akan berguna di sana. Begitu anda tiba di atas sana, segala jerih payah akan terbayarkan oleh pemandangan Bacuit Bay yang memukau. Jangan lupa membawa Kamera!

AKOMODASI

El Nido Resorts memiliki beberapa resort mewah di beberapa pulau tercantik di Bacuit Bay. Miniloc Island Resort memiliki pondok-pondok yang di bangun di atas air di sebuah teluk kecil berlatar belakang tebing tinggi. Keluar dari pondok, anda langsung dapat bersnorkel ria bersama kelompok-kelompok ikan tropis berbagai ukuran. Big dan Small Lagoon yang termahsyur terletak di pulau ini. Dua resort mewah lainnya terletak di Pulau Pangulasian dan Pulau Lagen, yang juga memiliki latar belakang yang spektakular. Pulau Lagen memiliki hutan-hutan yang populer untuk trekking.

Namun sayangnya, tarif ketiga hotel tersebut sangat mahal. Kebanyakan turis memilih untuk menginap di kota El Nido dan sekitarnya.

Di kota mungil yang hanya memiliki beberapa jalanan utama ini, penginapan berderet di sepanjang garis pantai, dari yang mahal hingga murah. Akomodasi beachfront ini beragam Ada resort mini berkolam renang, hotel bertingkat 2 atau 3, guesthouse dengan kamar mandi bersama, hingga hostel pun ada. Segala macam kelas budget akan menemukan penginapan yang sesuai. Penginapan-penginapan ini terbuka langsung ke pantai berpasir putih dengan pemandangan teluk, Tebing Taraw, dan Pulau Cadlao yang cantik di seberangnya.

Untuk guesthouse kelas menengah, cobalah The Entalula (1200-2600 PHP / kamar 2 orang) yang memiliki beberapa hut cantik, bersih, dan nyaman, yang menghadap langsung ke pantai, dengan pemandangan Cadlao Island di seberang teluk.

View from Entalula Hotel, El Nido

View from Entalula Hotel

Cadlao Island | As seen from El Nido Town

Cadlao Island | As seen from El Nido Town

Jika anda tidak kebagian penginapan di pinggir pantai, jangan khawatir. Kota El Nido begitu kecil, sehingga pantai selalu berjarak hanya beberapa menit dari berbagai penjuru kota ini. Penginapan A Place To Remember dan Ipil Travelodge, yang baru dan bersih, dengan sentuhan modern, boleh dicoba. Keduanya memiliki restoran di lantai teratasnya yang memiliki pemandangan teluk yang indah.

Penginapan berbudget rendah juga banyak, bahkan di antaranya ada yang beachfront. The Alternative restoran (mulai 500 PHP / kamar 2 orang) memiliki beberapa private room baik dengan kamar mandi di dalam maupun di luar. Penginapan seharga 300 PHP untuk private room juga bisa ditemukan agak jauh dari garis pantai. Untuk hostel, ada La Banane yang beachfront!

KULINER

Filipina terkenal akan kuliner ekstrimnya, balut. Balut (balot) adalah telur rebus yang terbuat dari telur itik atau ayam yang berisi embrio. Telur rebus embrio yang biasanya dimakan dengan garam ini dipercaya sebagai afrodisiak dan berprotein tinggi. Anda dapat menemukan penjual balut berjalan menyusuri pantai utama El Nido saat senja menjelang. Jangan terlewatkan. Biasanya mereka membawa wadah serupa termos nasi untuk menjaga telur rebus berembrio ini agar tetap hangat.

Hidangan Filipino lain yang patut dicoba adalah adobo dan sinigang, yang sering disebut sebagai makanan nasional Filipina. Ingin yang unik? Cobalah Kinilaw (El Nido Boutique & Artcafe), ceviche orang Filipina. Ikan atau udang mentah yang direndam dalam campuran segar cuka, bawang bombai, air kelapa, dan berbagai rempah. Lembut dan segar! Lechon adalah babi panggang utuh yang biasanya dipersiapkan untuk acara-acara khusus. Ingin mencoba hidangan lokal yang citarasanya mirip dengan Indonesia? Cobalah adobo kangkong, pancit canton, atau pancit bihon, yang cukup setara dengan masakan Indonesia cah kangkung, mie goreng, dan bihun goreng.

