Meninjau Sarang Rayap Raksasa di Sabana Queensland, Australia

Tahun lalu ketika kami berada di Australia, kami sempat ber-roadtrip menggunakan campervan di Queensland, Australia. Queensland ini negara bagiannya Australia yang perlu kalian tuju kalau mau ke Great Barrier Reefs. Di Queensland bagian utara, banyak terdapat sabana. Hampir setiap hari berjam-jam lamanya kami melaju dengan campervan kami di jalan raya yang memotong sabana-sabana ini, kami melihat ribuan gundukan tanah raksasa. Warnanya kadang sedikit kemerahan, kadang sedikit kekuningan. Bentuknya ada yang tak beraturan, namun ada juga yang menyerupai kerucut bagaikan istana peri Disneyland. Tingginya? Banyak yang hanya setengah meter, namun tidak jarang pula yang mencapai 1-3 meter. Gundukan apa ini?

Gundukan ini adalah merupakan sarang rayap! Atau dalam bahasa Inggrisnya disebut termite mound, termitaria, atau kadang-kadang secara salah kaprah disebut anthill (bukit semut). Waktu itu kami belum tahu banyak mengenai termite mound ini. Bahkan kami tidak yakin apakah ini gundukan rayap atau gundukan semut. Seram juga membayangkan ada berapa ribu atau ratus ribu bahkan juta rayap atau semut tinggal di dalam 1 gundukan saja, sedangkan gundukan-gundukan ini banyak sekali jumlahnya selepas pandangan mata. Hanya berhenti di pinggir jalan saja sudah merinding. Bagaimana kalau rayap dan semut berjalan-jalan di mana-mana, bersembunyi di antara rerumputan. Amankah kita meninjaunya? Rayap mungkin tidak seberap, namun betapa mengerikannya kalau gundukan setinggi manusia ini penuh dengan semut merah besar-besar!

Sarang rayap raksasa di sabana Queensland, Australia

Namun akhirnya ketika menemukan gundukan setinggi badan yang sangat dekat dengan jalanan, di mana tanah disekitarnya gundul tidak berumput sehingga tampak aman dijalani, kami memberanikan diri memberhentikan campervan kami. Ternyata di permukaan tanah, tidak tampak serangga berlari-lari ria, sehingga kami memutuskan aman untuk mendekat. Setelah berjalan mengelilinginya, kami mulai memegang permukaan gundukan ini. Ternyata keras juga permukaannya. Saya tadinya sempat khawatir kalau permukaannya rapuh dan jebol ketika kami pegang, tapi ternyata jauh lebih kuat daripada itu. Tentu saja kuat lah, lha wong gundukan-gundukan ini tahan cuaca, hujan dan angin. Kalau gampang merotol, bagaimana dong! Walaupun lega bahwa kita tidak diserbu rayap, kami agak kecewa juga, karena tidak menemukan rayap satu pun. Jadi kami tidak tahu bagaimana tampang mereka.

Dalam perjalanan kami, gundukan paling tinggi yang kami lihat tingginya adalah 3 meter, yang rasanya sudah sangat besar, tapi ternyata ada yang lebih besar lagi. Namun di Australia Utara, termite mound setinggi 6 meter tidak jarang. Bahkan di sabana Afrika bisa mencapai ketinggian 9 meter, seperti rumah bertingkat. Luar biasa!

Tags: , , , , , , ,

9 Responses to “Meninjau Sarang Rayap Raksasa di Sabana Queensland, Australia”