Saat kami berbagi mimpi…

Valley of the Ten Peaks - Canadian Rockies

2 Juni 2008.

Satu tahun sebelum kami berangkat backpacking menjelajah bulatan bola bumi.

Valley of the Ten Peaks, Canadian Rockies. Dengan Danau Moraine-nya yang masih setengah membeku di akhir musim semi ini. Yang memantulkan indahnya sepuluh puncak batu bergurat salju.

Pemandangan yang luar biasa. Begitu indah hingga pemerintah Canada mencetaknya di lembaran uang dua puluh dolar keluaran tahun 1969 dan 1979. Memang dari titik inilah, salah satu pemandangan Canada yang paling banyak diabadikan melalui lensa kamera, diambil.

Tapi pada saat itu, 4 tahun yang lalu, kami tak tahu betapa terkenalnya pemandangan ini. Kami hanya bersyukur karena dapat menyaksikan keindahan seperti ini.

Suara bergemuruh terdengar dari kejauhan. Avalanche kecil pada salah satu permukaan gunung tersebut. Alias salju longsor. Wow.Kami tertegun sejenak.

Bersamaan dengan menghangatnya bumi bagian utara, salju pun mencair. Sebagian akan turun ke danau ini melalui Larch Creek dan jalur-jalur lainnya. Begitu pula Fey Glacier, yang juga menyuplai danau ini.

Seminggu sebelumnya, saya berada di Kota Edmonton, yang berjarak hanya beberapa jam dari sini, dalam sebuah konferensi Kimia. Saya memberikan presentasi mengenai molekul-molekul analogi peptida buatan saya di laboratorium. Yang dengan pengembangan lebih lanjut, berpotensi untuk memetakan penyebaran sel kanker tahap dini dalam tubuh manusia. Sehingga pasien dapat ditreatment sedini mungkin.

Kini, kami berdua duduk dalam ketenangan alam. Dengan biru lembut di depan kami. Dengan seekor chipmunk kecil berlari-lari tak jauh dari kaki kami. Dengan guratan salju halus di permukaan sepuluh puncak. Dengan hijau tua hutan pinus. Tanpa manusia di sekitar kami. Dengan udara yang begitu sejuk dan bersih. Angin berdesir lembut sesekali.

Di sini, empat tahun yang lalu, kami berbagi mimpi.

Untuk menjelajah dunia, berdua.

Tags: , , , , , ,

47 Responses to “Saat kami berbagi mimpi…”