Lepaskan alas kaki anda, telusurilah pantai berpasir putih. Banyak sekali restoran-bar yang terbuka ke pantai, bahkan ada yang menyediakan meja-mejanya di atas hamparan pasir. Kebanyakan restoran ini menyajikan hidangan internasional maupun Filipino, dan di antaranya membintangkan seafood lokal segar. Selain minuman beralkohol dan jus buah segar, minuman favorit di sini termasuk buko, air kelapa muda segar yang langsung diminum dari batoknya. Nikmatilah hidanganmu dengan santai selagi melayangkan pandangan ke Cadlao yang cantik dan mendengarkan deburan lembut ombak.

Salah satu restoran restoran beachfront favorit adalah El Nido Corner di ujung timur pantai utama, sebelum karang memotong pantai tersebut. Pemiliknya yang ramah, Oli, akan mengundangmu menyantap hidangan catch of the day. Craving pizza? Cobalah handmade brick-oven pizza yang renyah lezat di Tattoria Altrove.

Restoran beachfront La Salangane dengan pintu masuk di jalan Sirena menyediakan gourmet French cuisine dan aneka rum buah-buahan buatan sendiri. Bertetanggaan dengan La Salangane, terdapat The Alternative yang tata ruangnya unik: sensasi rumah pohon, dengan deburan ombak menggila di bawahnya. Penasaran? Coba saja sendiri!

The Alternative | A restaurant at El Nido

The Alternative | restaurant dan penginapan dengan pemandangan teluk dan Pulau Cadlao

The Alternative | A restaurant at El Nido

The Alternative | restaurant dan penginapan

Ingin menikmati pemandangan 360 derajat El Nido dari ketinggian? Kunjungilah 360° Café & Restaurant di lantai teratas Ipil Travelodge. Restoran tertinggi di El Nido ini menyajikan menu Filipino maupun internasional. Di hari Sabtu, mereka mengadakan seafood buffet dengan live music. Selain itu, live music juga bisa dinikmati di Balay Tubay, Seaslugs, dan Ricsons.

Agak jauh dari pantai, restoran Blue Azul menyediakan berbagai hidangan Filipina hingga barat termasuk Timur Tengah dengan harga yang lebih ramah di kantong. Burger dan hummus-falafel adalah specialty mereka.

Untuk yang ingin irit, silakan mendatangi satu dari banyak depot sederhana dan kaki lima yang menyajikan berbagai hidangan lokal. Burger Joint, kedai burger pinggir jalan, yang juga menyediakan siomai, adalah salah satu pilihan termurah juga.

Burger Joint | Siomai | El Nido

Burger Joint and Siomai – murmer!

GOOD TO KNOW

Sedia uang sebelum tiba

Di tahun 2012, tidak ada bank atau ATM internasional di El Nido, dan pembayaran kartu kredit masih langka. Sebagian besar rumah makan, penginapan, dan layanan tur hanya menerima uang tunai. Persiapkanlah uang tunai dalam mata uang Philippines Peso (PHP) yang cukup sebelum berangkat ke El Nido, misalnya dari Puerto Princesa atau Manila.

Namun jangan terlalu khawatir. Alternatif penarikan uang tunai sebetulnya ada, hanya saja tarifnya cukup mahal. El Nido Boutique & Artcafe yang terletak di Sirena Street adalah salah satu establishment yang menerima kartu kredit. Mereka memiliki cafe, toko, serta layanan tur. Di sana, anda bisa mengambil uang tunai dengan kartu kredit, dengan biaya 8%. Untuk alternatif yang lebih murah lagi, berjalanlah ke ujung jalanan itu hingga mencapai pom bensin di dermaga. Ini hanya beberapa menit dari El Nido Boutique & Artcafe saja. Pom bensin ini menyediakan layanan pengambilan uang tunai dengan kartu kredit dengan tarif sedikit lebih murah.

Listrik

Pada tahun 2012, listrik di El Nido hanya menyala dari pukul 2 pm hingga 6 am! Bersiaplah untuk hidup tanpa listrik di pagi dan siang hari. Jangan lupa untuk men-charge baterai telepon genggam dan kamera anda di malam hari. Penggunaan internet WiFi juga dimulai pada jam 2 siang. Bahkan hot shower di pagi hari pun bisa-bisa tak ada. Beberapa restoran dan penginapan memiliki baterai cadangan yang memungkinkan pemakaian listrik minimum di pagi hari, namun hal ini masih kurang umum. Untungnya, El Nido sarat dengan kegiatan outdoor, sehingga pada jam-jam mati lampu tersebut, kemungkinan anda sedang menikmati keindahan alam di luar sana.

Low season dan high season di El Nido

Jika anda ingin memanfaatkan harga murah low season, pergilah ke El Nido pada bulan Agustus dan September.

High season adalah Desember hingga Februari, di mana harga-harga penginapan relatif lebih tinggi dari biasanya.

Namun jangan terlalu menyesal akan harga mahal jika berkunjung ke El Nido di liburan Natal dan Tahun Baru. Suasana Natal dan Tahun Baru di El Nido memiliki flare yang tak terlupakan. Setiap malam menjelang natal, penduduk El Nido yang bersahaja akan berkelompok dan menyanyikan lagu-lagu Natal Filipina yang syahdu dari rumah ke rumah, sambil mengumpulkan dana. Tanpa mengerti bahasa Tagalog pun, suasana damai dan bersih begitu terasa.

Merry Christmas | Maligayang Pasko | EL Nido

Selamat Natal dari El Nido! Maligayang pasko!

Beda halnya dengan Tahun Baru. Dalam jam-jam pergantian tahun, Kota mungil yang biasanya tenang ini berubah menjadi begitu ribut dan terang. Petasan berbunyi sepanjang waktu, dan warna-warni terang ceria ribuan kembang api para warga menghiasi angkasa, bahkan menyinari Tebing Taraw! Memang para warga lokal rela mengorbankan sejumlah besar uang demi kembang api dan petasan tahun baru. Benar-benar luar biasa meriahnya!

TRANSPORTASI KE EL NIDO

El Nido memiliki sebuah airport kecil di mana Island Transvoyager Inc menyediakan jasa charter flight untuk para tamu El Nido Resorts yang mewah. Selain itu, SeAir terkadang memiliki seasonal flight beberapa kali seminggu dengan harga relatif mahal. Jika berminat, harap hubungi maskapai penerbangan ini langsung, karena layanan tidak selalu ada.

Jeepney | El Nido

Jeepney

Sebagian besar turis memanfaatkan penerbangan rutin ke Puerto Princesa yang merupakan ibukota Palawan. Dari Puerto Princesa, perjalanan dilanjutkan lewat darat dengan bus atau van ke El Nido.

Dallas Inn | Puerto Princesa

Dallas Inn | Puerto Princesa

Fortwally Shuttle Service dan Eulen Joy Shuttle Van menyediakan van rutin dari Puerto Princesa ke El Nido dan sebaliknya. Tarif per orangnya adalah 600 PHP dari terminal, atau 700 PHP dari airport atau penginapan (bisa booking via penginapan). Perjalanan memakan waktu 5-6 jam, dan sepenggal jalan terakhir dari Taytay ke El Nido belum diaspal. Jadwal keberangkatan pagi hingga siang. Tak ada van malam di awal tahun 2012, namun sekarang kabarnya ada. Silakan cek.

Bus lebih murah, 350 PHP. Waktu perjalanan adalah 6-8 jam, berangkat di pagi hari. Bus memang jauh lebih murah daripada van, namun juga kurang nyaman karena situasinya yang penuh sesak, dan bahkan terkadang ada penumpang yang harus duduk di atap.

El Nido juga mudah dicapai dari Coron/Busuanga, salah satu lokasi diving favorit di Filipina, melalui kapal. Coron sendiri dapat dicapai dengan mudah via terbang dari Manila.

DESTINASI LAIN SEKITAR EL NIDO

Coron/Busuanga dan Puerto Princesa adalah pintu keluar masuk utama El Nido. Keindahan dan keunikan apakah yang menanti anda di sana?

Wreck diving di Busuanga/Coron. Pulau Busuanga dan sekitarnya memiliki alam atas laut dan bawah laut yang mempesona. Daya tarik utama Busuanga adalah wreck diving, karena di perairan ini banyak kapal perang Jepang yang karam di masa perang dunia kedua. Untuk ke Busuanga, ambil lah kapal dari El Nido menuju Coron, kota terbesar di Pulau Busuanga. Dari Coron anda dapat terbang kembali ke Manila.

Mengarungi Puerto Princesa Underground River. Tak jauh dari Puerto Princesa, terdapat sebuah situs Warisan Dunia UNESCO dan satu dari New7Wonders of Nature: Puerto Princesa Underground River. Kunjungan ke sungai bawah tanah yang cantik ini merupakan salah satu daytrip populer dari Puerto Princesa.

Puerto Princesa Underground River | New7Wonder

Puerto Princesa Underground River | New7Wonder

Island hopping di Honda Bay. Island hopping di Honda Bay juga merupakan salah satu daytrip populer dari Puerto Princesa. Honda Bay merupakan sebuah teluk yang memiliki banyak pulau-pulau super mini dengan pantai berpasir putih selembut bedak. Beberapa pulau ini bahkan hanya merupakan bentangan pasir putih, yang seluruhnya permukaannya menghilang tertutup air laut pada saat laut pasang. Silakan bersantai di atas bentangan pasir putih, berenang di air sejernih kristal, dan snorkeling di atas terumbu karang bersama ikan-ikan tropisnya. Warna alam di sini begitu indah. Bentangan biru kobalt air laut berpadu dengan garis-garis pantai putih cemerlang.

Honda Bay | Palawan Island

Honda Bay

Honda Bay | Palawan

Honda Bay

TIPS KILAT

Alokasi waktu – transportasi

Waktu liburan minimum untuk ke El Nido kami sarankan 5 hari. Tapiiii… sebaiknya setidaknya seminggu! Mengapa? Transportasi dari Jakarta ke El Nido butuh waktu agak lama.

Rute tipikal dari Jakarta ke El Nido:

  • Terbang Jakarta – Clark
  • Bis Clark – Manila (1-3 jam)
  • Terbang Manila – Puerto Princesa (Pulau Palawan)
  • Van Puerto Princesa – El Nido (5-6 jam)

Rute tipikal ini memakan waktu 1-2 hari tergantung dengan flight apa yang kalian dapatkan dan jadwal van. Rute kepulangan sebaliknya. Jadi jika ambil amannya, berangkat 2 hari dan pulang 2 hari. Artinya 4 hari hanya untuk di jalan! Trip 5 hari hanya memberikan anda kesempatan untuk 1 island hopping tour saja. Belum lagi kalau cuaca jelek. Jadi? Sebaiknya minimum alokasikan seminggu. Atau lebih baik lagi, 2 minggu!

Best Island Hopping Tour?

Urutan dari yang paling kami suka: Tour A, Tour C, Tour B, Tour D.

Bawalah kamera tahan air!

Atau kamera dengan underwater housing system / waterproof pouch. Banyak keindahan alam yang begitu luar biasa tapi letaknya tersembunyi, yang tak mungkin dicapai tanpa berenang atau berkano. Waktu itu kami tak punya kamera tahan air, dan hanya dengan mata (dan hati) kami bisa merekam keindahannya.

Mendaki Tebing Taraw?

Jika anda tak berpengalaman, sebetulnya mendaki tebing ini tanpa pengaman dan tali adalah berbahaya. Banyak bagian vertikal bermeter-meter tingginya sekali jalan. Namun bagi yang lincah seperti orang asli El Nido, pendakian ini tak sulit. Jadi terserah anda, tapi kalau khawatir tak usah naik. Sebulan setelah kami mendaki, seorang wanita jatuh dari tebing.

One last note…

Ke El Nido sedikit tricky karena jaraknya yang jauh dan tak ada penerbangan (murah) yang langsung. Sehingga seringkali El Nido diabaikan turis. Namun pergi ke El Nido sangatlah worth it! Bahkan jika waktu terbatas, saya sarankan untuk skip semua destinasi lain (termasuk Puerto Princesa Underground River dan Honda Bay) dan gunakan waktu seminggu bermain di alam El Nido yang luar biasa!

Waktu terbaik untuk ke El Nido adalah saat-saat ini, di mana telah ada fasilitas, namun masih relatif susah dijangkau, jadi kondisinya masih alami dan murni.

Catatan penulis:

  • Artikel ini pernah dimuat di Majalah TravelXpose edisi 24 tanggal 6 Juli 2012 dengan judul “Mencari Surga Tersembunyi” 
  • Artikel ditulis berdasarkan pengalaman di tahun 2012 termasuk harga-harga. Jika ada perubahan, mohon catatkan di kolom komen di bawah ini. Terima kasih!

ENJOY EL NIDO!!

 

Tags: , , , , , , , ,

16 Responses to “El Nido Mini Guide”

  1. Wisnu Yuwandono
    29 November 2013 at 9:58 am #

    keren mbakkkk :O

  2. Zulmiswal
    30 November 2013 at 3:00 pm #

    wh mantaaap mb din… lanjutkan… sangat menginspirasi.. smg bisa ktm suatu saat dengan dua ransel ini,,,hehe

  3. nandito silaen
    4 December 2013 at 4:50 pm #

    wahh, akhirnya di bahas juga mengenai Pulau Idaman saya ini. terimakasih sudah berbagi Dina & Ryan. keep writing :)

  4. rea
    4 December 2013 at 8:28 pm #

    kalau tidak bida berenang gimana yaa ke el nido,, bisa gak… please answer

    • Dina
      5 December 2013 at 3:49 pm #

      Nggak apa-apa kok, ada pelampung. Waktu kami di sana, ada beberapa orang yang pake pelampung badan, disediakan dari kapalnya (safety jacket yang oranye itu lho!)

  5. Marissa
    5 December 2013 at 6:17 pm #

    mbakdinnnn aduh pas banget mau ke sana dalam waktu dekat. nyari infonya nggak ada yang sekomprehensif ini. Thank youuuuu *peluk*

  6. Rizky
    6 December 2013 at 1:11 am #

    Hallo Mas & mbak Riyan..
    kalian sekarang berada di manakah ?

    aku tau web kalian dari temen ku lho, dan..
    my first impression: kalian adalah duo nomad paling “tidak meyakinkan” !!!
    hehehe, habis postingannya mayoritas menyenangkan & fotonya bagus :)
    tidak seperti pada umumnya blog para nomad yang “penuh perjuangan” untuk melanjutkan hidup..

    keep rolling guys :)

  7. Rikily Salamahaditz
    8 December 2013 at 11:42 am #

    El Nido keren cui.. di Indonesia, dimana ya ada pantai kayak gitu??? somebody tell me..

  8. shella
    17 December 2013 at 7:23 pm #

    kerennn , ternyata di Filipina ada tempat sekeren ini, soalnya kalo orang” bicara tentang Filipina pasti bicara tentang Manila atau tempat” komersial di sekitarnya. Boleh nih kalo ada rejeki cukup kesini :D

    @shellashe

  9. ihksan bukhori
    17 December 2013 at 9:40 pm #

    aku paling suka dengan spot di Honda Bay.
    Hamparan pasir putih , laut yang biru , langit yang membentang di tambah suasana yang masih alami.
    walaupun sekarang masih belum bisa ke sana ,, cukup deh dengan mandangin fotonya
    thanks buat kak Ryan dan kak Dina Thanks buat share foto-foto indah dan menarik perjalanannya.

    [email protected]

  10. maheswara tour n travel
    23 December 2013 at 12:05 pm #

    sumpah keren bangeeeeett… makasih referensinya..

    salam kenal dari Maheswara tour

    • Dina
      30 December 2013 at 6:47 pm #

      makasih, salam kenal juga :))

  11. arievrahman
    23 December 2013 at 3:31 pm #

    Ah, aku kemarin juga nginap di Dallas Inn!

    Cuma sayang kena badai Haiyan waktu mau ke underground river jadinya gak jadi deh, ehehehe.

    • Dina
      30 December 2013 at 6:44 pm #

      Dallas Inn murmer, hehe… Aku upgrade dari kamar beranjang tingkat jadi double bed. tapi kayaknya itu kamarnya yang punya rumah? soalnya buanyak barang2nya gitu hahaha…
      Sayang ga jadi main ke underground river, riev… oh well… terus jadinya ke mana?

  12. Maria
    28 June 2014 at 11:06 am #

    Hi Dina

    Seneng banget baca sharing dari kalian ber2, Aku akan ke Palawan Island tgl 8-16 Juli besok, termasuk Coron-El Nido-Puerto.
    Flight semua sudah confirmed, yang belum itu transport dan penginapan, masih ada bbrp yg blur spt :
    Coron – El Nido, bagaimana dengan kapal nya ? bahaya kah di laut nya ? jadi masih bimbang apkh flight Coron – Puerto, kmdn van Puerto – El Nido

    Bingung sendiri ha ha ha

    • Dina
      4 August 2014 at 4:17 pm #

      Mbaaa, maaf baru baca sekarang komennya, kemarin jadinya gimana di el nido? iya, antara el nido dan coron mending naik kapal aja. lumayan aman kok, walaupun yang namanya kejadian di laut ya ada aja. but kalo aku sih, akal ambil kapal :)

Leave a Reply